Pengaruh Visual Warna Dan Ukuran Gelas Terhadap Persepsi Multisensoris Kopi Robusta Dampit Menggunakan Metode Rata (Rate-All-That-Apply)

Hardiyanti, Kamila Naily (2017) Pengaruh Visual Warna Dan Ukuran Gelas Terhadap Persepsi Multisensoris Kopi Robusta Dampit Menggunakan Metode Rata (Rate-All-That-Apply). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kopi robusta merupakan 80% jenis kopi yang di ekspor dari Indonesia. Kabupaten Dampit adalah salah satu daerah yang dikenal sebagai salah satu penghasil kopi robusta di Jawa Timur. Metode penyeduhan kopi pada penelitian ini menggunakan pour over Hario V60 untuk mendapatkan seduhan kopi tanpa ampas. Beberapa faktor yang mempengaruhi persepsi multisensoris konsumen adalah warna dan ukuran gelas. Telah banyak studi yang membuktikan warna dari wadah makanan atau minuman mampu mempengaruhi persepsi multisensoris konsumen, serta perbedaan ukuran wadah dapat mempengaruhi jumlah porsi konsumsi. Hal ini mendorong dilakukan penelitian persepsi multisensoris minuman kopi robusta dampit dengan perlakuan ukuran Gelas ( 2, 3 dan 4 oz) dan perbedaan warna dari visual. Perbedaaan visual warna yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan pemakaian kacamata warna (merah, hijau dan biru) sebagai alternatif inovasi pada peralatan terbatas, serta perlakuan tanpa menggunakan kacamata (nonkacamata) sebagai pembanding. Penentuan hasil atribut sensori dilakukan dengan menggunakan metode RATA (Rate-All-That-Apply) untuk mengetahui atribut yang berbeda nyata kemudian dianalisa menggunakan ANOVA GLM (General Linier Model) dan uji lanjut Tukey pada faktor visual warna dan uji lanjut Fisher pada faktor ukuran gelas untuk mengetahui perbedaan intensitas tiap perlakuan. Rerata hasil dari masing-masing atribut dianalisa dengan Spider Chart. Hasil Uji kesukaan sampel dianalisa dengan Uji Friedman serta Uji Penerimaan dengan uji 1-propotion. Hasil penelitian sensoris terhadap panelis (n=140), ada 5 atribut berbeda nyata (nilai-p <0,05) yaitu aroma gosong, flavor gosong, taste pahit, aftertaste pahit dan mouthfeel sepat. Kelima atribut tersebut memberikan berbeda nyata pada faktor visual warna dan pada faktor ukuran gelas berbeda nyata terhadap atribut aroma gosong, namun tidak adanya interaksi antar faktor karena nilai-p > 0,05 . Perlakuan nonkacamata memberikan intensitas tertinggi pada semua atribut dan perlakuan kacamata merah, hijau dan biru pada uji lanjut tidak berbeda nyata. Meski demikian jika dilihat dari rerata, atribut aroma gosong, flavor gosong, dan mouthfeel sepat panelis merasa intensitas lebih tinggi pada perlakuan kacamata biru dibandingkan dua kacamata lainnya. Pada atribut taste pahit dan aftertaste pahit intensitas lebih tinggi pada kacamata merah. Faktor ukuran gelas memberikan pengaruh nyata pada atribut aroma gosong dengan intensitas tertinggi dirasa pada ukuran gelas 2 oz. Berdasarkan hasil uji kesukaan, sampel yang paling disukai pada perlakuan kacamata biru (4 oz), serta panelis menerima semua perlakuan pada sampel.

English Abstract

Robusta coffee is 80 % of the coffee species exported from Indonesia. Dampit regency is known as producers of robusta coffee in East Java. Brewing mehod in this study using pour over Hario V60 to get the brewed coffee without waste coffee ground. There are several factors that influence consumer multisensory perception are colour of container and cup size. There have been many studies that prove the color of food/beverage containers can influence the perception of multisensory consumers, as well as differences in the size of container can affect the amount of consumption portion. The introduction studies led to do search of brewed Dampit’s robusta coffee with cup size treatment (2, 3 and 4 oz) and colour difference from visual. The difference of colour visual in this study uses colored glasses (red, green and blue) as an alternative to innovation on limited equipment, and treatment without using glasses (unglasses) as a comparison. The determination od sensory attribute result was done by using RATA (Rate-All-That-Apply) method, to find out the significant attributes then analyzed using ANOVA GLM (General Linier Model) and Tukey test on colour visual and Fisher test on cup size to know the difference of intensity of each treatment. The average result of each attribute are analyzed with the Spider Chart. The preference test analyzed by Friedman Test and Acceptance Test by 1-propotion test. The result of sensory research on panelists (n=140), there are 5 significant attributes (p-value <0.05) that brown aroma, brown flavor, bitter taste, bitter aftertaste and astringent mouthfeel. These five attributes give significant difference in the colour visual factor and the cup size factor is significantly different from brown aroma , but there is no interaction between two factors due to p-value >0.05. nonglasses treatment provided the highest intensity in all attributes and treatment of red green and blue glasses was not significantly different. However from the average,the attributes of brown aroma, brown flavor and astringent mouthfeel respondents feel higher intensity in thetreatment on blue glass. Otherwise at bitter taste and bitter aftertaste attributes higher intensity on red glasses. The factor of cup size give a significant effect on the brown aroma with the highest intensity in cup size of 2 oz. Based on preference test result, the most preffered sampel in the treatment of blue glass (4 oz), as well as the panelist received all treatment o the sample.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2017/719/051712628
Uncontrolled Keywords: Kopi Robusta Dampit, RATA, Ukuran Gelas, Visual Warna
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 663 Beverage technology > 663.9 Nonalcoholic brewed beverages > 663.93 Coffee
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 23 Jan 2018 03:55
Last Modified: 04 Nov 2021 06:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8327
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (822kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (982kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (846kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (489kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item