Inovasi Pengembangan Wisata Kota Batu Melalui City Branding “SHINING BATU” (Studi pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu)

Wirawan, Pandu Arya (2017) Inovasi Pengembangan Wisata Kota Batu Melalui City Branding “SHINING BATU” (Studi pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa: (1) inovasi pengembangan wisata Kota Batu melalui City Branding “Shining Batu”, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam inovasi pengembangan wisata Kota Batu melalui City Branding “Shining Batu”. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi: (1) informan, (2) peristiwa, dan (3) dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis Miles dan Huberman (2014) yang meliputi: (1) pengumpulan data (2) kondensasi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) konsep inovasi City Branding Shining Batu lebih menggambarkan Kota Batu dan mengenalkan kepada wisatawan bahwa Kota Batu ini memiliki pariwisata yang edukatif dimana pariwisata digabungkan dengan pendidikan dan pertanian, (2) wisata di Kota Batu memiliki karakteristik yang sesuai dengan dengan City Branding Shining Batu yang digagas oleh pemerintah Kota Batu memiliki tiga aspek atau karakter yang meliputi pendidikan, pariwisata, dan pertanian. (3) City Branding Shining Batu ini berada pada inovasi dalam strategi atau kebijakan mengacu pada visi dan misi Kota Batu. Kemajuan teknologi juga mendorong pemerintah Kota Batu untuk membuat aplikasi Shining Batu, dimana aplikasi ini memberikan informasi terkait Kota Batu seperti wisata, penginapan, dan kuliner. Rekomendasi yang dapat peneliti ajukan terhadap Pemerintah Kota Batu serta pihak yang memiliki kewenangan utamanya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu, sebaiknya meningkatkan promosi City branding Shining Batu dengan menggunakan cara-cara yang baru dan kreatif serta meminimalisir hambatan yang ada. Hal ini bertujuan agar kota Batu lebih terkenal dan daya tarik wisata akan lebih meningkat tiap tahunnya.

English Abstract

This study aims to analyze : (1) the innovation of Batu City tourism development through the city branding “Shining Batu”, (2) the supporting and inhibiting factors in the innovation of Batu City tourism development through City Branding “Shining Batu” . This study employed descriptive method with qualitative approach. The data sources for this study covered: (1) informants, (2) events, and (3) documents. The data analysis used analysis Miles, Huberman and Saldana analysis method (2014) that covered (1) data collection, (2) data condensation, (3) data presentation, and (4) drawing conclusions. The result of the study indicated that : (1) the innovation concepts of city branding, Shining Batu gave more descriptions of Batu City and introduced to the tourists that Batu City possessed educational tourism objects in which tourism was combined with education and agriculture, (2) the tourism in Batu City possessed characteristics that corresponded with the city branding initiated by the Local Government in Batu City that had three aspects namely education, tourism, and agriculture, (3) the city branding , Shining Batu, was an innovation in the strategies referring to the visions and missions of Batu City. The development in the technology also encouraged the Local Government to make an application called Shining Batu, which gave information related to Batu City such as tours, lodging, and culinary. The recommendations that the researcher is able to promote to the Local Government of Batu City and those who have authority particularly, the Department of Tourism and Culture of Batu City, are to increase the promotion of the city branding, Shining Batu by using new and creative means, and to minimize the existed obstacles. Those are aimed at making Batu City known more. Therefore, the tourism attractions will increase more every year.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/30/051801554
Uncontrolled Keywords: Inovasi, City Branding, Wisata.
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 17 Apr 2018 06:57
Last Modified: 26 Oct 2021 05:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9545
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (12MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item