Perencanaan Strategi Bisnis Ukm Pengolahan Ikan Pada UD. Mitra Abadi Di Desa Duriwetan Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan

Ufik, Muhammad Ali Fikri (2017) Perencanaan Strategi Bisnis Ukm Pengolahan Ikan Pada UD. Mitra Abadi Di Desa Duriwetan Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Potensi perikanan dan kelautan Kabupaten Lamongan cukup signifikan, meliputi perikanan tangkap, perikanan budidaya dan sektor usaha perikanan lainnya, selain usaha penangkapan ikan dilaut dengan rata-rata produksi 63.000 ton pertahun dengan jumlah armada kapal/perahu 5.617 unit dan jumlah nelayan sebanyak 23.807 orang. Usaha penangkapan juga dilakukan diperairan umum berupa rawa-rawa dan waduk serta sungai dengan produksi rata-rata 2.192 ton pertahun. Pada perikanan budidaya, kegiatan diusahakan pada areal sekitar 25.322 hektar yang meliputi tambak seluas1.380 hektar, sawah tambak 23.602 hektar dan kolam seluas 340 hektar, adapun nilai produksi perikanan budidaya rata-rata 29.758 ton pertahun yang diusahakan oleh 159.440 orang. Dengan tingginya potensi ikan yang dihasilkan dari hasil budidaya dan penangkapan, maka perlu adanya usaha pengolahan ikan agar nilai ikan menjadi bertambah dan bisa digunakan untuk meningkatkan perekonomian, salah satunya UD. Mitra Abadi yang memproduksi olahan ikan bakso ikan dan nugget ikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi usaha pengolahan ikan dilihat dari aspek teknis, aspek manajemen, aspek pemasaran dan aspek finansial di UD. Mitra Abadi Desa Duriwetan, Kecamatan Maduran, Kabupaten Lamongan, menganalisis strategi bisnis dengan pendekatan bisnis model kanvas pada UKM pengolahan ikan pada UD. Mitra Abadi Desa Duriwetan, Kecamatan Maduran, Kabupaten Lamongan, dan menyusun perencanaan strategis pada UKM pengolahan ikan pada UD. Mitra Abadi Desa Duriwetan, Kecamatan Maduran, Kabupaten Lamongan. Penelitian ini dilaksanakan pada UD. Mitra Abadi yang berlokasi di Desa Duriwetan, Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan juli 2017. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari analisis dekskriptif kualitatif yang digunakan untuk menganalisis aspek teknis, manajemen, pemasaran, dan strategi dengan pendekatan bisnis model kanvas. Selanjutnya adalah analisis kuantitatif yang digunakan untuk menganalisis aspek keuangan. Kemudian dilakukan juga analisis SWOT untuk menentukan alternatif startegi yang digunakan. Berdasarkan hasil analisis dari 4 aspek usaha yaitu aspek teknis, aspek manajemen, aspek pemasaran dan aspek keuangan didapatkan hasil untuk aspek teknis, pada proses produksi sudah menggunakan mesin dalam produksinya, sarana dan prasarana yang digunakan masih ada yang tradisional sebagian besar tetapi sudah mulai ditunjang dengan peralatan modern seperti lemari pendingin. Aspek manajemen yang dianalisis yaitu berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, pergerakan dan pengawasan. Fungsi manajemen tersebut sudah diterapkan dan dilakukan oleh pemilik usaha dan karyawan yang ada. Aspek pemasaran yang dianalisis yaitu berkaitan dengan teknik pemasaran, daerah pemasaran, bauran pemasaran yang terdiri dari 4P yaitu product, place, price dan promotion. Saluran pemasaran pada usaha ini yaitu pemasaran langsung dan tidak langsung. Pada aspek keuangan dianalisis Berdasarkan analisis data finansiil yang didapatkan jumlah modal tetap sebesar Rp. 333.149.000,00 dan modal kerja sebesar Rp. 1.645.244.500. Penerimaan dalam kurun waktu satu tahun dengan menghasilkan 2 produk adalah sebesar Rp.2..617.680.000. R/C Ratio sebesar 1.59 lebih besar dari criteria 1 sehingga usaha pengolahan ikan ini memberikan keuntungan bagi usaha. Rata-rata produksi diatas BEP yang berarti usaha ini mampu memeperoleh keuntungan. Keuntungan yang diperoleh selama kurun waktu 1 tahun sebesar Rp. 972.435.500 dengan Rentabilitas sebesar 59.1% yang berarti usaha ini layak karena melebihi tingkat suku bunga 12%. Pada analisis strategi bisnis model kanvas pada usaha pengolahan ikan ini, dilakukan perincian strategi bisnis yang sudah dilakukan oleh pemilik usaha kemudian dianalisis peneliti menggunakan 9 blok yaitu yaitu customer segments pada masyarakat menengah kebawah berdasarkan demografi, value proporsitions berupa produk yang dihasilkan bergizi pelayanan yang baik terhadap pelanggan, channels yakni saluran pemasaran secara langsung dan tidak langsung, customer relationships yakni menjaga komunikasi yang baik dengan semua pelanggan dan pelayanan secara personal assistance, key partnership yakni kerjasama dengan pemasok bahan baku dan kerjasama dengan pedagang besar dan eceran untuk pemasaran, revenue streams yakni harga penjualan bakso ikan seharga Rp. 9.000 dan Nugget Ikan seharga Rp. 8.500, key resourcess yakni tentang sumberdaya sumberdaya fisik, sumberdaya intelektual dan sumberdaya manusia, key activities yakni semua kegiatan pada usaha pengolahan ikan mulai dari produksi sampai produk dipasarkan dan cost structure yakni berupa biaya-biaya yang digunakan pada usaha pengolahan ikan UD. Mitra Abadi. Dari hasil analisis dengan menggunakan SWOT dengan menidentifikasi faktor internal dan eksternal usaha dan dilakukan skoring diperoleh posisi koordinat pada kuadran I (Strategi agresif) yang berarti memaksimalkan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. UD. Mitra Abadi sebaiknya mengoptimalkan kekuatan untuk memanfaatkan peluang dengan menjaga hubungan baik dengan para mitra usaha, meningkatkan inovasi produk, menambah alat produksi dengan teknologi yang lebih modern dan meningkatkan jaringan pasar. Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan penelitian maka saran yang dapat peneliti berikan pada UD. Mitra Aabadi yaitu meningkatkan kualitas produk dengan melakukan upaya peningkatan sarana yang masih tradisional, memperluas jaringan pasar dengan memanfaatkan sosial media yang semakin modern, melakukan perawatan terhadap semua sarana dan prasarana produksi, melakukan penataan sistem administrsi pencataan dan keuangan, melakukan upaya legalitas yang lebih baik lagi, melakukan inovasi produk agar dapat bersaing dengan produk-produk perikanan lainnya. Bagi Dinas Kelautan dan Perikanan dan Perdagangan dapat turut serta dalam pengembangan UKM yang ada pada Kabupaten Lamongan agar lebih berdaya saing dengan memberikan pelatihan keterampilan dan pengembangan mutu produk.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/1082/051800127
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 09 Jan 2018 08:03
Last Modified: 19 Oct 2020 07:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7816
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item