Kekuatan Visual Makanan Pada Instagram Dalam Membangkitkan Persepsi Audiens Terhadap Rasa (Studi Kualitatif Deskriptif pada akun Instagram daily catering @bgersfood dan @healthnfitmlg)

Candra, Aulia Adistya (2017) Kekuatan Visual Makanan Pada Instagram Dalam Membangkitkan Persepsi Audiens Terhadap Rasa (Studi Kualitatif Deskriptif pada akun Instagram daily catering @bgersfood dan @healthnfitmlg). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemasaran melalui media sosial atau social media marketing telah menjadi bentuk paling kontemporer untuk melakukan pemasaran. Media sosial berupa Instagram telah menjadi suatu platform penting untuk pemasaran. Dan dengan banyaknya jumlah pemasar yang ada di Instagram, maka semakin penting pula pemasar memahami cara memasarkan produk atau jasanya di media sosial Instagram. Penelitian ini mengkhususkan penelitian terhadap dua akun Instagram daily catering (foodies) dan kemampuan pesan visual yang ada dalam akun masing-masing dalam membangun persepsi audiens terhadap rasa, bagaimana sebuah pesan visual dapat berpengaruh secara afektif (emosi) terhadap seseorang sehingga menimbulkan rasa tergugah melalui indera penglihatan saja. Metode dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif, dengan menggunakan riset audiens yang dilakukan pada sebelas informan melalui wawancara mendalam semi-terstruktur. Hasil dan atau temuan dari penelitian ini menyatakan ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap secara afektif (emosi) ketika seseorang melihat gambar makanan, yaitu isolasi objek dalam gambar, prinsip penekanan atau dominasi dalam gambar, warna dalam gambar dan personal taste seseorang yang berada di bawah naungan estetika visual. Temuan utama yang menjadi interpretasi hasil dalam penelitian ini ialah pentingnya fokus dalam sebuah gambar untuk menciptakan pengaruh afektif (emosi) seseorang hingga dapat menciptakan sebuah keterlibatan berupa apresiasi, yang di dalam penelitian ini tersalurkan melalui pemberian like pada gambar-gambar dalam akun Instagram daily catering yang menjadi preferensi.

English Abstract

Marketing through social media or more known as social media marketing has been a way to market products. The social media, Instagram, has become a platform to do so. With the increasing marketer on Instagram, it is crucial to understand how to market products on the social media, Instagram. This research in particular is of two daily catering Instagram (foodies) and its visual message’s ability to convey the message in order to build the audience’s perception of taste, how a visual message can have such an impact affectively (emotionally) so therefore one could imagine how the food tastes like based on visuals only. The method applied for this research is descriptive qualitative, supported by audience research that is conducted on eleven respondents through a semi-structured in-depth interview. The outcome of the research shows that there are a few factors that is linked to one’s affectiveness (emotional) when seeing food images, those are the focal point in an image, the composition principal in an image, color in image and personal taste. These factors are all under the roof on visual asthetics. The main finding in this research is that focus in an image plays a huge part in effecting someone affectively (emotionally), thus birthing in involvement that is appreciation, in which in this research is portrayed in giving a like on the images of the preferred Instagram daily catering account.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/1134/051800423
Uncontrolled Keywords: Estetika visual, dimensi afektif, emosi, foodies, Visual aesthetics, affective dimension, emotion, foodies.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.872 Telemarketing and direct marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 01 Feb 2018 08:50
Last Modified: 15 Oct 2020 06:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8671
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item