Strategi keunggulan bersaing PT. BPR Wiradhana Putramas Sidoarjo dalam Pasar Kredit Mikro

TivanyAnggaDewi (2008) Strategi keunggulan bersaing PT. BPR Wiradhana Putramas Sidoarjo dalam Pasar Kredit Mikro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan merupakan faktor penentu keberhasilan maupun kegagalan sebuah perusahaan. Begitu pula yang terjadi di dalam industri Bank Perkreditan Rakyat yang bersaing di dalam pasar kredit mikro yang saat ini menjadi primadona bagi dunia perbankan. PT. BPR Wiradhana Putramas merupakan salah satu BPR yang mampu memenangkan persaingan di dalam industri ini, hal itu dikarenakan perusahaan ini memiliki strategi keunggulan bersaing di dalam menjalankan usahanya. Oleh karena itu maka dilakukan perumusan strategi keunggulan bersaing PT. BPR Wiradhana Putramas yang hasilnya dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi perusahaan lain yang sejenis untuk menjalankan usahanya. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif eksploratif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data tersebut diolah dengan menggunakan beberapa alat analisis untuk mendapatkan informasi mengenai struktur industri, posisi relatif, rantai nilai, dan strategi keunggulan bersaing dalam bentuk strategi generik. Alat analisis utama dalam penelitian ini adalah rantai nilai. Dengan melakukan analisis data dari perumusan rantai nilai perusahaan, didapatkan sebuah perumusan strategi keunggulan bersaing PT. BPR Wiradhana Putramas dalam pasar kredit mikro. Langkah pertama dalam perumusan strategi keunggulan adalah dengan jalan melakukan analisis struktur industri untuk mengetahui kondisi persaingan di dalam sebuah indsutri. Setelah itu dilakukan analisis posisi relatif perusahaan, dimana dihasilkan kesimpulan bahwa PT. BPR Wiradhana Putramas merupakan leader dalam industri bank perkreditan rakyat di wilayah Sidoarjo dalam hubungannya dengan efisiensi biaya. Setelah didapatkan informasi mengenai lingkungan eksternal, maka selanjutnya dilakukan analisis internal dengan menggunakan alat analisis rantai nilai. Dari hasil analisis rantai nilai dapat diketahui bahwa keunggulan bersaing perusahaan ini terletak pada efisiensi biaya yang bersumber dari aktivitas manajemen sumber daya manusia, pengembangan teknologi, infrastruktur perusahaan, pembelian, operasi, dan pemasaran serta penjualan. Dari hasil analisis rantai nilai tersebut, langkah selanjutnya adalah menentukan strategi keunggulan bersaing perusahaan dalam bentuk strategi generik yang dikemukakan oleh Porter, yakni strategi diferensiasi, strategi keunggulan biaya menyeluruh, dan strategi fokus biaya atau fokus diferensiasi. Dengan melakukan analisis segmen pasar yang didapatkan dari hasil analisis eksternal yakni analisis struktur industri dan analisis posisi relatif didapatkan hasil bahwa perusahaan ini hanya melayani segmen pasar tertentu saja dari keseluruhan segmen pasar perbankan di Sidoarj. Sedangkan keunggulan strategis yang dimiliki oleh perusahaan adalah keunggulan biaya, informasi ini didapatkan dari hasil analisis internal dalam rantai nilai dan dari hasil wawancara dengan pihak internal perusahaan. Dari hasil analisis-analisis yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa strategi keunggulan bersaing PT. BPR Wiradhana Putramas adalah strategi fokus biaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2007/545/050800466
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 27 Feb 2008 09:25
Last Modified: 20 Oct 2021 10:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/103325
[thumbnail of 050800466.pdf] Text
050800466.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item