Perumusan Strategi pada Lembaga Pendidikan Primagama Cabang Kota Malang

NovardhaHandiantyo (2008) Perumusan Strategi pada Lembaga Pendidikan Primagama Cabang Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu memberikan gambaran dan analisis tentang kondisi lingkungan perusahaan baik eksternal maupun internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang yang dimiliki dan dihadapi oleh Lembaga Pendidikan Primagama Cabang Kota Malang, serta menganalisis strategi yang tepat bagi perusahaan dalam upaya mencapai tujuan perusahaan. Sehingga dari penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan bagi perusahaan dalam mengambil langkah strategis untuk kegiatan perusahaan selanjutnya. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap masukan (input stage), tahap pencocokan (matching stage), dan tahap keputusan (decision stage). Pada tahap masukan, alat analisis yang digunakan adalah analisis Internal Factor Evaluation (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE). Sedangkan pada tahap pencocokan, digunakan alat analisis Threats Opportunities Weaknesses Strengths (TOWS), Strategic Positioning and Action Evaluation (SPACE), dan analisis Internal External (IE). Untuk menentukan satu strategi yang akan dilaksanakan, digunakan alat analisis Quantitive Strategic Planning Matrix (QSPM) pada tahap terakhir yaitu tahap keputusan. Adapun metode yang dijadikan acuan pada skripsi ini adalah berdasarkan konsep Fred. R. David. Berdasarkan hasil audit faktor eksternal dan internal perusahaan, maka strategi yang dipilih adalah strategi penetrasi pasar (market penetration strategy). Adapun proyeksi strategi fungsional yang akan dilaksanakan adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan loyalitas kerja karyawan dan tentor, penetapan dan pelaksanaan deskripsi jabatan yang jelas pada bidang manajemen dan organisasi. Pada bidang pemasaran, yaitu melakukan penetrasi pasar melalui promosi secara intensif, serta peningkatan hubungan baik dengan pelanggan. Pada bidang keuangan, dengan melaksanakan evaluasi keuangan secara rutin dan pembuatan rencana anggaran secara periodik. Pada bidang operasional, dengan melakukan perbaikan layout tempat usaha dan peningkatan pelayanan kegiatan belajar mengajar. Pada bidang penelitian dan pengembangan (litbang) dengan membentuk tim khusus litbang di tingkat regional. Dan pada bidang sistem informasi manajemen (SIM), yaitu dengan pemanfaatan teknologi informasi sebagai penunjang efisiensi SIM pada perusahaan. Kata kunci: input stage, matching stage, decision stage, dan market penetration strategy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/162/050801239
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 29 Apr 2008 08:59
Last Modified: 20 Oct 2021 11:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103443
[thumbnail of 050801239.pdf] Text
050801239.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of 050801239.pdf] Text
050801239.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item