Pengaruh dimensi kualitas jasa terhadap kepuasan pengunjung Taman Rekreasi Sengkaling Malang

RivaNuariska (2008) Pengaruh dimensi kualitas jasa terhadap kepuasan pengunjung Taman Rekreasi Sengkaling Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari perusahaan jasa adalah menghasilkan jasa yang dapat memuaskan pelanggannya. Taman Rekreasi Sengkaling merupakan tempat rekreasi yang mempunyai standar kerja yang tinggi dalam memberikan jasa terhadap pengunjungnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelas (Explanatory Research), yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel dimensi kualitas jasa dengan kepuasan pengunjung Taman Rekreasi Sengkaling Malang. Penelitian ini terdiri dari lima variabel bebas (X), yaitu bukti fisik (X1), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) dan satu variabel terikat yaitu kepuasan pelanggan (Y). Tujuan dari penelitian ini yaitu:a) Untuk menganalisis pengaruh yang signifikan secara simultan dari komponen dimensi kualitas jasa yang terdiri dari bukti fisik (X1), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) terhadap kepuasan pengunjung Taman Rekreasi Sengkaling Malang, b) Untuk menganalisis pengaruh yang signifikan secara parsial dari komponen dimensi kualitas jasa yang terdiri dari bukti fisik (X1), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) terhadap kepuasan pengunjung Taman Rekreasi Sengkaling Malang, c) Untuk mengetahui variabel dimensi kualitas jasa manakah yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung Taman Rekreasi Sengkaling Malang. Untuk menentukan jumlah responden, peneliti menggunakan rumus Roscoe dan didapat 60 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F, serta uji t. Berdasarkan penelitian ini, diketahui bahwa variabel dimensi kualitas jasa (X) mempengaruhi kepuasan pengunjung (Y) sebesar 21,4%, dan sisanya sebesar 78,6% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel bebas yang diteliti. Untuk pengujian hipotesis secara simultan (Uji F), menunjukkan bahwa variabel-variabel dimensi kualitas jasa berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa variabel keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, Sedangkan variabel bukti fisik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y), Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pengunjung Taman Rekreasi Sengkaling Malang (Y) adalah bukti fisik (X1).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2008/153/050801178
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 23 Apr 2008 14:28
Last Modified: 20 Oct 2021 11:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103432
[thumbnail of 050801178.pdf] Text
050801178.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item