Analisis MInat dan Risiko dalam penggunaan Whaff Reward dengan menggunakan Model TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Sambora, Richie Mahfud Ahmed (2017) Analisis MInat dan Risiko dalam penggunaan Whaff Reward dengan menggunakan Model TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sulitnya mendapatkan pekerjaan bukan lagi masalah yang baru untuk masyarakat umum khususnya warga Indonesia. Teknologi yang berkembang dengan pesat menjadikan masyarakat untuk membuka wawasannya untuk mencari penghasilan dari internet. Salah satunya dengan menggunakan Whaff Reward. Sekitar 10.000.000 pengguna sudah menggunakan Whaff Reward (Android Playstore, 2017). Whaff Reward merupakan media advertising sekaligus aplikasi Paid per Download dengan segmen developer dan pengguna itu sendiri. Diantaranya banyaknya penyerangan pada keamanan sistem e-money akan memicu kekhawatiran pengguna aplikasi Whaff Reward. Pada penelitian kali ini, peneliti melakukan sebuah analisis parametrik untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang membuat pengguna Whaff Reward di Indonesia menggunakan Whaff Reward. Dengan menggabungkan beberapa model yaitu Technology Acceptance Model (TAM), Trust, Perceived Risk dan Theory of Planned Behavior (TPB). Pengumpulan sampel data dengan kuesioner yang disebar secara online dan dianalisis dengan metode Regresi Linier. Populasi dari penelitian ini adalah pengguna Whaff Reward dengan umur diantara 15 tahun hingga umur 60 tahun yang tersebar di Indonesia. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 154 data untuk jumlah minimal berjumlah 100 orang menggunakan formula Slovin. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah Kuesioner Berbasis Web (web-based survey). Peneliti memilih menggunakan metode ini karena dengan menggunakan metode ini maka kriteria sampel yang diambil dapat tepat sasaran, cepat terkumpul dan benar-benar sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan begitu data yang dihasilkan akan lebih akurat dan dapat sesuai dengan tujuan penelitian yang dilakukan. Pengukuran nilai dari data menggunakan skala linkert. Sebelum melakukan analisis data menggunakan metode regresi linier melewati beberapa tahap diantaranya Screening Data, Uji Asumsi Dasar dan Uji Asumsi Klasik. Di dalam Screening data dibagi menjadi 3 tahap, yaitu Missing Data, Uji Outlier, dan Uji Kaiser-Meyer-Olkin. Untuk Uji Asumsi Dasar dibagi menjadi 3 tahap, yaitu Uji Normalitas, Uji Linieritas dan Uji Homogenitas. Untuk Uji Asumsi Klasik dibagi menjadi 3 tahap, yaitu Uji Heterokedastisitas dan Uji Multikolinieritas. Data dinyatakan lolos uji untuk melakukan uji Regresi Linier. Dari 20 hipotesis yang disediakan terdapat 15 hipotesis secara parsial dan 5 hipotesis secara simultan. Setelah melakukan pengujian terdapat 15 hipotesis diterima dan 5 hipotesis yang di tolak. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa pengguna di Indonesia menggunakan Whaff Reward karena merasa memiliki hasil yang dapat dirasakan, memberi keuntungan untuk dirinya, pengaruh dari orang terdekat, infrastruktur yang tersedia, perasaan percaya akan komitmen yang diberikan organisasi, reputasi yang baik dari organisasi serta pengalaman yang positif yang di peroleh saat menggunakan Whaff Reward.

English Abstract

The difficulty of getting a job is no longer a new problem for the public, especially Indonesian citizens. Technology is growing rapidly making the public to open his insight to earn money from the internet. One of them by using Whaff Reward. About 10,000,000 users are already using Whaff Reward (Android Playstore, 2017). Whaff Reward is an advertising medium as well as Paid per Download application with a segment of developers and users themselves. Among the many attacks on the security of e-money system will trigger the worries of Whaff Reward application users. In this study, researchers conducted a parametric analysis to determine what factors make Whaff Reward users in Indonesia using Whaff Reward. By combining several models of Technology Acceptance Model (TAM), Trust, Perceived Risk and Theory of Planned Behavior (TPB). The collection of data samples with questionnaires that are distributed online and analyzed by Linear Regression method. The population of this study is the user Whaff Reward with age between 15 years to age 60 years spread in Indonesia. The number of samples used in this study amounted to 154 data for the minimum amount of 100 people using the Slovin formula. Data collection method is a Web-Based Questionnaire (web-based survey). Researchers choose to use this method because by using this method the sample criteria taken can be on target, quickly collected and really in accordance with predetermined criteria. Thus the resulting data will be more accurate and can be in accordance with the purpose of research conducted. Measurement of values from data using linkert scale. Before performing data analysis using linear regression method through several stages such as Screening Data, Basic Assumption Test and Classic Assumption Test. In Screening data is divided into 3 stages, namely Missing Data, Test Outlier, and Kaiser-Meyer-Olkin Test. For Basic Assumption Test is divided into 3 stages, namely Normality Test, Linearity Test and Homogeneity Test. For Classical Assumption Test is divided into 3 stages, namely Heterocedasticity Test and Multicolinearity Test. The data passed test to do the test of Linear Regression. Of the 20 hypotheses provided there are 15 hypotheses partially and 5 hypotheses simultaneously. After doing the test there are 15 hypotheses accepted and 5 hypothesis in rejection. The results of this study show that users in Indonesia use Whaff Reward because they feel they have perceived results, benefit themselves, the influence of the nearest people, the available infrastructure, the feeling of trust in the organization's commitment, the good reputation of the organization and the experience positive results obtained when using Whaff Reward

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/816/051800639
Uncontrolled Keywords: Whaff Reward, Technology Acceptance Model, Trust, Theory of Planned Behavior, Risk, Regresi Linier
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.068 Information technology--Management
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Jan 2018 02:06
Last Modified: 30 Nov 2020 13:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8444
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item