The Use of PPP Strategy in Teaching Elementary Grammar Class in SMART ILC, Pare

Pandhi, Eko Aristiyo (2017) The Use of PPP Strategy in Teaching Elementary Grammar Class in SMART ILC, Pare. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Elementary Grammar (EG) adalah satu dari lima progam tata bahasa SMART ILC di Pare, Kediri yang memiliki program yang unik. Hal tersebut dapat dilihat dari strategi dalam mengajar, materi ajar yang mengadaptasi struktur dan ungkapan bagian tes TOEFL, tiga kali pertemuan dalam sehari, dan pembagian kelas ke dalam main class dan study club. Dalam memberikan materi, tutor menggunakan presentasi dengan memperkenalkan kata atau kalimat yang berhubungan dengan materi yang akan diberikan. Hal tersebut mengindikasikan penggunaan strategi PPP di SMART ILC. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi PPP digunakan di SMART ILC, termasuk kekuatan dan kelemahan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah tiga tutor dan 16 siswa Elementary Grammar di SMART ILC. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tabel observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan, dan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Instrumen penelitian dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori Harmer (2007) untuk selanjutnya divalidasi oleh pakar EFL. Data dianalisis dengan menggunakan triangulasi dan dijelaskan secara naratif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi PPP digunakan dalam pengajaran EG di SMART ILC diterapkan ke dalam dua tahap, yaitu tahap presentasi dan tahap praktik tanpa tahap memproduksi suatu redaksi baru secara tertulis maupun lisan. Tahap presentasi dilakukan dengan memberikan beberapa kata sebagai contoh. Grammar Translation Method ditemukan pada tahap presentasi saat tutor menerjemahkan kalimat untuk melakukan analisis. Tahap praktik meminta siswa untuk mengulang materi secara bersama maupun individu dengan juga memberikan petunjuk. Silent Way ditemukan saat tutor menunjuk materi di papan tulis menggunakan alat tulis untuk membimbing siswa menjelaskan kembali materi secara bersama. Tahap produksi tidak ditemukan karena siswa hanya diminta untuk menganalisis kalimat tanpa memproduksi redaksi baru.

English Abstract

Elementary Grammar (EG) class is one of five grammar programs of SMART ILC in Pare, Kediri that has unique program. It can be seen from its strategy in teaching, the material that adapts structure and written expressions sections of TOEFL test, three meetings in a day, and class division into main class and study club. In delivering material, the tutor used presentation by introducing the words or sentences related to the material which indicates PPP strategy use in SMART ILC. Therefore, this study was conducted to know how the PPP strategy was used in SMART ILC, including what the strengths and weaknesses of the strategy were. The design of this study was a case study with descriptive qualitative research approach. The subject of this study were three tutors and 16 students of EG class at SMART ILC. The data were obtained by using observation checklist, interview guide, field notes, and questionnaire as instruments which were developed by the researcher based on Harmer’s (2007) theory to be further validated by EFL expert. The data were analyzed by using triangulation and described narratively. The findings showed that the PPP strategy used in teaching EG at SMART ILC applied two stages, namely Presentation and Practice without any Production. The Presentation stage was done by giving some verbs to elicit the students’ grammar knowledge. Grammar Translation Method was found in the Presentation stage when the tutor translated sentences to do contrastive analysis. The Practice stage was done by choral repetition, individual repetition, and cue-response drills. Silent Way was found when the tutor pointed the material on white board to guide the students to re-explain the material chorally. The Production stage was not applied in SMART ILC because the students were only asked to analyze the sentence and change the tense to another instead of producing new language.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/834/051800408
Uncontrolled Keywords: PPP strategy, teaching strategy, elementary grammar, SMART ILC.
Subjects: 400 Language > 425 Grammar of standard English
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Jan 2018 09:02
Last Modified: 05 Oct 2020 16:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8147
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item