Pengembangan Sumber Daya Guru SD Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan : studi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi.

TitikSyarifahjamil (2008) Pengembangan Sumber Daya Guru SD Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan : studi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan merupakan suatu aspek yang menduduki posisi penting dalam proses pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi di dalam suatu negara. Namun beragamnya kondisi lingkungan sekolah (sebagai salah satu jalur pendidikan) dan bervariasinya kebutuhan siswa di dalam proses pembelajaran serta kondisi geografis Indonesia yang sangat kompleks, sering kali tidak dapat diapresiasikan secara, lengkap oleh pengambil keputusan di tingkat pusat. Oleh karena itu di dalam proses peningkatan kualitas pendidikan diperlukan pengembangan sumber daya guru Sekolah Dasar yang baik. Hal ini mendorong Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi untuk mengadakan kegiatan pengembangan sumber daya guru Sekolah Dasar. Berkaitan dengan hal tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran. mengenai pelaksanaan kegiatan pengembangan Sumber daya guru SD Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi dan mengetahui peningkatan kualitas pendidikan yang dapat dicapai. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di wilayah Kabupaten Banyuwangi sedangkan situsnya di Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi dan beberapa SD di wilayah Kabupaten Banyuwangi. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara. dengan beberapa informan yang bersangkutan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara tidak terstruktur, observasi dan dokumentasi. Sedangkan instrument penelitian adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat Bantu yakni pedoman wawancara dan catatan lapangan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi menyelenggarakan kegiatan pengembangan sumber daya guru dengan membentuk gugus sekolah. Tujuan pembentukan gugus sekolah adalah sebagai fasilitas peningkatan kemampuan dan keterampilan Guru SD yang pada gilirannya akan memacu peningkatan kualitas dan hasil belajar siswa. Kegiatan ini dilakukan secara teratur melalui sistem Gugus Sekolah dan dilaksanakan setiap hari sabtu tiap minggunya. Dilihat dari nilai rata-rata Ujian Akhir Sekolah dapat diketahui bahwa adanya ketidakstabilan kualitas dunia pendidikan di Kabupaten Banyuwangi, selain itu dilihat dari tingkat kelulusan UAS terjadi penurunan prosentase kelulusan UAS SD yang mengakibatkan kualitas pendidikan kian menurun. Dalam pelaksanaan kegiatan ini ditemukan beberapa hambatan yang menjadi kendala kegiatan tersebut. Tetapi disisi lain ada faktor pendukung yang berasal dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi sendiri maupun pihak lain yang bersangkutan. Berdasarkan penyajian data dan juga teori-teori yang ada dapat disimpulkan bahwa kegiatan tersebut telah dilaksanakan dengan baik meskipun masih terdapat berbagai kendala yang ditemukan. Dilihat dari nilai rata-rata UAS siswa terjadi fluktuasi pada setiap tahunnya, dan dilihat dari tingkat kelulusan UAS terjadi penurunan secara berturut-turut. Oleh karena itu Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi perlu memperbanyak kegiatan pengembangan sumber daya guru SD dan menambah anggaran dana sehingga dapat lebih sering dan rutin dilaksanakan. Demi kelancaran yang dilakukan, kerja sama dan kesungguhan hati para guru SD sangat diharapkan agar apa yang menjadi tujuan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/48/050800649
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Mar 2008 14:58
Last Modified: 23 Oct 2021 07:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113872
[thumbnail of 050800649.pdf]
Preview
Text
050800649.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item