Analisis Strategi Bersaing dalam Peningkatan Volume Penjualan Produk Ikan Kaleng Asahi

Ariszabeth, Dini (2018) Analisis Strategi Bersaing dalam Peningkatan Volume Penjualan Produk Ikan Kaleng Asahi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

CV. Pasific Harvest merupakan perusahaan yang merancang dan memproduksi produk sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh perusahaan konsumen berfokus pada pembuatan produk olahan laut. Produk utama yang dimiliki oleh CV Pasific Harvest adalah sarden ikan kaleng Asahi. Hambatan yang terjadi diperusahaan adalah penjualan dari sarden Asahi tidak bisa mendapat pangsa pasar seluas seperti produk kompetitor yang diproduksi oleh perusahaan CV. Pasific Harvest. Penelitian ini terfokus pada penjualan sarden ikan kaleng Asahi agar dapat bersaing dengan produk kompetitor yang diproduksinya Pada penelitian ini dilakukan pengambilan data kuesioner konsumen dan data kuesioner pegawai secara random kepada 30 responden. Selanjutnya dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Untuk mengetahui posisi perusahaan sarden ikan kaleng Asahi, perlu menghitung faktor internal dan faktor ekstrenal menggunakan matriks IE (Internal Eksternal). Sebelum perhitungan IE, dilakukan perhitungan matriks EFE (Eksternal Factor Evaluation) dan perhitungan IFE (Internal Factor Evaluation). Hasil perhitungan matriks tersebut sebesar 3,2. Sedangkan Matriks IFE (Internal Factor Evaluation).Hasil perhitungan matriks IFE sebesar 2,9. Berdasarkan hasil perhitungan IFE dan EFE didapatkan hasil matriks IE pada kuadaran II yang berarti posisi perusahaan berkembang dan tumbuh. Langkah selanjutnya dilakukan pencocokan menggunakan matriks SWOT, dengan mengembangkan empat tipe strategis yaitu SO (Strength-Opportunity), ST (Strength-Threats), WO (Weakness- Opportunity), WT (Weakness-Threats). Pemilihan strategi yang tepat menggunakan QSPM (quantitative strategic planning matrix) input dari strategi ini adalah matriks SWOT. Hasil dari QSPM sebesar 6.04 yaitu pada strategi SO dan WO sebesar 4,65. Penelitian ini menciptkan 4 strategi yang diimplementasikan. Dengan melihat kondisi perusahaan yaitu sarden Asahi mempunyai kedudukan sebagai market challenger, pasar saat tidak jenuh dengan produk sarden, konsumen meningkat dengan signifikan pada saat bulan tertentu, ada pasar yang belum tersentuh, kapasitas terpenuhi, dan adanya kompetitor yang lebih baik.

English Abstract

CV. Pasific Harvest is a company that produces and manufactures products according to the specifications specified by consumer companies on marine product. CV Pasific Harvest’s main product is sardines of Asahi canned fish. Problem that occur in the company is the sale of Asahi sardines can not get market products such as competitor which owned by the company CV. Pacific Harvest. This study focused on selling Asahi canned sardines in order to compete with the competitor's product. By knowing the corporate environment both internal and external, we will know factors that the company has to determine how the Asahi sardines position In this study the data collected by random consumer and employee questionnaires. The questionnaire was distributed to 30 respondents. To know the position of Asahi canned sardine company, it is necessary to know internal factor and ekstrenal factor using IE (External Internal) matrix. Before evaluating IE, EFE (External Factor Evaluation) and IFE (Internal Factor Evaluation) calculations were performed. The EFE matrix is a calculation of external strategic factors into categories of opportunities and threats. The result of the calculation is 3,2. The IFE matrix calculation result is 2.9. Based on the results of IFE and EFE calculations the results of the IE matrix on the second awareness which means the position of the company are growing and improving. The next step is to match using SWOT matrix, by developing four strategies of SO (Strength-Opportunity), ST (Strength-Threats), WO (Weakness-Opportunity), WT (Weakness-Threats). The purpose of this matrix is o know if there are some possibility of alternative strategy based on company’s internal and external factors .The selection of appropriate strategies using QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) input from this strategy is the SWOT matrix. Results from QSPM is 6.04 and on SO and WO Strategy is 4.65. This research creates 4 strategies that are implemented. By looking at the company's condition, Asahi's sardines have the position of market challenger, the market is not saturated with sardines, the consumer increases significantly during certain months, there is an untapped market, the capacity is met, and the presence of better competitors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/69/051800793
Uncontrolled Keywords: EFE (Eksternal Factor Evaluation), IE (Internal Eksternal), IFE (Internal Factor Evaluation), SWOT (Strength, Weakness, Oppurtunity, Threats) QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Apr 2018 01:32
Last Modified: 18 Oct 2021 03:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9130
[thumbnail of DINI.pdf]
Preview
Text
DINI.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item