Kusuma, Fiqih Praditya (2018) Analisis Kelayakan Usaha Dan Strategi Pemasaran Agroindustri Gula Kelapa (Studi Kasus Pada Agroindustri Gula Kelapa Ud Ngudi Lestari Di Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Agroindustri merupakan cabang dari sektor industri pengolahan yang memanfaatkan output sektor pertanian sebagai bahan baku utamanya. Industri pengolahan inilah yang menjadi penggerak perekonomian Indonesia, yang mana output-nya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun internasional. Salah satu komoditas pertanian di Indonesia yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan dalam menciptakan added value adalah komoditi kelapa. Agroindustri yang mengolah komoditi kelapa menjadi produk olahan gula kelapa di Kabupaten Banyumas salah satunya adalah UD. Ngudi Lestari. Industri pengolahan gula kelapa ini didirikan berdasarkan sumber daya lokal yang mendukung dan pekerjaan yang membentuk kultur di Kabupaten Banyumas. Lingkungan yang mendukung tersebut melatarbelakangi Kabupaten Banyumas menjadi sentra penghasil gula kelapa terbesar di Indonesia. Sebagai agroindustri yang telah lama berlangsung, UD. Ngudi Lestari masih bersifat industri kecil menengah dimana pengelolaannya menggunakan manajemen keluarga. Setelah melakukan observasi terhadap kondisi lingkungan UD. Ngudi Lestari baik internal maupun eksternal, maka diperlukan kajian yang lebih mendalam terkait kelayakan usaha dan strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kelayakan usaha dan perumusan strategi pemasaran agroindustri gula kelapa UD. Ngudi Lestari berdasarkan kondisi lingkungan perusahaan. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive. Penentuan lokasi penelitian dipilih dengan pertimbangan bahwa UD. Ngudi Lestari merupakan agroindustri gula kelapa yang mempunyai keunggulan kompetitif yang sukar ditiru oleh produsen lain. Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive, yaitu responden yang berada di UD. Ngudi Lestari dipilih atas pertimbangan bahwa responden mempunyai kapasitas dan informasi yang dibutuhkan oleh peneliti. Selain itu responden juga diambil dari instansi pemerintahan Kabupaten Banyumas yaitu Kepala Seksi Industri Pertanian dan Kehutanan Dinperindagkop Banyumas. Metode analisis yang digunakan untuk mengetahui kelayakan usaha gula kelapa yaitu analisis biaya, penerimaan, keuntungan, R/C ratio, Break Even Point(BEP), dan profitabilitas. Sedangkan untuk strategi pemasaran melalui matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan QSPM. Hasil perhitungan analisis kelayakan usaha pada agroindustri gula kelapa UD. Ngudi Lestari yaitu diketahui bahwa biaya tetap sebesar Rp 38.436.131, biaya variabel sebesar Rp582.698.000, biaya total sebesar Rp 621.134.131, iv penerimaan sebesar Rp 768.000.000 dan keuntungan sebesar Rp 146.865.868. Selanjutnya, untuk menilai agroindustri ini layak atau tidak dikembangkan maka dilihat dari nilai R/C ratio dan Break Even Point. Nilai R/C ratio diperoleh sebesar 1,23. Nilai R/C ratio yang lebih dari satu berarti agroindustri ini layak untuk dikembangkan. Hasil perhitungan BEP unit sebesar 9.956 kg gula kelapa dan BEP harga Rp 3.319 dengan BEP penerimaan sebesar Rp 159.301.837. produksi dan penerimaan agroindustri gula kelapa UD. Ngudi Lestari telah melebihi titik impas, maka perusahaan berada pada posisi yang menguntungkan dan layak untuk dikembangkan. Hasil perhitungan profitabilitas didapatkan sebesar 23,64%, sehingga agroindustri ini dinilai menguntungkan dikarenakan nilai profitabilitas melebihi angka nol. Pada strategi pemasaran melalui matriks IFE didapatkan hasil bahwa kekuatan utama pada agroindustri gula kelapa UD. Ngudi Lestari adalah tingginya kapasitas produksi dengan total skor 0,30, dan kelemahan utama adalah pemasaran yang dijalankan oleh perusahaan tergolong pasif dengan total skor 0,10. Sedangkan pada matriks EFE didapatkan hasil bahwa peluang utama adalah permintaan dan pasar gula kelapa yang terus meningkat dengan total skor 0,35, dan ancaman utama yaitu adanya deferensiasi produk gula kelapa di pasaran dengan total skor 0,21. Berdasarkan hasil analisis matriks IFE dan EFE menunjukkan total skor faktor internal sebesar 3,09 dan total faktor eksternal sebesar 3,14. Hasil total skor pada matriks IFE dan EFE selanjutnya disusun pada matriks IE. Berdasarkan hasil pertemuan sumbu matriks IFE dan EFE menunjukkan posisi matriks IE berada pada sel I, dimana UD. Ngudi Lestari berada dalam keadaan tumbuh dan membangun. Berdasarkan masukan dari matriks SWOT, maka diperoleh hasil alternatif strategi dari analisis QSPM yang diantaranya adalah mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk saat ini, mengembangkan teknologi guna tercapainya optimalisasi produksi, mencari alternatif sumber bahan baku untuk menjaga kontinuitas, kualitas dan kuantitas produksi, penelitian dan pengembangan dalam rangka penyempurnaan produk dan deversifikasi produk, memanfaatkan dan mengembangkan fasilitas pemasaran baik offline maupun online, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guna memperbaiki pengelolaan keuangan perusahaan, dan yang terakhir memanfatkan fasilitas pinjaman ke perbankan atau lembaga keuangan.
