Analisis Performa Protokol Lte Untuk Pengiriman Periodic Messages Pada Vehicular Network

Putri, Ferra Adelinna Wibowo (2017) Analisis Performa Protokol Lte Untuk Pengiriman Periodic Messages Pada Vehicular Network. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Long Term Evolution (LTE) adalah sebuah teknologi komunikasi selular wireless mobile dengan kecepatan pengiriman data pada jalur download sebesar 150 Mbps dan upload sebesar 75 Mbps. Melihat performa LTE yang baik, muncul ide untuk menggabungkan LTE sebagai protokol komunikasi pada jaringan kendaraan. Pada dasarnya jaringan kendaraan telah memiliki protokol komunikasi de facto, yaitu protokol komunikasi ad-hoc 802.11p dengan jangkauan pengiriman jarak dekat. Namun, dengan jangkauan pengiriman jarak dekat pada protokol 802.11p terjadi masalah pada komunikasi antara kendaraan dan RSU dalam pengiriman pesan periodik pada kondisi kendaraan bergerak dengan kecepatan tinggi dan Road Side Unit (RSU) tidak berada dalam jangkauan kendaraan. Meskipun LTE hadir dengan infrastruktur non ad-hoc namun LTE menawarkan jangkauan pengiriman luas dan kecepatan pengiriman tinggi. Untuk melihat performa LTE pada jaringan kendaraan maka dilakukan penelitian, dengan skenario lalu lintas yang dipilih adalah skenario lalu lintas dengan kepadatan kendaraan, kecepatan kendaraan, ukuran data, dan frekuensi pengiriman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LTE memiliki performa yang baik untuk diterapkan dan dikembangkan dalam jaringan kendaraan. Dengan menunjukkan nilai kurang dari 500 ms pada peningkatan grafik end-to-end delay dan packet loss sebesar 0 % pada skenario kecepatan kendaraan dan frekuensi pengiriman pesan sesuai dengan kebutuhan aplikasi keselamatan pada jaringan kendaraan.

English Abstract

Long Term Evolution or LTE is a mobile wireless communications technology with downlink data transmission rate of 150 Mbps and 75 Mbps Uplink. Seeing good LTE performance, came the idea to combine LTE as a communication protocol on the vehicular network. Basically the vehicular network already has a de facto communication protocol that is an ad-hoc 802.11p short range communication. However, with close range transmission on the 802.11p protocol there is a problem with the communication between the vehicle and the Road Side Unit or RSU in the delivery of periodic messages on the condition of the vehicle moving at high speed and the RSU is not in a vehicle transmission span. Although LTE comes with non ad-hoc infrastructure but LTE offers wide transmission range and high transmission speed. To see the performance of LTE on the vehicle network then do the research, with traffic scenario closer to reality. Preferred scenarios are traffic scenarios with vehicle density, vehicle speed, transmission data and transmission frequency. The results show that LTE has a good performance to be applied and developed in the vehicle network. By showing a small value less than 500 ms in the graphics increase end-to-end delay and 0 % for packet loss on vehicle speed scenarios and messaging frequency in accordance with the needs of safety applications on the vehicular network.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/777/051712364
Uncontrolled Keywords: LTE, jaringan kendaraan, pesan periodik
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.6 Interfacing and communications > 004.62 Interfacing and communications protocols
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 10 Jan 2018 08:54
Last Modified: 28 Sep 2020 09:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7880
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item