AmericoCharly (2008) Pengukuran Efektifitas Iklan Televisi Frestea Green Versi “Bantu Bawa” Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Saat ini industri minuman berkarbonasi yang menjadi backbone CCBI tengah mengalami stagnansi. Isu kesehatan belakangan menjadi momok tersendiri bagi pemasaran produk minuman bersoda, tak terkecuali produk dari CCBI seperti Sprite, Fanta, dan Coca – Cola. Menghadapi isu kesehatan tersebut, CCBI tampil dengan inovasi barunya. Pada bulan September 2005, untuk pertama kalinya konsumen Indonesia dapat menikmati Frestea Green, minuman teh hijau dengan segala manfaat alamiahnya. Peluncuran Frestea Green didukung dengan kampanye komunikasi yang terpadu. Komunikasi Frestea Green dititikberatkan pada pilihan produk minuman siap saji yang lebih sehat dan mudah didapat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis efektifitas iklan televisi Frestea Green versi “Bantu Bawa” dengan menggunakan EPIC Model. Model yang dikembangkan oleh AC Nielsen ini mengukur empat dimensi kritis yang ditimbulkan oleh proses penyampaian iklan kepada audience, yaitu dimensi empathy, dimensi persuasion, dimensi impact, dan dimensi communication. Adapun populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sedangkan sampel yang diambil berjumlah 60 orang dengan karakteristik tertentu.Secara keseluruhan, pengukuran efektifitas iklan televisi Frestea Green versi “Bantu Bawa” pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang adalah cukup efektif. Dimensi empathy yang mengukur tingkat kesan dan rasa suka konsumen pada iklan televisi Frestea Green versi “Bantu Bawa” dikatakan cukup efektif. Dimensi persuasion iklan televisi Frestea Green versi “Bantu Bawa” yang mengukur ketertarikan dan keinginan responden untuk membeli Frestea Green juga dikatakan cukup efektif. Dimensi impact mengukur tingkat kreatifitas iklan televisi Frestea Green versi “Bantu Bawa” serta tingkat manfaat dan pentingnya Frestea Green untuk dikonsumsi oleh responden. Pada penelitian ini dimensi impact dikatakan tidak efektif. Dimensi communication mengukur tingkat pengingatan dan pemahaman responden terhadap pesan utama yang ingin disampaikan, tingkat kejelasan pesan, tingkat kemampuan CCBI mengkomunikasikan pesan utama, serta kekuatan kesan yang ditinggalkan oleh iklan televisi Frestea Green versi “Bantu Bawa” di benak responden. Hasil pengukuran dimensi communication menunjukkan bahwa iklan ini cukup efektif. Kata kunci : Empathy, Persuasion, Impact, Communication.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2008/050800527 |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 18 Mar 2008 09:46 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 10:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103374 |
![]() |
Text
050800527.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |