Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Masyarakat Pengguna BPJS Kesehatan (Studi di Rumah Sakit Handless Venereging Amsterdam Kecamatan Pare – Kabupaten Kediri)

Christian, Muhammad Ilham Abednego Elsya (2017) Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Masyarakat Pengguna BPJS Kesehatan (Studi di Rumah Sakit Handless Venereging Amsterdam Kecamatan Pare – Kabupaten Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan hak asasi manusia yang harus diwujudkandalam bentuk pemberian berbagai pelayanan kesehatan kepada seluruhmasyarakat melalui penyelenggaraan pembangunan kesehatan yang menyeluruholeh pemerintah. Oleh karena itu, pemerintah membuat kebijakan yangmenggratiskan pelayanan kesehatan untuk masyarakat miskin melalui BadanPenyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan).BPJS Kesehatan merupakan badan hukum publik yang berfungsimenyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesiatermasuk warga asing yang bekerja paling singkat 6 bulan di Indonesia. Salah saturumahsakit yang bekerjasama dengan BPJS adalah Rumah Sakit HVAToeloengredjo Pare. Rumah sakit ini merupakan rumah sakit swasta yang dikenaloleh masyarakat sebagai rumah sakit dengan pelayanan terbaik di KecamatanPare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Akan tetapi berdasarkan wawancara penelitidengan salah satu pegawai Rumah Sakit HVA Toeleongredjo, peneliti masihmenemukan beberapa keluhan masyarakat terkait dengan pelayanan pihak rumahsakit kepada masyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisisgambaran kualitas pelayanan kesehatan terhadap pasien miskin pengguna BPJS diRumah Sakit HVA Toeloengredjo beserta dengan factor pendukung danpenghambat kualitas pelayanan kesehatan terhadap pasien miskin pengguna BPJSdi Rumah Sakit HVA Toeloengredjo. Metode penelitian yang digunakan penelitimerupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, hasil penelitian menunjukkanbahwa pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya peserta BPJSKesehatan di Rumah Sakit HVA Toeloengredjo termasuk baik dan telahmemenuhi konsep dalam pelayanan prima, dimana dalam hal ini aspek 6A telahdipenuhi dengan baik oleh Rumah Sakit HVA Toeloengredjo meskipun masihterdapat beberapa kendala yang harus diperbaiki oleh pihak rumah sakit. Hal inidapat diketahui karena sebagian besar pasien merasa mendapatkan pelayananyang sesuai dengan harapan dengan kata lain pasien merasa puas denganpelayanan yang telah diberikan dengan fasilitas rumah sakit yang baik, bersih dannyaman.Terdapat beberapa factor pendukung atas terselenggaranya pelayanankesehatan Rumah Sakit HVA Toeloengredjo yaitu: 1) Diselenggarakannyasosialisasi kepada seluruh petugas terkait dengan BPJS Kesehatan; 2)viDiselenggarakannya pelatihan dalam upaya perbaikan mutu pelayanan (dalamaspek kemampuan) pada semual ini, dimulai dari cleaning sevice hingga atasan;3) Disediakannya informasi mengenai BPJS Kesehatan berupa poster dan pamfletagar pasien maupun keluarga pasien mengerti mengenai informasi BPJS; serta 4)Fasilitas yang memadai. Sedangkan factor penghambatnya adalah sebagai berikut:1) Sosialisasi dari pihak BPJS Kesehatan kepada masyarakat yang dinilai kurangoptimal; 2) Sikap dari masyarakat yang cenderung acuh pada sosialisasi yangdiselenggarakan oleh pihak rumah sakit maupun badan penyelenggara asuransi.

English Abstract

Health service is a human right that must be realized in the form ofproviding various health service for community through the implementation ofcomprehensive health development by government. Because of that, governmentmakes a policy that eliminate health service for the poor by providing socialhealth insurance (that called by BPJS Kesehatan).BPJS Kesehatan is a public legal entity that function to organize a healthinsurance program for all Indonesian including the foreign that work in Indonesiaat least 6 months. One of hospital that cooperate with BPJS is HVA HospitalToeloengredjo Pare. This hospital is a private hospital that known by communityas the best hospital in Pare, Kediri, East Java. But, according to the interviewresult that has been conducted by the researcher with one of hospital staff,researcher found some community complaints that related to hospital service.This research aimed to describe and analyze quality of health service toBPJS user in HVA Hospital Toeloengredjo and the supporting and inhibitingfactors of service quality. Research method that used in this research wasqualitative method with descriptive approach.Based on the result of interview and observation, the research resultshowed that health service of hospital to BPJS user was good and qualified theconcept of excellent service, in this case A6 concept had been well catered byHVA Hospital Toeloengredjo. Even there were obstacles that had to be fixed byhospital. This was because most of patient of HVA Hospital Toeloengredjo gotthe service as they expected, in another word patient was satisfied with the qualityof health service of hospital by providing a good and clean facilities.There were some supporting factors for providing health service of HVAHospital Toeloengredjo, they were: 1) Socialization to all of hospital staffconcerned with BPJS Kesehatan; 2) Training for all of hospital staff in order toimprove the ability of hospital staff, from the cleaning service to superior ofhospital; 3) Providing BPJS information in the form of poster and pamphlet inorder to patients and their family understand about BPJS; and 4) Adequatefacilities. While obstacle factors were: 1) Socialization from BPJS intocommunity was not optimal yet; 2) The community was not care about thesocialization that held by hospital or insurance company.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1321/051801867
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.6 Public administration of health services
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 26 Mar 2018 04:23
Last Modified: 26 Oct 2021 05:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8944
[thumbnail of 125030100111155_MUHAMMAD ILHAM ABEDNEGO ELSYA CHRISTIAN.pdf]
Preview
Text
125030100111155_MUHAMMAD ILHAM ABEDNEGO ELSYA CHRISTIAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item