Ketertarikan Siswa Terhadap Media Pembelajaran Kartu Lipat (Ori Kaado) Dalam Pembelajaran Huruf Hiragana Bahasa Jepang Kepada Kelas X Peminatan 2 Sma Negeri 6 Malang

Pratama, Ardho Wardian (2016) Ketertarikan Siswa Terhadap Media Pembelajaran Kartu Lipat (Ori Kaado) Dalam Pembelajaran Huruf Hiragana Bahasa Jepang Kepada Kelas X Peminatan 2 Sma Negeri 6 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan sangatlah pesat, hal ini dibuktikan adanya tambahan mata pelajaran bahasa asing yang di ajarkan, salah satunya adalah bahasa Jepang. Hal yang dipelajari mendasar dalam pembelajaan bahasa Jepang adalah dengan belajar menulis huruf hiragana. Untuk mempermudah pembelajaran menulis, diperlukan suatu media, yaitu kartu lipat Ori Kaado. Media Ori Kaado merupakan media baru, maka perlu diujicobakan untuk mengetahui ketertarikan pada media tersebut. Dari latar belakang tersebut, penulis merumuskan masalah sebagai berikut : 1) Bagaimana ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran kartu lipat (Ori Kaado) dalam belajar huruf hiragana bahasa Jepang, 2) Apa alasan siswa tertarik dengan media pembelajaran Ori Kaado dikaitkan dengan kelebihan Ori Kaado. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, yakni untuk menghasilkan data deskriptif yang akan menjelaskan tentang ketertarikan siswa terhadap media kartu lipat Ori Kaado dan terdapat persentase data kuesioner dari setiap responden. Hasil penelitian yang sudah dilakukan, ditemukan bahwa 20 siswa yang memilih tertarik sebanyak 17 responden dengan persentase 85%, siswa yang memilih cukup tertarik sebanyak 3 responden dengan persentase 15%, siswa yang memilih tidak tertarik bebanyak 0 responden dengan persentase 0%. Guru dan mahasiswa yang memilih tertarik sebanyak 3 responden dengan persentase 100%, dan yang memilih cukup tertarik dan tidak tertarik sebanyak 0 responden dengan presentase 0%. Alasan responden memilih tertarik adalah setiap lipatan terdapat urutan dan goresan huruf hiragana. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, media Ori Kaado bisa membuat siswa tertarik selama pembelajaran berlangsung. Hal tersebut dilihat dari banyaknya responden yang memilih opsi tertarik lebih banyak daripada opsi cukup tertarik dan tidak tertarik. Alasan memilih tertarik adalah Ori Kaado mempunyai beberapa lipatan untuk mempermudah pembelajar. Saran untuk penelitian selanjutnya meneliti lanjutan tentang pengaruh media Ori Kaado terhadap hasil belajar siswa dalam penulisan huruf hiragana dan diharapkan untuk menggunakan media Ori Kaado untuk meneliti tentang efektivitas pembelajaran huruf hiragana.

English Abstract

教育界の発達はとても速かった、証拠は様々な外国語の科目を教え られた、そのうちの一つは日本語である。日本語の基本的な教えたことは 平仮名を書く事を学ぶ。書くことを学ぶをより簡単にする為に、特定のメ ディアが必要とされる、メディアは折りカードである。そのメディアは新 しいので、従ってメディアに向け興味を認める為、試行が必要とされる。 研究の背景に応じ、以下の問題点に焦点を当てる。それは(1)日本語の平 仮名学習における折カードの学習メディアに対する生徒の興味はどう?(2 ) 折カードの長所に関連する場合、折カードの学習メディアに対する生徒の 興味の理由は何か? 本論は記述的で定性分析で実施した。全部回答者からアンケート結 果の割合があって、折りカードのメディアに対する生徒の興味について説 明する記述的なデータを生じる為である。 本研究の結果は、20人の生徒のアンケートという結果を見ると、 85%で17レスポンダが「興味を持っている」と、15%で3レスポン ダが「十分に興味を持っている」と、0%で0レスポンダが「興味を持た ない」と答えることが分かる。教師と学生は100%で3レスポンダが「 興味を持っている」と、0%で0レスポンダが「十分に興味を持っている 」と「興味を持たない」と答えることが分かる。レスポンダが興味を持っ ている理由は各折り目の中に平仮名の筆順と字画がある。 アンケート結果の通り、「興味を持っている」を答えるレスポンダ が「興味を持たない」を答えるレスポンダ以上である。だから、この研究 によって折りカードメディアは学習中生徒の興味を刺激することができる 。「興味を持っている」を答える理由は折りカードは学習者を支援する為 にいくつかの折り目を持ってる。次の研究は平仮名の書き方における生徒 の学習成果に対する折りカードメディアの影響について研究する。さらに 、折りカードメディアで平仮名学習の効果について研究を期待する。

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2016/158/ 051601314
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 10 Mar 2016 09:31
Last Modified: 30 Nov 2021 06:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/102017
[thumbnail of 115110601111017_BAB 2.pdf]
Preview
Text
115110601111017_BAB 2.pdf

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 115110601111017_BAB 1.pdf]
Preview
Text
115110601111017_BAB 1.pdf

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 115110601111017_BAB 5.pdf]
Preview
Text
115110601111017_BAB 5.pdf

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 115110601111017_BAB 3.pdf]
Preview
Text
115110601111017_BAB 3.pdf

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 115110601111017_BAB 4.pdf]
Preview
Text
115110601111017_BAB 4.pdf

Download (654kB) | Preview
[thumbnail of 115110601111017_COVER + DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
115110601111017_COVER + DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item