Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan Bisnis Online (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angaktan 2013/2014 Konsumen Traveloka)

Dewi, Indri Kartika (2018) Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan Bisnis Online (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angaktan 2013/2014 Konsumen Traveloka). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Diskon terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel pada penelitian ini terdiri dari Diskon, Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Traveloka yang pernah melakukan pembelian tiket pesawat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 115 responden dengan menggunakan teknik purposif sampling pada mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi angkatan 2013/2014. Instrumen pengambilan data menggunakan kuesioner online. Analisis path dan analisis deskriptif digunakan sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan uji analisis jalur (path analysis) variabel diskon berpengaruh paling signifikan terhadap Keputusan Pembelian, variabel Keputusan Pembelian berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, dan variabel diskon berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Diharapkan Traveloka agar dapat terus mempertahankan strategi penjualan dengan cara memberikan harga diskon kepada kosnsumennya, dikarenakan diskon mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan.

English Abstract

This study was aimed to explain the effect of discount on purchase decision and customer satisfaction. This study was using Explanatory Research and Quantitative approach. The variables of this study were discount, purchase decision, and customers satisfaction. The population in this study was Traveloka consumers which were used to purchase flight tickets. 115 respondents were used as the sample of this study which used purposive sampling on administrative science Brawijaya University students 2013/2014. Furthermore, the researcher used online questionnaire as the data instrument. Meanwhile, analysis path and descriptive analysis were used as the data analysis technique. The result of the study showed that path analysis test indicated discount variable had a significant effect on the purchase decision, discount variable had a significant effect on costumers satisfaction, and purchase decision variable had a significant effect on costumers' satisfaction. It is expected that Traveloka will continue to maintain the sales strategy by giving discounts for costumes. Yet discounts have a significant effect on purchase decision and costumers satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/103/051802881
Uncontrolled Keywords: Diskon, Keputusan Pembelian, dan Kepuasan Pelanggan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.872 Telemarketing and direct marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 04 Apr 2018 03:02
Last Modified: 26 Oct 2021 03:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9153
[thumbnail of SRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SRIPSI FULL.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item