Pengaruh Motivasi dan Sikap Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Ibu Rumah Tangga yang Membeli Produk Mie Instan Merek Sedaap Warga RW 06 Perumahan Pongangan Indah Gresik)

NungkyKusumaningtyas (2009) Pengaruh Motivasi dan Sikap Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Ibu Rumah Tangga yang Membeli Produk Mie Instan Merek Sedaap Warga RW 06 Perumahan Pongangan Indah Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Motivasi muncul karena timbulnya rangsangan yang memacu pengenalan kebutuhan. Rangsangan ini bisa berasal dari dalam diri konsumen, misalnya perasaan lapar dan keinginan untuk mengubah suasana adalah contoh rangsangan internal yang dapat menimbulkan pengenalan kebutuhan. Rangsangan juga dapat berasal dari luar konsumen, misalnya dari iklan atau komentar teman tentang sebuah produk. Jika rangsangan menimbulkan perbedaan antara keadaan yang diinginkan seseorang dan keadaan aktual orang tersebut, maka akan timbul kebutuhan. Motivasi yang ada pada diri seseorang akan mendorong orang tersebut untuk melakukan suatu tindakan guna memenuhi kebutuhannya. Sikap konsumen merupakan faktor penting yang akan mempengaruhi keputusan konsumen dan biasanya memainkan peranan utama dalam membentuk perilaku. Dalam memutuskan merek apa yang akan dibeli, atau toko mana untuk dijadikan langganan, konsumen secara khas memilih merek atau toko yang dievaluasi secara paling menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi dan Sikap secara bersama-sama (simultan) terhadap Keputusan Pembelian, mengetahui pengaruh Motivasi dan Sikap secara parsial terhadap Keputusan Pembelian, mengetahui variabel pada Motivasi dan Sikap yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan jenis explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dan metode survey. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan wawancara pada Ibu Rumah Tangga Warga RW 06 Perumahan Pongangan Indah Gresik. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga warga RW 06 Perumahan Pongangan Indah Gresik yang pernah membeli produk mie instan merek Sedaap. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sample . Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, korelasi berganda, regresi linear berganda dan regresi parsial melalui program SPSS 13 for windows . Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diperoleh nilai F hitung sebesar 18,388 dengan probabilitas signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) sedangkan nilai adjusted R square yaitu sebesar 0,375. Hal ini berarti bahwa kemampuan variabel-variabel Motivasi dan Sikap secara simultan memberikan kontribusi terhadap Keputusan Pembelian adalah sebesar 37,5% sedangkan sisanya 62,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Melalui analisis regresi parsial dapat diketahui bahwa variabel motivasi akan pembelian mie instan merek Sedaap (X 1 ) memiliki nilai koefisien regresi (b 1 ) sebesar 0,275 dengan t hitung sebesar 2,518 dan probabilitas sebesar 0,015 (p<0,05), sedangkan variabel sikap akan pembelian mie instan merek Sedaap (X 2 ) dalam analisisnya memiliki nilai koefisien regresi (b 2 ) sebesar 0,448 dengan t hitung sebesar 3,475 dan probabilitas sebesar 0,001 (p<0,05). Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel-variabel Motivasi dan Sikap Terhadap Keputusan Pembelian secara bersama-sama tidak terlalu kuat, yang berarti konsumen tidak terlalu memperhatikan semua variabel motivasi dan sikap dalam mengambil keputusan pembelian. Sedangkan secara parsial variabel-variabel bebas yang terdiri dari motivasi akan pembelian mie instan merek Sedaap (X 1 ) dan sikap akan pembelian mie instan merek Sedaap (X 2 ) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk mie instan merek Sedaap dan variabel sikap akan pembelian mie instan merek Sedaap berpengaruh dominan terhadap proses keputusan pembelian produk mie instan merek Sedaap.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/100/050900950
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Mar 2009 10:15
Last Modified: 23 Oct 2021 08:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113945
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of CURRICULUM_VITAE.pdf]
Preview
Text
CURRICULUM_VITAE.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA__PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA__PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of TANDA_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
TANDA_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item