Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Rencana Strategis Kementerian Agraria Dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional Dalam Bidang Pendaftaran Tanah (Studi Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)

Yuntarto, Hadi (2017) Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Rencana Strategis Kementerian Agraria Dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional Dalam Bidang Pendaftaran Tanah (Studi Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pada dasarnya kebijakan pendaftaran tanah yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat sudah baik. Dikatakan baik karena kebijakan itu selalu menguntungkan publik (Wibawa, 1994). Manfaat dan keuntungan bagi publik dari sebuah sistem administrasi pertanahan dan pendaftaran tanah yang baik ada dalam buku Land Administration Guidelines with special Reference to Countries in Transition (United Nations, 1996). Kebijakan pendaftaran tanah yang baik sudah seharusnya diikuti dengan implementasi yang baik pula. Secara empiris implementasi pendaftaran tanah di Kabupaten Bantul belum dilaksanakan dengan baik. Hal ini diketahui dari pendapat sumbang dari para pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Bantul ataupun dari warga masyarakat penerima program. Rencana strategis Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional bidang pendaftaran tanah termuat dalam agenda prioritas (nasional) sebagai upaya pencapaian visi misi Presiden yang dapat diidentifikasi pada agenda ke 4 (empat) yaitu memperkuat kehadiran negara dalam melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya. Sasaran arah kebijakan agenda ke 4 (empat) yaitu memperbesar cakupan peta dasar pertanahan dan memperbesar cakupan bidang tanah yang bersertipikat. Menurut George C Edward III (1980), Rencana Strategis Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional dikategorikan sebagai kebijakan yang bersifat Centralized Policies. Kebijakan ini adalah kebijakan yang dibuat oleh pemerintah pusat, namun program pengimplementasiannya di serahkan pada masing – masing daerah. Kesulitan yang timbul dikarenakan interpretasi yang bisa jadi beragam antar daerah dan juga kesiapan daerah yang masing - masing tidak sama, sehingga pengimplementasian dan hasilnya pun bisa berbeda dari tujuan utama kebijakan tersebut. Gerald E Caiden (1982) berpendapat bahwa implementasi kebijakan dapat dianggap sebagai titik lemah dari pemerintahan, sehingga ditekankan pentingnya peranan tahapan implementasi kebijakan bagi keberhasilan seluruh proses kebijakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana gambaran implementasi rencana strategis di Kantor Pertanahan Kabupaten Bantul dalam bidang pendaftaran tanah; (2) bagaimana gambaran faktor – faktor yang mempengaruhi implementasi rencana strategis di Kantor Pertanahan Kabupaten

English Abstract

The government has had sufficient system and policy for land registration. The policy has always paid attention towards public interest (Wibawa,1994). Referring to Twaroch and Muggenhuber (1997) and Zevenbergen (1998), there is a relationship between land administration, land registration and cadastre. The elaboration on the benefits and advantage of sufficient land administration and land registration system for the public (United Nations, 1996). Sufficient land registration policy should be followed with qualified implementation as well. However, the land registration policy has not been implemented properly yet in Bantul. The conclusion is drawn based on the opinion of the Land Agency Office of Bantul staffs or the public at the other end of the policy. The Strategic Plan of the Indonesia’s Ministry of Agrarian and Spatial Planning/National Land Agency about land registration is considered as national priority (agenda) as an effort to achieve the Presidential vision/mission identified as the 4th agenda, to strengthen the country’s presence in conducting system reform and honest, dignified and trustworthy law enforcement.The objective of the 4th agenda policy is to widen spatial planning-based map coverage and to increase number of certified land. Reflecting on Edward III’s opinion (1980), the Strategic Plan of the Ministry of Agrarian and Spatial Planning/National Land Agency is categorized as centralized policy. It is established by the central government, but applied by regional government. Problems emerge due to various interpretations between different regional government as well as different amount of resource each regional government has. As the effect, in each region in Indonesia, the implementation and outcomes of the Strategic Plan may be different from the main objectives of the policy. Caiden (1982) argues that policy implementation may be regarded as the weakling of governance, and thus the government should emphasize on the importance of policy implementation stage for the success of the entire policy. The objective of the study is to describe and analyze factors that influence the implementation of the Strategic Plan or policy on land registration in the Land Agency Office in Bantul, Yogyakarta. The study used quantitative approach and questionnaire as the data collection technique. The research methodology was survey, a study taking sample from certain population using questionnaire as the primary data collection technique (Singarimbun and Effendi, 1989).

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/333.33/YUN/f/2017/041712450
Uncontrolled Keywords: LAND TITLES - REGISTRATION AND TRANSFER, LAND TENURE, PUBLIC ADMINISTRATION
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.3 Private ownership of land > 333.33 Transfer of possession and of right to use
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Apr 2018 07:38
Last Modified: 25 Nov 2021 06:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9370
[thumbnail of BAB.V.pdf]
Preview
Text
BAB.V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB.VI.pdf]
Preview
Text
BAB.VI.pdf

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of Jurnal_Hadi Yuntarto_Biotika_2017.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Hadi Yuntarto_Biotika_2017.pdf

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of Tesis Hadi Yuntarto_2017.pdf]
Preview
Text
Tesis Hadi Yuntarto_2017.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB.II.pdf]
Preview
Text
BAB.II.pdf

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of BAB.I.pdf]
Preview
Text
BAB.I.pdf

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of BAB.III.pdf]
Preview
Text
BAB.III.pdf

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of BAB.IV.pdf]
Preview
Text
BAB.IV.pdf

Download (173kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item