Evaluasi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pembayaran Pajak Hiburan Di Kota Malang (Studi Pada Wajib Pajak Hiburan Yang Terdaftar Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang)

Gunawan, Dewinta Laksmi (2017) Evaluasi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pembayaran Pajak Hiburan Di Kota Malang (Studi Pada Wajib Pajak Hiburan Yang Terdaftar Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kesadaran masyarakat akan fungsi perpajakan masih rendah hal itu terlihat dari masih minimnya jumlah wajib pajak, baik pribadi maupun perusahaan yang membayar pajak sehingga hal ini menyebabkan penerimaan negara tidak optimal, dalam hal ini terkait dengan pajak hiburan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui gambaran kepatuhan Wajib Pajak Hiburan dalan membayar pajak hiburan di Kota Malang; dan 2) Mengetahui faktor-faktor kepatuhan Wajib Pajak Hiburan dalam membayar pajak hiburan di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokusnya adalah mengenai gambaran Kepatuhan Wajib Pajak Hiburan di Kota Malang dan faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deksriptif. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan maupun menyajikan data yang diperoleh dari instansi dengan memberikan gambaran umum menurut apa adanya sesuai dengan kenyataan yang ada pada saat melakukan penelitian. Gambaran kepatuhan Wajib Pajak Hiburan dalam membayar pajak hiburan di Kota Malang dapat diketahui berdasarkan data tahun 2010 sampai 2016 mengenai jumlah wajib pajak menunjukkan adanya peningkatan. Namun demikian berdasarkan data yang diperoleh maka terjadi penyimpangan para wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan yang ditunjukkan adanya tunggakan pajak sebesar Rp. 507.300.657,75. Faktor internal kepatuhan wajib pajak yaitu meliputi banyaknya pajak yang ditangani oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang, banyaknya jenis pajak tersebut menjadikan Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang kurang terfokus dalam proses untuk memaksimalkan potensi dari pajak hiburan tersebut. Terbatasnya jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) dan sulitnya mencari keterangan pemilik usaha dan memberikan sosialisasi mengenai pajak hiburan tersebut dikarenakan adanya dukungan dalam upaya untuk peningkatan hasil pajak; Kendala dari pihak eksternal yaitu adanya wajib pajak yang tidak memahami peraturan perpajakan secara jelas cenderung akan menjadi wajib pajak yang tidak taat, kurangnya sosialisasi kepada wajib pajak dan aktivitas yang dilakukan petugas pemungut pajak menemui beberapa permasalahan dalam pelaksanaan pemungutan pajak hiburan yaitu masih rendahnya pengetahuan masyarakat tentang arti pentingnya pembayaran pajak.

English Abstract

Public awareness of the tax function is still low it is seen from the lack of taxpayers, both private and corporate paying taxes so that this causes the state revenue is not optimal, in this case related to entertainment tax. The purpose of this study are 1) To know the picture of the Taxpayers' compliance in paying entertainment tax in Malang City; And 2) Knowing the factors of compliance of Taxpayer Entertainment in paying entertainment tax in Malang City. This research uses descriptive research type with qualitative approach. The focus is on the picture of Taxpayer Compliance in the City of Malang and the factors that affect taxpayer compliance. Data analysis method used in this research is descriptive analysis. Descriptive analysis is used to explain and present data obtained from the agency by providing a general description according to what is in accordance with the reality that existed at the time of doing research. The picture of taxpayer compliance of Entertainment in paying entertainment tax in Malang City can be known based on data from 2010 to 2016 regarding the number of taxpayers indicate an increase. However, based on the data obtained, the taxpayer deviation occurs in fulfilling the tax obligations in accordance with the provisions indicated the existence of tax arrears of Rp. 507.300.657,75. Internal factors of taxpayer compliance include the amount of taxes handled by the Regional Revenue Office of Malang City, the many types of taxes make the Regional Revenue Service of Malang is less focused in the process to maximize the potential of the entertainment tax. The limited number of Human Resources (HR) and the difficulty of finding business owner information and providing socialization of the entertainment tax due to support in an effort to increase tax returns; Constraints from external parties is the existence of taxpayers who do not understand the tax regulations are clearly likely to become taxpayers who are not obedient, the lack of socialization to taxpayers and activities conducted by the tax collector to meet some problems in the implementation of entertainment tax collection is still low knowledge of the community about the importance of tax payments.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1208/051801073
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, Pajak Hiburan
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.27 Other taxes > 336.278 Taxes on products, services, industries
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 04 Apr 2018 06:47
Last Modified: 26 Oct 2021 01:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9169
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (450kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item