Tanggung Jawab Pelaku Usaha Sesuai Pasal 19 Undangundang Nomor 08 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Atas Transaksi Jual Beli Secara Elektronik (E-Commerce) Dalam Hal Terjadi Wanprestasi

Aida, Ruliani (2017) Tanggung Jawab Pelaku Usaha Sesuai Pasal 19 Undangundang Nomor 08 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Atas Transaksi Jual Beli Secara Elektronik (E-Commerce) Dalam Hal Terjadi Wanprestasi. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Transaksi jual beli secara elektronik adalah transaksi bisnis yang terjadi antara orang pribadi atau badan sebagai penyedia jasa dengan pengguna barang atau jasa tersebut dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dengan cara online atau dalam jaringan ekektronik seperti internet. Walaupun transaksi jual beli secara elektronik sudah sering dilakukan dalam kegiatan jual beli sehari-hari, namun kegiatan jual beli secara elektronik ini masih menimbulkan perdebatan dalam bidang hukum. Belum ada aturan yang secara tegas dan spesifik mengatur tentang hal ini sehingga aturan hukum untuk transaksi elektronik masih kabur. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui, memahami dan menganalisis lebih lanjut prinsip tanggung jawab yang dapat diberlakukan kepada pelaku usaha dan untuk memberikan perlindungan kepada konsumen yang haknya tidak dipenuhi oleh pelaku usaha akibat dari terjadinya wanprestasi. Metode yang digunakan adalah mentode yuridis normatif, dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan perdeketan perbandingan, Teknik penelitian bahan hukum menggunakan studi kepustakaan dan teknik analisis bahan hukum yang digunakan adalah interprestasi gramatjkal dan interprestasi teleologis. Hasil penelitian ini Contractual liability, dapat diterapkan jika pelaku usaha telah melakukan wanprestasi maupun telah memuat klausula baku yang merugikan konsumen. Dan product liability dapat diterapkan dengan menggunakans strict liability apabila pelaku usaha dan konsumen tidak terikat hubungan kontraktual maupun dalam perbuatan melawan hukum, sedang professional liability berdasarkan hukum perjanjian maupun perbuatan melawan hukum. Untuk kedepannya, dalam transaksi elektronik tidak boleh memuat klausula exonerasi yang dapat merugikan konsumen dengan sanski batal demi hukum. Sehingga pelaku usaha harus bertanggungjawab atas kerugian konsumen melalui strict liability dengan beban pembuktian kepada pelaku usaha bukan kepada konsumen. Dan alat bukti mengarah pada dokumen elektronik yang dapat dijadikan alat bukti sah. Upaya yang dapat dilakukan dalam melindungi hak konsumen sebagaimana hak-hak tersebut disebutkan dalam pasal 4 Undang-Undang Nomor 08 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, jika konsumen mengalami kerugian akibat dari wanprestasi yang dilakukan oleh pelaku usaha dapat diberikan upaya hukum preventif berupa pembinaan dari pemerintah dan harus adanya pengawasan dari pemerintah terhadap konsumen sebagaimana diatur dalam Pembinaan konsumen terdapat dalam Pasal 29 ayat (1) Undang-Undang Nomor 08 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal 40 ayat (2) dan upaya hukum represif yaitu penyelesaian sengeketa melalui jalur litigasi sebagaimana diatur dalam Pasal 45 ayat (1) jo Paasal 48 Undang-Undang Perlindungan Konsumen,ataupun nonlitigasi seperti arbitrase, mediasi dan konsoliasi

English Abstract

Electronic buying and selling transaction is a business transaction that occurs between individual or entity as a service provider with the user of such goods or services by using information and communication technology either online or in an electronic network such as internet. Although electronic buying and selling transactions are often carried out in daily buying and selling activities, but electronic trading activities are still causing debate in the field of law. There are no clear and specific rules regulate this matter consequently the regulation of electronic transactions are still obscure. This research aims to know, comprehend, and further analyze the principles of liability that shall be applied to businessmen and to provide protection to consumers whose the rights are not fulfilled by businessmen as a result of default. T he method used is normative juridical method, by using approach of legislation and comparison. Technique of research of law material using literature and the technique of analysis of law material are grammatical and theological interpretation. The result of this research is Contractual liability, shall be applied if the businessmen perform default or has contained raw clause that harm consumers. And product liability shall be applied by using strict liability if the businessmen and consumers are not bound to contractual relation or in unlawful conduct, while professional liability based on law of agreement and tortious act. For the future, in electronic transactions shall not contain exoneration clauses that could harm consumers with sanctions of void by law. Accordingly, the businessmen shall be liable for the loss of consumers through strict liability with the burden of proof to the businessmen not to the consumer. And the evidence points to electronic documents that can be used as valid evidence. The remedies that can be made in protecting consumer rights as mentioned in Article 4 of Law Number 08 Year 1999 on Consumer Protection, if the consumer suffers losses resulting from the default by businessmen can be given preventive legal efforts in the form of coaching from the government and there should be supervision from the government to the consumer as stipulated in Consumer Protection contained in Article 29 paragraph (1) of Law No. 08 of 1999 on Consumer Protection and Law No. 11 year 2008 regarding Information and Electronic Transactions Article 40 paragraph (2) and repressive remedies such as the settlement of disputes through litigation as stipulated in Article 45 paragraph (1) jo. Article 48 Consumer Protection Law, or non-litigation such as arbitration, mediation and consolidation

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/343,071/AID/t/2017/041712091
Uncontrolled Keywords: CONSUMER PROTECTION, CONSUMER PROTECTION - LAW AND LEGISLATION, ELECTRONIC COMMERCE, BREACH OF CONTROCT
Subjects: 300 Social sciences > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law > 343.07 Regulation of economic activity > 343.071 Consumer protection
Divisions: S2/S3 > Magister Kenotariatan, Fakultas Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 17 Apr 2018 01:54
Last Modified: 25 Nov 2021 07:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9489
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of JURNAL copy 2.pdf]
Preview
Text
JURNAL copy 2.pdf

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of SUMMARY.pdf]
Preview
Text
SUMMARY.pdf

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (675kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (75kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item