Implementasi Program Sistem Aplikasi Masyarakat Bertanya Terpadu (Sambat) Sebagai Media Baru Dalam Pelayanan Pengaduan Masyarakat (Studi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang)

Saputra, El Vasya Lingga (2017) Implementasi Program Sistem Aplikasi Masyarakat Bertanya Terpadu (Sambat) Sebagai Media Baru Dalam Pelayanan Pengaduan Masyarakat (Studi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan pemerintahan sekarang merupakan sesuatu yang sering kita dengar dengan istilah electronic government atau e-government. Peningkatan penggunaan internet secara global yang mengintegrasikan teknologi informasi dengan reformasi administrasi publik telah menempatkan e-government sebagai hal penting dalam agenda modernisasi pemerintahan. E-government menjanjikan keuntungan untuk mendukung pemerintah yang lebih efisien, efektif, lebih tanggap dengan ketepatan waktu, lebih transparan, akuntabilitas, partisipasi serta mempercepat upaya pencapaian sasaran terhadap peningkatan kualitas, kinerja aparatur negara dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik yang baik, mudah diakses oleh masyarakat luas. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di Kota Malang dengan situs penelitian Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis model interaktif milik Miles, Huberman dan Saldana (2014: 12-14) yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau menverifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program pengaduan masyarakat secara online oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang sebagai pelaksana telah memenuhi lima kriteria dari enam program menurut Dunn (2003:610). Kriteria yang terpenenuhi adalah kriteria efektivitas, kecukupan, pemerataan,ketepatan, dan responsivitas. Beberapa faktor pendukung pada pelaksanaannya adalah dasar hukum dan sarana prasarana yang lengkap, Namun pengaduan yang masuk di website pengaduan masyarakat secara online terkadang menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan program ini, karena masih ada beberapa pengaduan yang masuk ke website resmi tetapi tidak memenuhi syarat Standar Pelayanan Publik (SPP) yang jelas yaitu SK Kepala Dinas Kominfo Kota Malang Tentang Standar Prosedur Pelayanan Pengaduan secara Online, yang kedua sarana dan prasarana yang disediakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang dalam pelaksanaan program pengaduan masyarakat secara online ini. Sehingga perlu adanya sosialisasi rutin terhadap masyarakat Kota Malang minimal setiap bulan dua kali, serta mengadakan pertemuan rutin minimal setiap bulan satu kali antar Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang dengan semua SKPD Kota Malang.

English Abstract

The use of information technology in government activity right now is something that we often hear the term electronic government or e-government. Increased use of the Internet globally integrating information technology with public administration reform has been put e-government as key factors in government modernization agenda. E-government promise profits to support a government that is more efficient, effective, more responsive to the timeliness, more transparency, accountability, participation and accelerate efforts to achieve the goal to improving the quality, performance of the state apparatus in the framework of the implementation of good public services, accessible to the public large. This research uses descriptive research with a qualitative approach. The research location is housed in Malang with research sites Communications and Information Agency of Malang city. The analytical method used in this research is the analysis method belongs to Miles, Huberman and Saldana (2014: 12-14) interactive model consisting of condensation, data presentation, and drawing conclusions or verification. The results of this study indicate that the implementation of the program of public complaints online by the Communications and Information Agency of Malang as the executor has met the five criteria of program by Dunn (2003: 610). Fulfilled criteria are the criteria of effectiveness, adequacy, equity, and accuracy. Some of the factors supporting the implementation is a legal basis and infrastructure complete, however complaints received on the website of the public complaints online can sometimes be a limiting factor in the implementation of this program, because there are still some complaints that go to the official website but do not qualify Standard Public Service (SPP) SK Head of Communications and Information Technology Malang About Standard Procedures Complaint Online, which both facilities and infrastructure provided by the Department of Communication and Information Malang in implementation of the program's online public complaint. So it needs regular dissemination to the public at least once every month Malang twice, as well as holding regular meetings at least once every month one between the Office of Communications and Information Malang with all SKPD of Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1260/051801434
Uncontrolled Keywords: E-government, Inovasi program, Pengaduan Masyarakat Online
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.7 Public administration of commerce, communications, transportation > 354.75 Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 08 Feb 2018 07:26
Last Modified: 26 Oct 2021 04:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8821
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (891kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item