Perlindungan Hak Cipta Atas Karya Sinematografi Terhadap Tindakan Penyiaran Kembali Secara Langsung (Real Streaming) Melalui Media Internet (Kajian berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik),

Lestari, Indah Milana (2017) Perlindungan Hak Cipta Atas Karya Sinematografi Terhadap Tindakan Penyiaran Kembali Secara Langsung (Real Streaming) Melalui Media Internet (Kajian berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan mengenai penyiaran kembali karya sinematografi khususnya film yang sedang diputar dalam bioskop maupun televise melalui media internet dan media sosial secara langsung (real streaming) tanpa adanya izin terlebih dahulu. Pilihan tema tersebut dilatar belakangi oleh adanya kasus penyiaran kembali secara langsung film Warkop DKI Reborn pada September 2016 melalui aplikasi media sosial Bigolive. Aplikasi ini menyediakan layanan untuk melakukan siaran langsung secara bebas untuk waktu yang tidak terbatas, sehingga ada pengguna yang ternyata menggunakan aplikasi tersebut untuk merekam film dari awal hingga akhir dan dapat dilihat langsung oleh pengguna aplikasi Bigolive lain, dan terhapus secara otomatis setelah siaran langsung berakhir. Berdasarkan uraian diatas, skripsi ini mengangkat perumusan masalah: (1) Bagaimana perlindungan Hak Cipta atas karya sinematografi terhadap tindakan penyiaran kembali secara langsung (real streaming) melalui media internet atau media sosial? (2) Bagaimana upaya hukum yang dapat ditempuh oleh pemegang Hak Cipta karya sinematografi terhadap tindakan penyiaran kembali secara langsung (real streaming) melalui media internet atau media sosial? Penulisan laporan penelitian skripsi ini menggunakan metode yuridis normatif, dengan metode pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan kasus (case approach). Bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang diperoleh peneliti akan dianalisis dengan menggunakan teknik interpretasi gramatikal yaitu dengan mencari, mengumpulkan dan menelusuri dan menginterpretasi kata-kata dalam bahan-bahan hukum seperti peraturan dan pasal untuk menjawab permasalahan yang diangkat, sehingga dapat ditarik kesimpulan untuk pemecahan masalah dalam penelitian hukum ini. Dari hasil penelitian diatas, peneliti memperoleh jawaban bahwa perlindungan Hak Cipta yang diberikan berupa pengawasan terhadap karya sinematografi dalam dunia maya dari Pemerintah dan adanya tindakan penutupan atau pemblokiran akses pada media atau pemilik akun media sosial yang melakukan pelanggaran. Selain itu upaya hukum yang dapat ditempuh dapat melalui jalur damai penyelesaian sengketa, arbitrase, maupun jalur pengadilan.

English Abstract

In this thesis, the author raised the issue regarding the broadcasting of cinematographic works back in particular films that are being screened in the cinema or tv through the medium of the internet and social media in live (real streaming) without prior permission. The event will be based on themes by the existence of a case of real streaming, Warkop DKI Reborn the movie in September 2016 through social media applications Bigolive. This application provides a service to do a live broadcast for free, for an unlimited time, so there are users who use the application to record a movie from start to finish and can be viewed directly by users of the application to other Bigolive, and being erased automatically after the live broadcast ends. Based on explanation above, this thesis raised the formulation of the problem: (1) How’s the protection of the copyright on the work of the cinematography against rebroadcasting by real streaming through internet media or social media? (2) How’s the remedy which can be reached by the copyright holders of works of cinematographic against rebroadcasting by real streaming through internet media or social media? This thesis research using methods of juridical normative approach method, by statute approach and case approach. The primary, secondary, and tertiary legal materials, will be analyzed with the use of grammatical interpretation techniques which is to search, collect and browse and interpret words in the legal materials such as regulations and section to answer the issue raised, so that the conclusions can be drawn for problem solving in legal research. The results of the above research, researchers obtain answers that copyright protection is given in the form of supervision of cinematography in the virtual world by the Government and the action of closing or blocking access to the media or social media account owners who did the offence. In addition to this remedy which can be reached through a path of peaceful resolution of disputes, arbitration, as well as the lines of the court (litigation).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2017/148/051705937
Uncontrolled Keywords: Hak Cipta, Pencipta, Karya Sinematografi, Penyiaran Langsung
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.04 Property > 346.048 Intangible property > 346.048 2 Copyright
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 31 Jul 2017 06:52
Last Modified: 14 Sep 2020 06:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/865
[thumbnail of Bagian Depan (1).pdf] Text
Bagian Depan (1).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (648kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (709kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (537kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (418kB)

Actions (login required)

View Item View Item