Konstruksi Sosial Masyarakat Sekitar Terhadap “Masjid Tiban” Untuk Menarik Pengunjung (Study Fenomenologi Pada Pondok Pesantren Salafiah Biharu Bahri’ Asali Fadlaailir Rahmah Desa Sananrejo Kecamatan Turen Kabupaten Malang)

Nugroho, Tegar Agung (2018) Konstruksi Sosial Masyarakat Sekitar Terhadap “Masjid Tiban” Untuk Menarik Pengunjung (Study Fenomenologi Pada Pondok Pesantren Salafiah Biharu Bahri’ Asali Fadlaailir Rahmah Desa Sananrejo Kecamatan Turen Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi gagasan awal adanya mitos “Masjid Tiban”. Berdirinya “Masjid Tiban” yanng dimitoskan berdiri dalam jangka waktu satu malam merupakan inti dari mitos tersebut. Keberadaan mitos tersebut lantas menjadi daya tarik tersendiri sebagai tempat pariwisata yang sengaja dikembangkan oleh masyarakat sekitar untuk menarik pengunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan Bagaimana masyarakat sekitar Pondok Pesantren Salafiah Biharu Bahri’Asali Fadlaailir Rahmah mengkonstruksikan “Masjid Tiban” sebagai tempat wisata religi. Penelitian ini menggunakan teori Peter L Berger sebagai kerangka analisisnya. Penggunaan teori ini dikarenakan pemilihan konsep proses terjadinya internalisasi, eksternalisasi dan objektifikasi yang ada pada masyarakat sekitar “Masjid Tiban” sebagai tempat wisata religi. Proses tersebut dilandasi dengan adanya mitos yang tersebar luas pada masyarakat, dimana mitos tersebut menjadikan “Masjid Tiban” memiliki daya tarik wisata. Proses inilah yang dapat menjelaskan ketiga konsep tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumen, dan wawancara dengan empat informan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hasil dari proses internalisasi dan eksternalisasi memunculkan objektifasi. Proses awal internalisasi merupakan penyerapan informasi tentang mitos yang diperoleh individu masyarakat sekitar dari masyarakat luar “Masjid Tiban”. Dari proses internalisasi, relasi masyarakat sekitar dengan para pengunjung merupakan eksternalisasi dimana proses tersebut merupakan penyebaran cerita mitos sebagai daya tarik wisata yang ada. Dari kedua proses tersebut, kemudian munculah objektifasi dimana hasil dari objektifasi tersebut adalah kegiatan pariwisata yang ada pada “Masjid Tiban”.

English Abstract

This research is based on the idea of the beginning of the myth of "Tiban Mosque". The establishment of the "Tiban Mosque" which was stood for one night is at the heart of the myth. The existence of the myth is then a special attraction as a place of tourism that deliberately developed by the surrounding community to attract visitors. The purpose of this research is to explain how the society around Salafiah Biharu Bahri'Asali Fadlaailir Rahmah construct "Tiban Mosque" as a religious tourism place. This research uses Peter L Berger's theory as the framework of its analysis. The use of this theory is due to the election concept of the process of internalization, externalization and objectification that exist in the community around "Tiban Mosque" as a religious tourism place. The process is based on the widespread myth of the society, where the myth makes the "Tiban Mosque" has a tourist attraction. This process can explain the three concepts. The research method used is qualitative method with phenomenology approach and data collection technique through observation, document, and interview with four informants. The results of the research indicate that the outcomes of the internalization process and externalization bring up objec- tives. The initial process of internalization is the absorption of information about the myths obtained by individual communities around from the outside community "Tiban Mosque". From the process of internalization, the relation of the surrounding community with the visitors is an externalization where the process is the spread of mythical stories as an existing tourist attraction. From these two processes, then comes the objective where the result of the objective is tourism activities that exist in "Tiban Mosque".

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/26/051801281
Uncontrolled Keywords: internalisasi, eksternalisasi dan objektifasi
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social Processes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Apr 2018 07:18
Last Modified: 16 Oct 2021 03:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9945
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (696kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (223kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item