Ekananda, Linda Wahyu (2017) Pengaruh Nilai Utilitarian Dan Nilai Hedonis Terhadap Perilaku Pascapembelian (Survei pada Pelanggan Toyota Avanza di AUTO2000 Sutoyo, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pemasar yang memprediksi perilaku konsumen dapat lebih mudah merancang strategi pemasaran dan pendekatan komunikasi yang sesuai untuk memengaruhi target konsumen. Konsep inti perilaku konsumen adalah motivasional untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan, meliputi banyak aktivitas seperti pemikiran dan perasaan, terdapat serangkaian proses keputusan pembelian, memiliki kompleksitas berbeda pada waktu yang berbeda pula, meliputi perbedaan peran dan dipengaruhi faktor eksternal. Motivasional yang telah disebutkan adalah dorongan berbelanja oleh serangkaian nilai. Di bidang pemasaran, nilai dipertimbangkan sebagi konsep kunci dalam memahami dan memprediksi perilaku konsumen. Dua konsep universal dari nilai pelanggan adalah nilai utilitarian dan nilai hedonis. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh 1.) variabel nilai pelanggan yang meliputi nilai utilitarian dan nilai hedonis terhadap perilaku pascapembelian; 2.) variabel nilai utilitarian terhadap perilaku pascapembelian; 3.) variabel nilai hedonis terhadap perilaku pascapembelian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah pelanggan Toyota Avanza di AUTO2000 Sutoyo Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus Machin dan Campbell sehingga mendapatkan sampel sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah menyebarkan kuesioner kepada pelanggan Toyota Avanza di AUTO2000 Sutoyo Malang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hipotesis pertama dalam penelitian ini yaitu nilai utilitarian dan nilai hedonis berpengaruh secara simultan terhadap perilaku pascapembelian. Hipotesis kedua yaitu nilai utilitarian berpengaruh terhadap perilaku pascapembelian. Hipotesis ketiga yaitu nilai hedonis berpengaruh terhadap perilaku pascapembelian. Hasil penelitian ini adalah seluruh variabel nilai pelanggan yang meliputi nilai utilitarian dan nilai hedonis berpengaruh terhadap perilaku pasca pembelian yang termasuk dalam rangkaian keputusan pembelian, nilai utilitarian berpengaruh terhadap perilaku pascapembelian dan nilai hedonis berpengaruh terhadap perilaku pascapembelian.
English Abstract
Marketers who predicted consumer behavior can more easily designed marketing strategies and communication approach to affected target of consumer. Key concepts of consumer behavior is motivational to meet the needs and desires, include many activities of thoughts and feelings, include a buying decision process, has different complexity at different times, include different roles and influenced by external factors. The motivational that has been mentioned is the boost of shopping by a series of values. In the marketing domain, value has been considered a key concept in understanded and predicted customer behaviour. There appear to be two universal concepts of customer value is utilitarian value and hedonic value. So this study aims to investigated the effect of 1.) customer value variable include utilitarian value and hedonic value on post-purchase behavior 2.) utilitarian value variable on post-purchase behavior; 3.) hedonic value variable on post-purchase behavior. This research used explanatory research with quantitative approach. The research’s object are Toyota Avanza’s customer on AUTO2000 Sutoyo Malang. Research used purposive sampling with the formula from Machin and Campbell until got 100 respondent. The method of the data collection was spreading some questionnair to Toyota Avanza’s customer on AUTO2000 Sutoyo Malang. The analysis method which was using description analysis and multiple linear regression analysis. The first hypothesis in this research was the utilitarian value and hedonic value are simultaniously has effect on post-purchase behavior. The second hypothesis was the utilitarian value has effect on post-purchase behavior. The third hypothesis was the hedonic value has effect on post-purchase behavior. The result of this research showed that all of variable customer value include utilitarian value and hedonic value has effect on post-purchase behavior in buying decision process, the utilitarian value has effect on post-purchase behavior and the hedonic value has effect on post-purchase behavior.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/1186/051712652 |
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pelanggan, Nilai Utilitarian, Nilai Hedonis, Keputusan Pembelian Dan Perilaku Pascapembelian |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 02 Jan 2018 04:06 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 00:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7641 |
Actions (login required)
View Item |