Strategi Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Industri Batik Pamekasan (Studi Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pamekasan)

Latifah, Deny (2017) Strategi Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Industri Batik Pamekasan (Studi Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pamekasan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan dalam sektor industri yang pada saat ini menjadi potensi yang cukup besar untuk dikembangkan adalah sektor industri batik. Kabupaten Pamekasan merupakan salah satu satu daerah yang memiliki banyak industri batik yang tersebar di 8 kecamatan dari 13 kecamatan yang ada di Pamekasan. Terdapat sekitar 3542 pengrajin batik di Pamekasan, namun tidak semuanya dapat dinilai produktif. Hal ini menunjukkan pengembangan industri batik yang ada belum dapat berkembang baik. Melihat hal tersebut maka peneliti ingin mengetahui strategi apa yang digunakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pamekasan dalam pengembangan industri batik Pamekasan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Strategi yang digunakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pamekasan yaitu peningkatan desain batik dengan pelatihan dan pendampingan serta pelaksanaan batik selain itu juga peningkatan pemasaran dengan promosi batik dan fasilitasi pemasaran batik. Strategi yang dilaksanakan akan menghadapi beberapa tantangan kedepannya diantaranya keberlangsungan produksi yang belum tersentuh oleh pemerintah, ketersediaan bahan baku, ancaman batik printing, fasilitas pemasaran lokal belum maksimal. Melihat tantangan yang ada peniliti menggunakan analisis TAIDA untuk mengetahui bagaimana manajemen strategi yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pamekasan. Peneliti memberikan strategi alternatif yang bisa digunanakan untuk menghadapi tantangan yang ada yaitu mengoptimalkan pemasaran lokal melalui sosialisai, estimasi kebutuhan batik lokal dengan menghitung kebutuhan batik untuk pelajar hingga pegawai yang ada di Pamekasan, melaksanakan pameran di daerah dan memperhatikan kondisi pasar batik. Peneliti juga memberikan saran, diantaranya pemerintah menjamin keberlangsungan produksi dengan mengoptimalkan pemasaran lokal, melakukan sosislai, meningkatkan promosi dan pemasaran, melakukan pameran besar se-Kabupaten Pamekasan,dan sebaiknya model pemasaran ditata ulang.

English Abstract

Development in industrial sector which at this time become big enough potency to be developed is batik industry sector. Pamekasan regency is one area that has many batik industries spread in 8 districts of 13 districts in Pamekasan. There are about 3542 batik craftsmen in Pamekasan, but not all of them can be considered productive. This shows the development of batik industry that has not been able to grow well. Seeing this, the researcher wanted to know what strategy used by Industry and Trade Office of Pamekasan Regency in the development of Pamekasan batik industry. The type of research used is descriptive with qualitative approach. Data were collected through interviews, observation, and documentation. The strategy used by the Department of Industry and Trade of Pamekasan Regency is the improvement of batik design with training and mentoring as well as the implementation of batik in addition to the improvement of marketing with the promotion of batik and the facilitation of batik marketing. The strategy implemented will face several challenges in the future such as the sustainability of production that has not been touched by the government, the availability of raw materials, the threat of batik printing, local marketing facilities have not been maximized. Seeing the challenges of existing researcher using TAIDA analysis to find out how strategy management is done by Pamekasan District Office of Industry and Trade. Researcher provide alternative strategies that can be used to overcome the existing challenges of optimizing local marketing through socialization, estimation of local batik needs by calculating the needs of batik for students in Pamekasan, carrying out exhibitions in the region and paying attention to batik market conditions. Researcher also provide suggestions, including the government to ensure the sustainability of production by optimizing local marketing, conducting sausages, increasing promotion and marketing, conducting large exhibitions in Pamekasan Regency, and should be reorganized marketing model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/421/051705592
Uncontrolled Keywords: Strategi, Industri Batik, TAIDA, Batik Tulis.
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.7 Public administration of commerce, communications, transportation > 354.73 Commerce
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 31 Jul 2017 01:49
Last Modified: 25 Nov 2020 10:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/825
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (950kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (460kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (364kB)

Actions (login required)

View Item View Item