Inovasi Pelayanan Publik Melalui Program Sistem Pelayanan Informasi Dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jombang)

Khutsiyah, Mufida Lailatul (2018) Inovasi Pelayanan Publik Melalui Program Sistem Pelayanan Informasi Dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Inovasi Program Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE) adalah salah satu program gagasan BKPM dilakukan secara online yang wajib dilaksanakan oleh pemeritah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota yang memberikan pelayanan perizinan di bidang penanaman modal atau disebut dalam pemerintahan yaitu e-government. Inovasi program tersebut salah satu pelaksananya adalah Kabupaten Jombang yang bertujuan agar dapat secara cepat data investasi teritegrasi dari setiap instansi terkait. Hal ini digunakan agar pelayanan untuk investor lebih simple, murah, efisien, dan menciptakan transparansi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus pertama penelitian ini mengenai inovasi pelayanan publik melalui program SPIPISE di DPMPTSP Jombang menggunakan teori tipologi inovasi dari Mulgan & Albury. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi program SPIPISE ada unsur tipologi inovasi yaitu inovasi produk layanan program SPIPISE tersebut, untuk memberikan perizinan secara online pada izin prinsip dan izin usaha. SPIPISE memakai inovasi proses layanan yaitu dengan alur yang berbeda dari sebelumnya. Inovasi metode pelayanan program SPIPISE di DPMPTSP Jombang ditangani oleh empat pegawai yang memiliki hak akses dari BKPM yaitu front office, back office/staf, kepala dan tata usaha, namun untuk investor tetap mendaftar secara manual. Program SPIPISE ini, juga memiliki inovasi kebijakan karena gagasan ini dilandasi kebijakan yang memiliki tujuan dan terdapat strategi dari BKPM. Pelayanan dilakukan melalui inovasi sitem dengan website. Kewenangan perkembangan inovasi ada pada BKPM, sehingga terjadi kendala di DPMPTSP karena masih ketergantungan dengan BKPM dan SDM serta infrastruktur yang tidak memadahi, maka perlu upaya dalam mengatasi kendala tersebut. Dalam rangka menjalankan inovasi pelayanan pemerintah hendaknya membuat lakip dan SOP yang terpadu, membuat perda pendukung inovasi, meregenerasi pegawai pelaksana program SPIPISE, saling sharing tentang pemahaman program SPIPISE, dan menyediakan infrastruktur yang memadahi.

English Abstract

Innovation Program Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE) is one of the BKPM's idea programs conducted online which must be implemented by the Provincial and Regency / Municipal Government that provide licensing service in the field of investment or called in government that is e-government. Innovation of the program is one of the implementers is Jombang District which aims to be able quickly integrated investment data from each related agencies. It is used to make the services to investors more simple, cheap, efficient, and create transparency. This research using the kind of study qualitative descriptive. First focus of this research on the public service innovation through SPIPISE program in DPMPTSP Jombang using the theory typologies of innovation from Mulgan & Albury. Data collection techniques using observation, interview, and documentation. Data analysis used dwelling research is model interactive miles, huberman and saldana. The results of this study indicate that the innovation SPIPISE program there is a element of innovation typology of product innovation SPIPISE service program, to provide online licensing using innovation service process different from before, there is compaction of processing staff permission. Innovation of service method of SPIPISE program in DPMPTSP Jombang is handle by four employees who have access right from BKPM that is front office, back office / staff, head and administration, but for investor keep registration manual. This SPIPISE program also has a policy innovation because it is based on a policy that has a purpose and there is a strategy of BKPM and services done through the innovation of the system with the website. The authority of the development of the innovation there is on the coordinating board, resulting in constraints in DPMPTSP because there is still a dependence with BKPM and human resources as well as infrastructure that is not adequate, then it is worth the effort in overcoming these obstacles. In order to perform the innovation service of the government should make Lakip and SOP integrated, to make regulations supporting innovation, regenerates the employees implementing the program SPIPISE, mutual sharing about understanding of the program SPIPISE, and provide the infrastructure suitable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/120/051803091
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pelayanan Perizinan, Investasi, e-government
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.38 Information management > 352.380 285 Computer applications
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 24 Apr 2018 01:34
Last Modified: 26 Oct 2021 04:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9774
[thumbnail of 0. ALL SKRIPSI FIDA.pdf]
Preview
Text
0. ALL SKRIPSI FIDA.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item