Evaluasi Kesesuaian Fungsi Ruang Pada Ruang Baca Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya

Afina, Shofy (2017) Evaluasi Kesesuaian Fungsi Ruang Pada Ruang Baca Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan penggunaan pustaka pada sebuah perpustakaan menuntut adanya sarana yang dapat dimanfaatkan berupa sebuah ruang. Pengadaan ruang ini harus sesuai dengan aktivitas yang diharapkan terjadi di dalamnya, sehingga tidak terjadi penyalahgunaan. Ruang baca merupakan salah satu ruang pendukung pada perpustakaan yang keberadaannya sangat penting. Pada dasarnya, ruang baca disediakan agar pengunjung perpustakaan dapat membaca koleksi bahan pustaka pada perpustakaan tersebut. Kegiatan baca yang menjadi tujuan dasar sebuah ruang baca membutuhkan standar ruang tersendiri agar keadaan kondusif yang diperlukan dapat tercapai. Ketidaksesuaian fungsi dasar ruang pada sebuah ruang baca ditemukan di Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya. Ketidaksesuaian ini didasarkan pada sebuah fenomena yang menunjukkan pengguna ruang baca tersebut lebih memilih melakukan kegiatan baca di tempat lain. Selain itu, pengguna ruang baca lebih memanfaatkan ruang tersebut sebagai sarana untuk melakukan aktivitas lain daripada kegiatan baca itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk secara ilmiah merinci ketidaksesuaian pada elemen-elemen aspek ruang yang terjadi di ruang baca Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya sebagai penyebab ketidaksesuaian fungsi ruang pada ruang baca tersebut. Metode yang digunakan merupakan metode analisis deskriptif kualitatif. Setelah variabel penelitian ditentukan dari rumusan masalah, analisis dilakukan dengan membandingkan data hasil observasi dengan standar yang ada. Hasil dari penelitian ini menunjukkan elemen yang secara dominan menyebabkan ketidaksesuaian fungsi ruang pada ruang baca Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya adalah ketersediaan fasilitas ruang baca.

English Abstract

The use of books in a library demands the existence of facilities that can be utilized in the form of a space. The procurement of this space should be in accordance with the expected activity in it to avoid minimum abuse. Reading room is one of the supporting rooms in a library of which existence is essential. Basically, a reading room is provided for library visitors to read the collections that the library offers. Reading activities that become the basic purpose of a reading room requires a separate standard of space so that a conducive atmosphere is achieved. Dissonancy on basic functions of space in a reading room was found at the Central Library of Brawijaya University. This dissonancy is based on a phenomenon that shows how the reading room users prefer to do the reading activities elsewhere. In addition, these users exploit the room to perform other activities than the reading itself. The purpose of this study is to scientifically elaborate the standardly dissonant elements based on the aspects of physical room that occur in the reading room of Central Library of Brawijaya University and cause dissonancy on the room’s basic function. The used method is qualitative descriptive analysis. After the research variables are gained from the problem elaboration, the analysis is done by comparing the observed data with the existing standards. The results of this study show that the element, based on the aspects of physical room, dominantly causing the dissonancy on the basic function in the reading room of Central Library of Brawijaya University is the availability of reading room facilities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/1080/051712302
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Perguruan Tinggi, Ruang Baca, Fungsi Dasar Ruang,College Library, Reading Room, Room Basic Function
Subjects: 700 The Arts > 727 Buildings for education and research purposes > 727.8 Library buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 04 Jan 2018 01:26
Last Modified: 02 Sep 2020 03:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7694
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item