Peran Guru Sebagai Motivator Dan Inisiator Dalam Novel Madogiwa No Totto Chan (窓際のトットちゃん) Karya Tetsuko Kuroyanagi

Herdianti, Sekar Garini (2017) Peran Guru Sebagai Motivator Dan Inisiator Dalam Novel Madogiwa No Totto Chan (窓際のトットちゃん) Karya Tetsuko Kuroyanagi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan adalah sebuah hal yang tidak lepas dari guru sebagai pengganti orang tua di sekolah. Maka dibutuhkan adalah kiat-kiat seorang guru untuk dapat maju bersama-sama dalam mencapai sebuah tujuan bersama peserta didiknya. Kiat seorang guru maka tidak lepas dengan sebuah usaha yang dapat di lakukan seorang guru untuk dapat merubah sikap belajar anak didiknya. Disini peran guru sebagai Motivator dan sebagai Inisiator sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan motivasi anak didik agar bersemangat dalam kegiatan belajar di sekolah. Sebagaimana yang dilakukan oleh Kobayashi sensei dalam novel Madogiwa No Totto Chan dalam membangkitkan kembali minat belajar anak didiknya di Tomoe Gakuen dengan cara-cara yang beliau lakukan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas dua fokus penelitian yaitu (1) bagaimana peran guru sebagai motivator dan sebagai inisiator yang dilakukan oleh Kobayashi sensei, (2) bagaimana pengaruh peran guru sebagai motivator dan sebagai inisiator yang dilakukan oleh Kobayashi sensei terhadap perubahan sikap belajar siswa. Penelitian ini menggunakan acuan teori peran guru sebagai motivator yang dikemukakan oleh Slameto, Islamuddin dan Sardiman untuk mengklasifikasikan serta menganalisis data temuan. Sedangkan teori Thoifuri digunakan untuk mengklasifikasikan dan menganalisis data temuan tentang peran guru sebagai inisiator. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi non partisipan. Hasil dari penelitian ini adalah adanya perubahan sikap belajar siswa ke arah yang lebih baik setelah Kobayashi sensei berhasil memotivasi para anak didiknya dan menerapkan ide-ide kreatifnya yang belum pernah ada sebelumnya dalam dunia pendidikan. Dan memberikan pandangan positif terhadap cita-cita mereka kelak.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/783/051800024
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Motivator, Inisiator, Novel
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 808 Rhetoric and collections of literary texts from more than two literatures > 808.8 Collections of literary texts from more than two literatures > 808.83 Collections of fiction
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Jan 2018 01:22
Last Modified: 10 Nov 2020 05:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8061
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item