Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dalam Penyelenggaran Pengujian : studi pada Unit Pelaksanaan Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Malang Kendaraan Bermotor

AriefRachmanHakim, (2008) Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dalam Penyelenggaran Pengujian : studi pada Unit Pelaksanaan Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Malang Kendaraan Bermotor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik merupakan suatu upaya untuk membantu dan memberi manfaat kepada masyarakat umum terhadap penyediaan barang atau jasa yang mereka butuhkan. Berbicara tentang pelayanan publik maka akan selalu bertalian erat dengan instansi pemerintah. Dalam pengertian pelayanan umum tersebut juga terkandung adanya suatu kewajiban pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat baik berupa barang maupun jasa dimana dalam upaya pemenuhan kebutuhan tersebut dilakukan melalui tugas-tugas umum pemerintahan dan pembangunan dalam berbagai aspek kehidupan Sebagaimana yang di tuangkan dalam Kep Menpan No. 61 Tahun 1993 tentang Pedoman Tata Laksana Pelayanan Umum telah dijelaskan bahwa suatu pelayanan public yang diberikan oleh aparatur Negara sebagai public service haruslah berkualitas. Untuk itulah kemudian sebuah kualitas pelayanan menjadi suatu hal yang sudah seharusnya ada dan menjadi prioritas termasuk pada unit pelaksana teknis dinas seperti pada unit pengujian kendaraan bermotor mengingat tugas yang dibebankan hampir semuanya berhubungan langsung dengan masyarakat. Berititk tolak dari hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk: 1). melakukan identifikasi dan menggambarkan tentang penyelenggaraan Pengujian Kendaraan Bermotor Di Kota Malang, 2). Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penyelenggaraan pengujjian kendaraan bermotor di kota Malang, 3). Untuk mengetahui kualitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor di kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang dimaksudkan untuk pengukuran terhadap fenomena sosial tertentu. Penelitian ini dilakukan untuk menghimpun fakta, tetapi tidak melakukan pengujian hipotesa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Situs penelitian bertempat di Dinas Perhubungan Kota Malang serta di UPTD PKB Kota Malang. Analisis dilakukan dengan cara Reduksi data, kemudian melakukan penyajian data baru ditarik kesimpulan. Selanjutnya adalah memberikan penafsiran atau interpretasi data yang telah diprediksi terutama data yang langsung dihubungkan dengan fokus. Interpretasi data ini langsung menggambarkan pandangan peneliti sesuai dengan pemahaman terhadap teori hasil kepustakan yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelayanan penyelenggaraan pengujian kendaraan bermotor di Malang raya mempunyai standard yang cukup baik, prosedur yang jelas dan mekanisme yang ringkas dan masih potensial untuk dikembangkan. Selain itu diketahui bahwa Faktor-faktor yang mempengaruhi penyelenggaraan pengujian kendaraan bermotor UPTD PKB Kota Malang meliputi faktor internal yang terdiri dari tingkat pendidikan, kemampuan kerja, tanggung jawab, kemampuan administrasi dan fasilitas pengujian kendaraan bermotor. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari percaloan dan tingkat kesadaran masyarakat. Masih adanya keluhan dari masyarakat terkait pelayanan pengujian kendaraan bermotor pada UPTD PKB Kota Malang serta masih maraknya percaloan mengharuskan pihak UPTD PKB untuk bisa mengambil langkah konkrit dalam melakukan perbaikan pelayanan dan menaruh perhatian khusus dalam mempelajari sebab utama percaloan masih tetap terjadi agar dapar menemukan solusi yang tepat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/372/050802891
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 08 Oct 2008 08:28
Last Modified: 23 Oct 2021 06:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113767
[thumbnail of 050802891.pdf]
Preview
Text
050802891.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item