Determinan Penggunaan Mobile Sales Force Automation System Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja (Studi Pada Tenaga Penjualan Perusahaan Distributor Consumer Goods Tahun 2016)

Himawan, Heribertus (2017) Determinan Penggunaan Mobile Sales Force Automation System Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja (Studi Pada Tenaga Penjualan Perusahaan Distributor Consumer Goods Tahun 2016). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mobile Sales Force Automation Systems (mSFA) masih dianggap sistem yang relatif baru di Indonesia, belum banyak perusahaan yang menerapkan sistem ini. mSFA merupakan bagian dari sistem CRM yang berfungsi membantu tenaga penjual saat bertransaksi dengan konsumennya. Banyak dukungan informasi dari sistem diharapkan tenaga penjual mampu bekerja secara efektif dan efisien sehingga kinerja meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh :1) Dukungan Teknis terhadap kemudahan; 2) Pelatihan terhadap kemudahan; 3) Relevansi pekerjaan terhadap kegunaan; 4) Dukungan manajemen terhadap kegunaan; 5) Faktor sosial terhadap kegunaan; 6) kemudahan terhadap penggunaan mSFA; 7) kemudahan terhadap penggunaan mSFA; 8) kegunaan terhadap penggunaan mSFA; 9) penggunaan mSFA terhadap Kepuasan Kerja; 10) penggunaan mSFA terhadap Kinerja dan 11) Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan jenis penelitian explanatory research. Sampel penelitian diambil dari tenaga penjual sebuah perusahaan distributor yang mempunyai cabang seluruh Indonesia. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner melalui email masing-masing tenaga penjual. Kemudian data diolah dengan alat GSCA. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Dukungan Teknis tidak mempengaruhi variabel Kemudahan dalam model Technology Acceptance Model 2 demikian pula variabel Faktor sosial juga tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Kegunaan. Penggunaan mSFA yang diwakili variabel penggunaan mSFA terbukti berpengaruh signifikan positif terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja. Implikasi dari penelitian ini secara teoritis memberikan model yang baru dari model penerimaan teknologi khususnya untuk teknologi mobile, yaitu dengan mengembangkan variabel ke dampak teknologi tersebut terhadap kinerja dan kepuasan pengguna. Implikasi secara praktis, maka model yang digunakan dalam penelitian ini dapat diterapkan untuk mengetahui dampak penggunaan teknologi atau sistem mobile dalam sebuah perusahaan.

English Abstract

Mobile Sales Force Automation Systems (mSFA) is still considered as relatively new system in Indonesia, only some companies that use the systems. mSFA is part of a CRM system which do some helps to salesman during the transaction process with consumers. There is some supported information gained from system which enables salesman working effectively and efficiently to improve their working performance. The purpose of this study was to examine and analyze the effect of: 1) technical support over the feasibility; 2) training on the feasibility; 3) job relevance to its function; 4) management support to the function; 5) the social impacts on its function; 6) ease of use to mSFA usage; 7) the feasibility on the mSFA usage; 8) the feasibility on mSFA’s function; 9) mSFA’s function to the Job Satisfaction; 10) mSFA’s functio the Sales Performance and 11) Job Satisfaction of the Sales Performance This study uses a quantitative approach by applying the survey method and the type of explanatory research. The samples were taken from some salesmen of a distributor company whose branches can be found all over Indonesia. The data were collected by distributing a questionnaire via email of each salesman. Then the data is processed by means GSCA. The analysis has showed that the technical support variables do not affect the feasibility variables over Technology Acceptance Model 2 model and neither do Social factor variables which has got no significant impact on the feasibility variables.The use of mSFA represented by mSFA’s function variables has shown its positive significant effect on Job Satisfaction and Sales Performance. The implications of this study theoretically provide a new model of technology acceptance model, especially for mobile technologies, by developing a variable to the impact of these technologies on the performance and user satisfaction. Practical implications, the model used in this study can be applied to determine the impact of the use of mobile technologies or systems within a company.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/658.81/HIM/d/2017/061802410
Uncontrolled Keywords: SALES MANAGEMENBT - DATA PROCESING, MARKETING - DATA PROCESING, SELLING - DATA PROCESING
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 04 Apr 2018 07:38
Last Modified: 19 Oct 2021 06:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9181
[thumbnail of 6. BAB V HASIL PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
6. BAB V HASIL PENELITIAN.pdf

Download (529kB) | Preview
[thumbnail of 2. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
2. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (496kB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
4. BAB III KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS PENELITIAN.pdf

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV METODE PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
5. BAB IV METODE PENELITIAN.pdf

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of 1. BAGIAN  DEPAN.pdf]
Preview
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
3. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7. BAB VI PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
7. BAB VI PEMBAHASAN.pdf

Download (487kB) | Preview
[thumbnail of 8. BAB VII PENUTUP.pdf]
Preview
Text
8. BAB VII PENUTUP.pdf

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 10. LAMPIIRAN.pdf]
Preview
Text
10. LAMPIIRAN.pdf

Download (613kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item