FarisHadiWibowo (2009) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Sepatu Futsal Merek NIKE “ (Studi Terhadap Mahasiswa di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor atribut produk terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepatu futsal merek Nike di Kota Malang. Penelitian ini menarik untuk diangkat karena pada pada saat ini perkembangan olahraga futsal di kota Malang sangat pesat, dan hal ini berpengaruh terhadap bisnis perlengkapan futsal utamanya produk sepatu futsal. Berdasarkan hasil uji terhadap 75 responden pada konsumen pengguna sepatu futsal merek Nike di Kota Malang menunjukkan bahwa variabel merek (X1), mutu produk (X2), desain produk (X3), fitur produk (X4) berpengaruh positif dan berperan penting pada keputusan konsumen dalam pembelian sepatu futsal merek Nike di Kota Malang. Hal ini menunjukkan bahwa keputusan pembelian konsumen sangat dipengaruhi oleh keempat variabel atribut produk tersebut. Berdasarkan hasil analisis, atribut produk yang terdiri atas variabel merek (X1), mutu produk (X2), desain produk (X3), fitur produk (X4) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepatu futsal merek Nike di Kota Malang, hasil penelitian ini juga menunjukkan pengaruh hubungan yang cukup tinggi antara keempat variabel tersebut dengan keputusan pembelian konsumen, yang berarti bahwa pengaruh faktor atribut produk saat terjadinya proses pembelian sepatu futsal Nike merupakan faktor penting dalam pengambilan keputusan pembelian konsumen. Hal ini memberikan penjelasan bahwa peningkatan faktor atribut produk yang terdiri atas variabel merek (X1), mutu produk (X2), desain produk (X3), fitur produk (X4) akan menimbulkan peningkatan pada keputusan pembelian konsumen, sehingga berpengaruh secara signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepatu futsal merek Nike di Kota Malang. Sedangkan variabel dominan pada penelitian ini adalah mutu produk (X2), yang berarti bahwa dari keempat variabel atribut produk tersebut, variabel mutu produk (X2) adalah variabel yang paling besar mempengaruhi peningkatan keputusan pembelian konsumen. Sesuai hasil penelitian dan temuan di lapangan, implikasi dari penelitian ini relevan bagi para produsen sepatu futsal, khususnya pihak Nike Inc. untuk mengetahui kondisi di lapangan pada saat ini dan sebagai dasar penentuan strategi produk di masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2009/480/050902850 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 09 Oct 2009 15:55 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 09:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104366 |
![]() |
Text
050902850.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |