Efektivitas Metode Course Review Horay Terhadap Hasil Pembelajaran Bahasa Jepang Tingkat Dasar Pada Kelas Xi Bahasa Di Sma Negeri 01 Batu Tahun 2016/2017

Andini, AviArum (2017) Efektivitas Metode Course Review Horay Terhadap Hasil Pembelajaran Bahasa Jepang Tingkat Dasar Pada Kelas Xi Bahasa Di Sma Negeri 01 Batu Tahun 2016/2017. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini, pendidikan formal di Indonesia menuntut sekolah untuk menjadikan bahasa asing sebagai mata pelajaran yang wajib dipelajari, disamping mata pelajaran bidang sains dan sosial. Bahasa Jepang adalah salah satu bahasa yang telah sejak lama dipelajari sebagai bahasa asing di sekolah menengah ke atas. Dalam pembelajaran bahasa Jepang diperlukannya sebuah metode, namun penggunaan satu metode yang terus-menerus dilakukan secara berulang-ulang kurang baik karena akan membuat siswa merasa jenuh dan bosan. Diperlukannya metode terobosan yang baru untuk menarik minat dan motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Metode Course Review Horay yang dapat digunakan sebagai metode alternatif dalam pembelajaran bahasa Jepang. Adapun permasalahana yang dikaji adalah efektivitas pembelajaran dengan menggunakan metode yang diukur dari hasil belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap metode yang digunakan peneliti terhadap pembelajarannya, yaitu metode course review horay. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Menggunakan intrumen berupa tes dan angket. Tes digunakan sebagai alat mengukur hasil belajar siswa dan efektivitas pembelajarannya, serta angket digunakan sebagai alat untuk mengukur tanggapan siswa terhadap metode yang diberikan. Dengan menggunakan sample kelas XI Bahasa yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode course review horay adalah metode yang efektif. Dilihat dari adanya perbedaan hasil belajar siswa sebelum diberikannya perlakuan dan setelah diberikannya perlakuan dengan rata-rata pre-test 64,57 meningkat menjadi 83,9 padarata-rata posttest. Dan adanya tanggapan positif siswa terhadap metode yang diberikan yang diukur dengan menggunakan angket dengan presentase sebesar 82.06% yang berarti hasilnya sangat kuat atau sangat efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/196/051701742
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 01 Mar 2017 09:36
Last Modified: 10 Mar 2022 01:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102839
[thumbnail of AVI_ARUM_ANDINI_125110600111029_(ARTIKEL_ILMIAH).pdf]
Preview
Text
AVI_ARUM_ANDINI_125110600111029_(ARTIKEL_ILMIAH).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of AVI_ARUM_ANDINI_125110600111029_(SKRIPSI_JADI_SATU).pdf]
Preview
Text
AVI_ARUM_ANDINI_125110600111029_(SKRIPSI_JADI_SATU).pdf

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item