Analisis Dan Pemodelan Proses Bisnis Bidang Pelayanan Perizinan Menggunakan Business Process Model And Notation (BPMN) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Kota Malang)

Rahmawati, Dwi (2017) Analisis Dan Pemodelan Proses Bisnis Bidang Pelayanan Perizinan Menggunakan Business Process Model And Notation (BPMN) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bidang pelayanan perizinan Pemerintah Kota Malang terdapat 12 proses bisnis pelayanan perizinan yang aktif. Pelaksanaan tugas dan tanggung jawab masih belum memiliki dokumen SOP (Standard Operating Procedure) yang dikarenakan perubahan struktur organisasi. Selain itu dalam kegiatan pelayanan publik ini memerlukan waktu yang cukup lama dan tidak menentu karena banyak terdapat pelimpahan tugas dari dinas lain yang masih belum diproses dan banyak para petugas yang belum mendapatkan Pendelegasian PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dan SPMT (Surat Perintah Mengerjakan Tugas ) dari Walikota Kota Malang.Oleh karena itu dengan pemaparan permasalahan yang ada, penelitian menerapkan konsep Bussiness Process Management (BPM) untuk melakukan analisis 12 proses bisnis pelayanan perizinan di bidang perizinan Kota Malang dan mengetahui beberapa kemungkinan permasalahan yang terjadi pada proses bisnis tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis dan memodelkan proses bisnis saat ini (as-is) pada bidang pelayanan perizinan. metodologi penelitian yang digunakan dengan studi literatur dan pengumpulan data dari wawancara, observasi, dan beberapa dokumen pendukung. Proses bisnis diidentifikasi dengan menggunakan Value Chain for Service, Konsep Abstraksi pada Bussiness Process Modelling Foundation, dan RACI Chart. Proses bisnis tersebut dimodelkan menggunakan standar pemodelan Bussiness Process and Notation ( BPMN) versi 2.0.

English Abstract

Bidang Pelayanan Perizinan Government of Malang City currently has 12 business business processes. The implementation of duties and responsibilities still do not have a SOP (Standard Operating Procedure) document that caused by change of organizational structure. In addition, in this public service activity takes a long time and uncertain because there are many tasks from other departments that have not been processed and many of the officers who have not received the Delegation of PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) and SPMT (Surat Perintah Mengerjakan Tugas) From the Mayor of Malang City. That’s way have some issues both within the organization, and outside the organization. Therefore, with the explanation of the existing problems, the research applying the concept of Business Process Management (BPM) to perform 12 business process analysis of licensing services in the field of licensing Malang City and find out some possible problems that occured in the business process. This study aims to analyze and model the current business process (as-is) in the field of licensing services. Research methodology used with literature study and data collection from interviews, observations, and supporting documents. Business processes are identified using by Value Chain for Service, Abstraction Concepts on Bussiness Process Modeling Foundation, and RACI Chart. The business process is modeled used the standard modeling of Business Process and Notation (BPMN) version 2.0.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/302/051705546
Uncontrolled Keywords: Proses Bisnis, Bussiness Process Model And Notation (BPMN)
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 003 Systems > 003.3 Computer modeling and simulation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 31 Jul 2017 04:24
Last Modified: 28 Sep 2020 09:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/846
[thumbnail of Rahmawati, Dwi.pdf]
Preview
Text
Rahmawati, Dwi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item