English Abstract
Agroindustry is a branch of the manufacturing industry sector that utilizes the output of the agricultural sector as its main raw material. This processing industry has an important roleon the Indonesian economy, whose output is to supply the needs of both domestic and international markets. One of agricultural commodities in Indonesia which has great potential to be developed in creating added value is coconut commodity. Agroindustry which process coconut commodity become palm sugar product in Banyumas Regency one of them is UD. Ngudi Lestari. The palm sugar processing industry was established based on the local resources that support and the work that forms the culture in Banyumas Regency. The supporting environment is the background of Banyumas Regency being the largest palm sugar producing center in Indonesia. As a long-standing agroindustry, UD. Ngudi Lestari is still a small-scale industry where the management uses family management. After observing environmental conditions of UD. Ngudi Lestari both internally and externally, therefore it is necessary to study about business feasibility and marketing strategy. This study aims to analyze the level of business feasibility and formulation of marketing strategy of palm sugar agroindustry UD. Ngudi Lestari based on company environmental condition. Determination of location of research conducted by purposive. Determination of research location was chosen with the consideration that UD. Ngudi Lestari is a palm sugar agroindustry that has a competitive advantage that is difficult to be imitated by other producers. Determination of respondents in this study using purposive techniques, respondents who are in UD. Ngudi Lestari is chosen with the consideration that the respondent has the capacity and information needed by the researcher. In addition, respondents were also taken from government agencies Banyumas District Head of Agriculture and Forestry Section Dinperindagkop Banyumas. The analytical methods used to determine palm sugar business feasibility are cost analysis, revenue, profit, R/C ratio, Break Even Point (BEP), and profitability. While for marketing strategy using IFE matrix, EFE matrix, IE matrix, SWOT matrix, and QSPM. Result of calculation of business feasibility analysis on palm sugar agroindustry UD. Ngudi Lestari is known that the fixed cost of Rp 38,436,131, variable cost of Rp 582.698.000, total cost of Rp 621.134.131, revenue of Rp 768,000,000 and profit of Rp 146.865.868. Then, to know the agroindustry is feasible or not developed can be seen from the value of R/C ratio and Break Even Point. The value of R/C ratio is 1.23. The value of R/C ratio more than one means vi that this agroindustry is feasible to be developed. The calculation result of BEP unit is 9.956 kg of palm sugar and BEP at Rp 3.319 with BEP of Rp 159.301.837. production and acceptance of palm sugar agroindustry UD. Ngudi Lestari has exceeded the breakeven point, so the company is in a favorable position and deserves to be developed. The result of profitability calculation is 23,64%, so this agroindustry is considered profitable because profitability value exceeds zero. In marketing strategy using IFE matrix, it is found that the main strength in palm sugar agroindustry UD. Ngudi Lestari is a high production capacity with a total score of 0.30, and the main disadvantage is marketing run by passive companies with a total score of 0.10. While on the EFE matrix, it is found that the main opportunity is demand and palm sugar market which keep increasing with total score 0,35, and the main threat is the difference of palm sugar product in market with total score 0,21. Based on the results of IFE and EFE matrix analysis showed total internal factor score of 3.09 and total external factor of 3.14. The results of the total score on the IFE and EFE matrices are then compiled on the IE matrix. Based on the result of meeting the axis of IFE and EFE matrix shows the position of IE matrix is in cell I, where UD. Ngudi Lestari is in a state of growing and building. Based on the input of SWOT matrix, the result of alternative strategy of QSPM analysis is to maintain and improve the current product quality, develop technology in order to achieve the optimization of production, to find alternative sources of raw materials to maintain continuity, quality and quantity of production, research and development in order of product improvement and product deversification, utilizing and developing marketing facilities both offline and online, utilization of information and communication technology to improve the company's financial management, and lastly utilize loan facility to banking or financial institution.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2018/82/051802168 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.17 Products > 338.173 61 Products (Sugarcane) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 06:18 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11337 |
Preview |
Text
1. Bagian Depan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
7. BAB VI.pdf Download (89kB) | Preview |
Preview |
Text
0.pdf Download (48kB) | Preview |
Preview |
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (167kB) | Preview |
Preview |
Text
9. Lampiran.pdf Download (860kB) | Preview |
Preview |
Text
2. BAB I.pdf Download (182kB) | Preview |
Preview |
Text
3. BAB II.pdf Download (385kB) | Preview |
Preview |
Text
4. BAB III.pdf Download (121kB) | Preview |
Preview |
Text
6. BAB V.pdf Download (413kB) | Preview |
Preview |
Text
5. BAB IV.pdf Download (353kB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |