Pengaruh Electronic Word Of Mouth Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ojek Baper Dalam Akun Line @ojekbaper

Yudhanto, Dwipo Haryo (2017) Pengaruh Electronic Word Of Mouth Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ojek Baper Dalam Akun Line @ojekbaper. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini akan difokuskan kepada fenomena yang digunakan Electronic Word Of Mouth, yang selanjutnya akan dianalisis lebih lanjut bagaimana pengaruh EWOM terhadap keputusan pembelian konsumen di media sosial, khususnya LINE, yang mana dalam penelitian ini adalah konsumen ojek baper dalam LINE @ojekbaper. Berdasarkan hal tersebut maka variabel bebas dalam penelitian ini adalah dimensi EWOM, yang terdiri dari intensity, content, positive valence dan negative valency. Berikutnya variabel terikat dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa keseluruhan hipotesis diterima, namun pada pengujian signifikansi secara parsial, variabel positive valence memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian diantara variabel bebas lainnya. Berikutnya dalam hasil analisis menunjukan bahwa, apabila variabel dalam dimensi EWOM meningkat maka akan diikuti oleh keputusan pembelian konsumen ojek baper dalam LINE @ojekbaper.

English Abstract

This research will be focused on a phenomenon that used electronic word of mouth. Hereinafter will be analyzed how the influence of EWOM on consumer purchase decisions on social media, LINE in particular. Accordingly, then the independent variable in this study is EWOM dimensions, which consists of intensity, content, positive valence, and negative valency. The dependent variable of this study is purchase decision. This study is using quantitative explanative as the method. The analysis method in this study is multiple linier regression. The result showed that the overall hypothesis is accepted. On partial significance test, the positive valency variable has the most dominant influence on purchase decision. In the analysis results indicates that when the variables in EWOM dimensions increases, it will be followed by purchase decision at Ojek Baper official LINE account.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/524/051706085
Uncontrolled Keywords: Electronic Word Of Mouth (EWOM), Dimensi Electronic Word Of Mouth (EWOM), intensity, content, positive valency, negative valency, keputusan pembelian, media sosial, web 2.0.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media > 302.231 068 8 Internet marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 03 Aug 2017 02:58
Last Modified: 08 Sep 2023 07:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/992
[thumbnail of DWIPO HARYO YUDHANTO.pdf] Text
DWIPO HARYO YUDHANTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item