FaridWajdi (2009) Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan konsumen dalam memilih SDN Percobaan 1 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan konsumen dalam memilih SDN Percobaan 1 Malang. Data yang dianalisa berasal dari 100 responden yang merupakan orang tua wali murid SDN Percobaan 1 Malang. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil dari regresi menunjukkan bahwa secara simultan faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen , dengan nilai F hitung sebesar 13,362. Secara parsial variabel Motivasi (X 1 ), Persepsi (X 2 ), Pembelajaran (X 3 ) dan Sikap (X 5 ) berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan konsumen. Sedangkan variabel keyakinan (X 4 ) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil ini disebabkan karena keyakinan terhadap reputasi SDN Percobaan 1 Malang dan keyakinan terhadap kualitas SDN Percobaan 1 Malang mempengaruhi konsumen dalam memilih SDN Percobaan 1 Malang. Nilai ajusted R square sebesar 0,384 menunjukkan bahwa Motivasi (X 1 ), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), keyakinan (X4), Sikap (X5) berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Konsumen (Y) sebesar 38,4%. Sedangkan sisanya sebesar 61,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar lima variabel bebas yang diteliti seperti faktor budaya, faktor sosial, faktor kepribadian dan faktor dari pihak SDN Percobaan 1 Malang sendiri. Variabel Persepsi (X 2 ) dan Keyakinan (X 4 ) mempunyai hubungan positif atau searah dengan Keputusan Konsumen . Sedangkan variabel Motivasi (X 1 ), Pembelajaran (X 2 ), dan Sikap (X 5 ) mempunyai hubungan negatif dengan Keputusan Konsumen. Variabel keyakinan (X 4 ) merupakan variabel yang dominan dalam mempengaruhi keputusan konsumen dengan nilai standardized coefficients sebesar 0,636. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan SDN Percobaan 1 Malang khususnya yang berhubungan dengan faktor psikologis yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih SDN Percobaan 1 Malang sehingga akan tercapainya suatu harapan dan kepuasan. bahwa secara simultan faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2009/13/050900321 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 19 Feb 2009 10:45 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 15:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103985 |
![]() |
Text
050900321.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |