Kesalahan Penggunaan Kakujoshi Pada Sakubun Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Brawijaya

Hasanah, Nelly Olivia (2017) Kesalahan Penggunaan Kakujoshi Pada Sakubun Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mempelajari bahasa Jepang sebagai bahasa kedua akan banyak melakukan kesalahan dalam pembelajarannya karena struktur bahasa yang berbeda. Salah satunya adalah adanya kelas kata partikel/joshi. Partikel dibagi menjadi empat jenis, yaitu Kakujoshi, Setsuzokujoshi, Fukujoshi, dan Shuujoshi. Dalam penggunaan partikel bahasa Jepang ini memiliki banyak fungsi dan arti berbeda, namun terdapat partikel yang memiliki kesamaan dalam penggunaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan penggunaan Kakujoshi dan mengetahui penyebab kesalahannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teori Kakujoshi yang digunakan adalah teori dari Soeparjo yang menyatakan bahwa Kakujoshi merupakan partikel kasus yang mengikuti nomina. Serta teori partikel-partikel jenis Kakujoshi dari Chino dan Chandra, yaitu ga, no, o, ni, e, to, yori, kara, de, dan ya. Teori penyebab kesalahan yang digunakan adalah Kekurangpahaman pemakai bahasa terhadap bahasa yang dipakai, Pengajaran bahasa yang kurang sempurna, Generalisasi, Ketidaktahuan akan pembatasan kaidah, Penerapan kaidah yang tidak sempurna, Salah menghipotesiskan konsep, dan Strategi belajar. Sumber data yang digunakan berupa kalimat yang mengandung kesalahan penggunaan Kakujoshi, dengan menggunakan instrumen penelitian berupa sakubun dan angket. Hasil temuan penelitian menunjukkan terdapat tujuh Kakujoshi yang mengalami kesalahan penggunaan, yaitu partikel ga, o, ni, de, kara, no, dan to. Kesalahan penggunaan Kakujoshi yang terbanyak adalah partikel ga sebesar 26%. Penyebab kesalahan tertinggi disebabkan faktor Ketidaktahuan akan pembatasan kaidah sebesar 33%. Diharapkan pembelajar untuk mempelajari lebih jauh partikel yang ditemui tentang fungsi penggunaan dan memperhatikan konteks penggunaannya. Pengajar diharapkan untuk mampu menjelaskan dengan detail fungsi penggunaan sebuah partikel dalam pola kalimat yang diajarkan. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan kajian partikel bahasa Jepang dan mengaitkannya dengan tema pendidikan, seperti cara pengajaran yang efektif untuk mempelajari partikel.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/776/051712589
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Sakubun, Partikel
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 895 Literatures of East and Southeast Asia > 895.6 Japanese literature
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Jan 2018 03:58
Last Modified: 05 Nov 2020 10:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7951
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item