Aksesibilitas Pejalan Kaki Di Terminal Arjosari Malang

Hasan, Faradina (2018) Aksesibilitas Pejalan Kaki Di Terminal Arjosari Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Terminal penumpang merupakan titik simpul dalam jaringan transportasi yang memengaruhi sistem transportasi pada suatu kota, selain itu terminal merupakan suatu fasilitas umum yang diperuntukkan bagi semua orang bahkan pengguna dengan keterbatasan fisik atau dengan kebutuhan khusus. Aksesibilitas merupakan salah satu faktor penting dalam operasional terminal, dan aksesibilitas pejalan kaki merupakan prioritas utama dalam sistem transportasi. Terminal Arjosari merupakan terminal utama dan satu-satunya terminal tipe A di Kota Malang. Pasca mengalami renovasi tahap I, hingga saat ini belum dilanjutkan pada renovasi tahap selanjutnya, sedangkan operasional terminal harus berjalan untuk menunjang sistem transportasi lokal-nasional. Penelitian ini bertujuan mengamati sejauh mana aksesibilitas pejalan kaki terhadap pencapaian dan sirkulasi di terminal dan sekitarnya pasca mengalami renovasi tahap I tersebut. Penelitian serupa pernah dilakukan pada Terminal Purabaya dan Terminal Kalideres. Pengamatan aksesibilitas ditinjau dari aspek-aspek aksesibilitas yang berasal dari teori, peraturan pemerintah dan standar-standar umum aksesibilitas. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan observasi lapangan untuk memperoleh data mengenai kondisi fisik eksisting lapangan, pemetaan perilaku pengguna dan wawancara terstruktur dengan kuesioner untuk memperoleh penilaian pengguna terhadap kondisi aksesibilitas jalur pejalan kaki di Terminal Arjosari. Masing-masing data dianalisis dan disintesis berdasar asas aksesibilitas yaitu keamanan, kemudahan, kegunaan dan kemandirian secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah seberapa jauh aksesibilitas bagi pencapaian dan sirkulasi pejalan kaki di Terminal Arjosari. Hasil penelitian menunjukkan minimnya prasarana pejalan kaki di luar terminal menyebabkan rendahnya aksesibilitas untuk pencapaian Terminal Arjosari. Selain itu, keterhubungan antara jalur pejalan kaki di dalam dan di luar terminal dapat memengaruhi jarak tempuh dan kemudahan pejalan kaki mencapai tujuan. Keterhubungan jalur pejalan kaki yang buruk di Terminal Arjosari, menyebabkan banyak aktivitas pejalan kaki yang tidak seharusnya, seperti berjalan pada jalur sirkulasi kendaraan. Hasil penelitian diarahkan menjadi rekomendasi untuk peningkatan aksesibilitas di Terminal Arjosari dalam peningkatan kualitas terminal seiring dengan pembangunan terminal pada tahap-tahap berikutnya, serta menghasilkan kriteria-kriteria bagi perancangan pencapaian dan sirkulasi terminal penumpang yang aksesibel untuk semua pengguna.

English Abstract

Passanger terminal or interchange is a nodes in the transportation network that work on the whole city transportation systems. As a public facilities, interchanges or terminals are intended for everyone, even the people with disabilities or people with special requirement. Accessibility is an important factors in terminal or interchange operational. Therefore in transportation system hierarchy, pedestrian accessibility is in the top priority. Terminal of Arjosari as the main interchange in Malang, after undergo the first phase of terminal’s renovation, it hasn’t been go any further untill now on. Although the operational of terminal must be run everyday in need to support the local-national transportation system. The purpose of this research is to observe how far the pedestrian accessibility in Terminal of Arjosari and its surroundings toward the access and circulation of the passengers. The Accessibility research is perform by the accessibilitty aspects from some theories, goverment regulations, and some general standard for accessibility. The research method is descriptive-qualitative with observation as the data retrieval method to collect the extisting data of the pedestrian ways, supported by behavioral mapping and questionnaire to gain the occupant perspective of pedestrian ways condition in Terminal of Arjosari. Each data are analyzed and systhesized based of the principe of accessibility that is safety, convinience, usage and independency that explained in narrative or descriptive. Result of this research is how far is the pedestrian accessibility for passenger access to the main facilities and circulation. The result shows that lack of pedestrian infrastructure, mostly around the terminal cause bad accessibility quality for passenger to reach the terminal and its main facilities. Beside that, the connectivity between the circulation inside the terminal and outside affect the walking distance for pedestrian and ease of pedestrian to reach the main facilities of the terminal. Poor quality of that connctivity in Terminal of Arjosari cause some occupant activity that are not supposed to happened such as pedestrians that walk along the vehicle circulation area. The results are geared to form some recomendation to improve the pedestrian accessibility in Terminal of Arjosari as the revovation goes in the future, and also gain some accessibility criteria for interchange design.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/1153/051801327
Uncontrolled Keywords: aksesibilitas, pejalan kaki, terminal, accessibility, pedestrian, terminal
Subjects: 700 The Arts > 711 Area planning (civic art) > 711.7 Transportation facilities > 711.74 Pedestrian transportation facilities
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 09 Feb 2018 02:56
Last Modified: 12 Nov 2020 16:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8848
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item