Analisis Principal-Agent Pada Pembiayaan Musyarakah (Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Kantor Cabang Syariah Malang

ArizaYuanitaIrlina (2008) Analisis Principal-Agent Pada Pembiayaan Musyarakah (Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Kantor Cabang Syariah Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah hubungan kerjasama antara BRI Syariah Malang dengan nasabah pada pembiayaan musyarakah dikaitkan dengan teori Principal-Agent. Mengingat bahwa salah satu karakteristik utama bank syariah adalah prinsip bagi hasil. Prinsip bagi hasil dan resiko atau Profit and Loss Sharing (PLS) terdapat pada produk pembiayaan musyarakah. Dalam hubungannya dengan teori Principal-Agent , pembiayaan musyarakah merupakan suatu bentuk kerjasama antara BRI Syariah Malang sebagai principal, dengan nasabah sebagai agent. Untuk mengetahui bagaimana sebenarnya bentuk hubungan yang terjalin antara principal dengan agent dalam pembiayaan musyarakah, serta untuk membuktikan bahwa pembiayaan musyarakah yang dilandasi kerjasama yang baik antara principal dan agent akan meningkatkan kinerja usaha yang dijalani nasabah, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif. Dengan metode ini, masalah-masalah dalam masyarakat, tata cara yang berlaku dalam masyarakat, situasi-situasi tertentu termasuk tentang hubungan, kegiatan-kegiatan, sikap-sikap, pandangan-pandangan, proses-proses yang sedang berlangsung serta pengaruhpengaruh dari suatu fenomena dapat dipelajari dan diungkap. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa hubungan Principal- Agent yang terjalin antara BRI Syariah dan nasabah pada pembiayaan musyarakah memberi dampak positif bagi kedua belah pihak. Di sisi nasabah, mereka merasa sangat terbantu dengan adanya pembiayaan musyarakah. Hal ini terbukti dengan bertambahnya lahan tempat usaha dijalankan, pembukaan cabang usaha yang baru, serta penambahan penghasilan akibat bertambahnya lapangan usaha. Dengan keadaan yang seperti ini, nasabah merasa tidak perlu menyembunyikan informasi-informasi penting tentang kemajuan usaha yang tengah dijalankan, dengan harapan kerjasama bisa lebih ditingkatkan, sehingga keuntungan yang diperoleh bisa semakin besar. Di sisi bank, jika nasabah transparan terhadap hasil usahanya, maka kinerja bank akan semakin terjamin, karena bank akan mudah menentukan kebijakankebijakan bagi perkembangan kinerja bank di masa yang akan datang. Bank pun akan lebih meningkatkan kualitas pelayanan terhadap nasabah. Langkah-langkah pembinaan yang dilakukan BRI Syariah Malang sudah cukup efektif, mengingat jumlah nasabah pembiayaan musyarakah yang masih relatif sedikit, sehingga proses monitoring dapat dilaksanakan secara tepat dan lebih efisien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/585/050900073
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 20 Jan 2009 10:17
Last Modified: 21 Oct 2021 10:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103866
[thumbnail of 050900073.pdf] Text
050900073.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item