Optimalisasi Biaya Transportasi pada Pengiriman Bahan Timbunan dengan Metode Mixed Integer Linear Programming di Proyek Pembangunan Tol Gempol- Pasuruan

Anggraini, Amelia (2018) Optimalisasi Biaya Transportasi pada Pengiriman Bahan Timbunan dengan Metode Mixed Integer Linear Programming di Proyek Pembangunan Tol Gempol- Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Hutama Karya (Persero) yang merupakan perusahaan BUMN dimana perusahaan ini menerima jasa untuk membangun atau membuat infrastruktur baik membangun gedung, jalan, jembatan, bandara maupun lainnya. Proyek Pembangunan Jalan Tol Gempol– Pasuruan, Seksi II Ruas Rembang–Pasuruan merupakan salah satu proyek yang sedang dikerjakan oleh PT. Hutama Karya (Persero) yang bekerja sama dengan PT. Transmarga Jatim Pasuruan yang memiliki waktu pelaksanaan selama 240 hari kalender. Proyek ini dibagi kedalam tiga zona yaitu Zona 1, Zona 2 dan Zona 3. Pada aktivitas Proyek Pembangunan Jalan Tol Gempol–Pasuruan, Seksi II Ruas Rembang–Pasuruan, kegiatan utama yang dilakukan adalah kegiatan penimbunan. Pada kegiatan penimbunan ini durasi yang diberikan yaitu hanya selama 150 hari kalender. Pada kegiatan penimbunan ini memiliki persentase pengerjaan yang cukup besar jika dibandingkan dari keseluruhan kegiatan yang berada dalam penyelesaian Proyek Pembangunan Jalan Tol Gempol– Pasuruan, Seksi II Ruas Rembang–Pasuruan sehingga pekerjaan ini dapat dikategorikan sebagai pekerjaan yang vital. Semakin besar dan lamanya durasi waktu pengerjaan suatu kegiatan maka dapat dipastikan biaya yang akan dikeluarkan juga akan semakin besar. Pada penelitian ini dilakukan optimalisasi dengan menggunakan metode Mixed Integer Linear Programming untuk mengetahui biaya transportasi, jumlah truk yang digunakan serta rute pengiriman bahan timbunan. Variabel keputusan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu merupakan variabel biner yang akan bernilai 1 jika quarry i menuju zona proyek j dengan truk k pada ritase l melakukan pengiriman dan bernilai 0 jika tidak, menyatakan kemampuan pengiriman bahan timbunan dari quarry i menuju zona proyek j dengan truk k pada ritase l, dan menyatakan jumlah truk yang digunakan untuk pengiriman. Langkah selanjutnya yaitu melakukan perhitungan berdasarkan formulasi matematis yang telah dibuat pada tahap sebelumnya. Pada proses perhitungan ini agar mempermudah penyelesaian maka digunakan bantuan software optimasi yaitu LINGO 11.0 dengan versi unlimited. Penelitian menunjukkan bahwa dump truck yang dapat digunakan yaitu sebanyak 342 armada dari 350 armada yang dioperasikan sehingga terdapat penghematan jumlah armada truk yang digunakan sebanyak 8 truk serta penentuan rute pengiriman bolak-balik untuk masing-masing truk yang optimal. Pada penelitian ini diketahui bahwa terjadi penghematan sebesar 6,39% atau senilai Rp. 1.136.566.650,00 untuk biaya transportasi pengiriman bahan timbunan ke masing-masing zona proyek.

English Abstract

PT. Hutama Karya (Persero) is a state-owned company that provides services to build infrastructure such as buildings, roads, bridges, airports and others. Toll Road Development Project Gempol-Pasuruan, Section II Rembang-Pasuruan is one of the 240 calendar days projects getting done by PT. Hutama Karya (Persero) in cooperation with PT. Transmarga Jatim Pasuruan. The project is divided into three zones namely Zone 1, Zone 2 and Zone 3. In the activity of Gempol-Pasuruan Toll Road Project, Section II of Rembang-Pasuruan Range, the main activities undertaken are the hoarding activities. The duration given for hoarding activities is only 150 calendar days. This hoarding activity has a significant percentage compared to the overall activities of Toll Road Project Gempol- Pasuruan, Section II Ruas Rembang-Pasuruan so this work can be categorized as a vital job. The greater the length and duration of the working time, it is certain that the cost incurred will also be greater. In this research, optimization is done by using Mixed Integer Linear Programming method to calculate the transportation cost, the number of trucks used and the delivery route of the embankment material. The decision variable used in this study is , a binary variable that will be worth 1 if the quarry i goes to the j project zone with the truck k at ritase l does the delivery and is 0 if it does not, states the delivery capacity of the pile material from the quarry i to the project zone j with the truck k at ritase l, and states the number of trucks used for delivery. The next step is to do the calculation based on the mathematical formulation that has been made in the previous stage. The calculation process is done using the optimization software, LINGO 11.0 with unlimited version. Research shows that 342 trucks can be used out of available 350 trucks which means there are savings on the number of trucks used as many as 8 trucks. This research also determines the optimal round-trip delivery routes for each truck. This study shows there is a 6.39% saving worth Rp. 1.136.566.650,00 of transportation cost of embankment material to each project zone.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/38/051800689
Uncontrolled Keywords: Optimasi, Transportasi, Minimasi Biaya, Mixed Integer Linear Programming
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management > 658.155 Management of income and expense
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Mar 2018 07:29
Last Modified: 16 Oct 2021 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8966
[thumbnail of Amellia.pdf]
Preview
Text
Amellia.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item