Efektivitas Metode Talking Stick Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang Dengan Media Flash Card Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro.

Alfiana, Maulina (2016) Efektivitas Metode Talking Stick Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang Dengan Media Flash Card Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya problematika yang dihadapi oleh siswa SMA Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro yang mana hasil belajar bahasa Jepang masih kurang. Dikarenakan kurang menguasai kosakata dalam bahasa Jepang serta kurang adanya keberanian siswa berbicara bahasa Jepang dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam proses belajar mengajar salah bahasa Jepang, seorang guru harus memiliki strategi pembelajaran berbahasa yang baik agar siswa dapat belajar secara efektif, efisien, dan tujuan pengajaran dapat tercapai dengan baik. Oleh karena itu peneliti tertarik mengambil judul penelitian efektivitas metode talking stick dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang dengan media flash card pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektivitas metode talking stick dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang dengan media flash card (2) Bagaimana respon siswa terhadap metode talking stick dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang dengan media flash card. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true exprerimental design dengan model pretest-posttest control groub design. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling (sampling area) dan sampel yang diambil adalah kelas X2 sebanyak 32 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan metode talking stick bermedia flash card terbukti efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest. Rata-rata nilai sebelum perlakuan pada kelas eksperimen 59,53 dan pada kelas kontrol 59,09. Setelah diberikan treatmen nilai rata-rata pada kelas eksperimen 89,45 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata hampir sama dengan pretest yakni 62,81. Peningkatan nilai sebesar 29,92. Hasil tanggapan siswa termasuk dalam kategori sangat kuat dengan presentase sebesar 87,5%. Dan berdasarkan hasil uji t diketahui nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel atau bisa ditulis t hitung> t tabel= 9,519>2,039.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/697/051700074
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 30 Jan 2017 14:30
Last Modified: 18 Oct 2021 08:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102617
[thumbnail of SKRIPSI_Maulina_Alfiana_125110607111012.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_Maulina_Alfiana_125110607111012.pdf

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item