Kajian Kinerja Pelayanan AKDP Patas Dan Ekonomi Pada Trayek Surabaya-Malang

Litamahuputty, Daniel Julio and Hidayat, Aditya Bhaswara Widya (2018) Kajian Kinerja Pelayanan AKDP Patas Dan Ekonomi Pada Trayek Surabaya-Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bus AKDP (Angkutan Kota Dalam Propinsi) yang melayani trayek Surabaya – Malang harus terus mengevaluasi kinerja guna menjaga kualitas pelayanan yang ada. Sehingga disini perlu dilakukan evaluasi kinerja pelayanan berdasarkan Peraturan Menteri no. 29 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum dalam Trayek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian masyarakat tentang tingkat pelayanan dan mengetahui atribut pelayanan apa saja yang perlu ditingkatkan, serta mendapatkan strategi perbaikan kinerja Bus AKDP kelas patas dan kelas ekonomi pada trayek Surabaya – Malang. Kajian kinerja pelayananan pada penelitian ini menggunakan metode Importance-Performance Analysis (IPA) dan metode Strengths Weaknessesses Opportunities Threats (SWOT). Metode Importance-Performance Analysis (IPA) bertujuan untuk mengetahui penilaian masyarakat tentang tingkat pelayanan Bus AKDP Surabaya - Malang, sedangkan metode Strengths Weaknessesses Opportunities Threats (SWOT) bertujuan untuk mengetahui strategi perbaikan kinerja bus yang dapat digunakan untuk menarik minat masyarakat untuk menggunakan bus AKDP Surabaya - Malang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode wawancara kuisioner pada responden. Responden dalam penelitian berjumlah 400 responden baik untuk kuisioner IPA maupun kuisioner SWOT, dengan rincian penumpang bus patas sebanyak 180 responden dan bus ekonomi sebanyak 220 responden. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus - September 2017. Berdasarkan evaluasi kinerja dengan menggunakan metode Importance-Performance Analysis (IPA) yang telah dilakukan, didapatkan hasil pelayanan bus AKDP trayek Surabaya-Malang. hal ini terlihat dari analisis bus patas terdapat 29 dari 34 atribut pelayanan yang dinilai sudah baik pelayanannya oleh responden. Dari hasil analisis juga ada 5 atribut pelayanan yang menjadi prioritas utama dan harus ditingkatkan pelayanannya yaitu pengadaan alat pemadam api ringan, buku panduan penumpang (tentang keselamatan), sabuk keselamatan, asuransi kecelakaan dan fasilitas kebersihan. Sedangkan untuk bus ekonomi terdapat 7 dari 34 atribut pelayanan yang menjadi prioritas utama dan harus ditingkatkan pelayanannya yaitu alat pemadam api ringan, buku panduan penumpang (tentang keselamatan), ban depan yang bukan vulkanisir, sabuk keselamatan asuransi kecelakaan, kapasitas angkut maksimum 100%, dan rak bagasi. Berdasarkan metode Strengths Weaknessesses Opportunities Threats (SWOT) bus patas dan ekonomi sama-sama harus menggunakan kekuatan yang dimiliki untuk mengatasi ancaman atau strategi ST. Contohnya, PO bus harus mempunyai pelayanan yang baik dan professional guna mengurangi tingkat kecelakaan di jalan raya, dan jadwal keberangkatan yang lebih baik dari kereta api akan sangat memudahkan masyarakat untuk melakukan perjalanan menggunakan bus.

English Abstract

AKDP Bus (Provincial City Transportation) serving Surabaya - Malang route should continuously evaluate performance in order to maintain the quality of service available. So here need to be evaluated service performance pursuant to Minister Regulation no. 29 of 2015 on Minimum Service Standards of Transport of People with Public Vehicles in Route. This study aims to determine the public assessment of the level of service and know what service attributes that need to be improved, and get a performance improvement strategy of AKDP bus class patas and economy class on the route Surabaya - Malang . The study of service performance in this research using Importance-Performance Analysis (IPA) method and method Strengths Weaknessesses Oppo rtunities Threats (SWOT) . The Importance-Performance Analysis (IPA) method aims to find out the community's assessment of service level of AKDP Bus Surabaya - Malang, while m etode Strengths Weaknessesses Oppo rtunities Threats (SWOT)aims to find out the bus performance improvement strategy that can be used to attract people to use the bus AKDP Surabaya - Malang. The research was conducted by using questionnaire interview method on the respondents. Respondents in the study amounted to 400 respondents for both IPA questionnaires and SWOT questionnaires , with the details of 180 patas bus passengers and 220 economic buses. This research was conducted in August - September 2017. Based on the performance evaluation using Importance-Performance Analysis (IPA) method , the result of AKDP bus service route Surabaya-Malang. this is seen from the analysis of bus patas there are 29 of 34 service attributes considered good service by respondents. From the analysis results there are also 5 service attributes that become the main priority and should be improved the service is the procurement of light fire extinguishers , passenger guidebook (about safety), safety belts, accident insurance and hygiene facilities. While for the economic bus, there are 7 of 34 service attributes that become the main priority and should be improved the service is a light fire extinguisher, passenger guidebook (about safety), non-retreaded front tire, accident insurance safety belt, 100% maximum freight capacity, and luggage rack. Based on the Strengths method Weaknessesses Oppo rtunities Threats (SWOT) bus patas and economies alike have to use their strengths to overcome the threat or strategy of ST. For example, PO buses should have good and professional services to reduce the level of road accidents, and better scheduled departures from trains would make it easier for people to travel by bus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/68/051800792
Uncontrolled Keywords: bus AKDP, kinerja, IPA, SWOT, trayek Surabaya-Malang
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.3 Vehicular transportation > 388.32 Vehicular activities and services > 388.322 Bus service
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Mar 2018 04:12
Last Modified: 18 Oct 2021 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9049
[thumbnail of DANIEL.pdf]
Preview
Text
DANIEL.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item