Strategi JTV Surabaya Dalam Mengelola Perubahan (Studi Kualitatif Padaefisiensi Karyawan JTV Surabaya Tahun 2014)

Rizal, Fandhy (2017) Strategi JTV Surabaya Dalam Mengelola Perubahan (Studi Kualitatif Padaefisiensi Karyawan JTV Surabaya Tahun 2014). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ditengah-tengah ketat nya persaingan industri media massa, televisi masih tetap ada di hati masyarakat. Dengan segala kemudahan yang diberikan, televisi dapat diterima dengan mudahnya oleh seluruh lapisan masyarakat. Namun, hal tersebut kemudian tidak bisa membuat industri media massa khusus nya televisi lokal hanya berdiam diri dan berjalan apa adanya. Jumlah televisi lokal yang kini semakin menjamur di Indonesia membuat para pekerja dibalik layar harus bekerja secara ekstra untuk mempertahankan eksistensi nya. JTV Surabaya salah satu nya, yang telah dikenal sejak lama oleh masyarakat kota Surabaya dengan ciri khas kedaerahan nya. Namun perjalanan JTV Surabaya pada tiga tahun belakangan ini tidak lah mudah, dirinya diharuskan untuk menerapkan efisiensi pada ratusan karyawan karena jumlah produksi akan dikurangi yang tentunya berimbas pada optimalisasi keuangan yang mana telah lama direncanakan oleh JPMC (Jawa Pos Media Corporation) sebagai induk perusahaan JTV Surabaya. Dalam proses nya, perubahan ini tentu saja tidak mudah bagi manajerial JTV Surabaya maupun anggota organisasi nya. Berbagai isu miring kerap menerpa JTV Surabaya yang dinilai telah melanggar Undang-Undang Ketenagakerjaan. Dari sinilah peneliti ingin mengetahui bagaimana strategi JTV Surabaya dalam mengelola sebuah perubahan yang berakhir pada pembuktian bahwa JTV Surabaya masih dapat mempertahankan eksistensi nya hingga saat ini. Penelitian ini menggunakan pendeketan manajemen organisasi dan manajemen media massa. Fokus penelitian ini adalah pada pengelolaan perubahan mengenai efisiensi karyawan JTV Surabaya pada tahun 2014 yang lalu. Metode yang digunakan adalah studi kasus, karena penelitian ini berangkat dari adanya berita mengenai kasus efisiensi karyawan secara besar-besaran yang diterapkan JTV Surabaya dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Berdasarkan analisia data yang dilakukan, dalam mengelola perubahan JTV Surabaya menerapkan langkah yang sistematis. Sebelum perubahan diterapkan JTV Surabaya terlebih dulu yaitu pendekatan dengan cara melakukan penyebaran isu mengenai perubahan, mengadakan penilaian secara berkala hingga pelatihan serta evaluasi selama satu tahun pada seluruh karyawan, menentukan agen perubahan, hingga mengatasi penolakan atas perubahan. Hasil yang didapat oleh peneliti adalah adanya kinerja yang lebih efektif dari sebelum nya, tidak ada lagi karyawan yang menganggur, serta mereka dapat semakin meningkatkan kualitas produk yang dikerjakan. Inovasi berupa streaming juga ditemukan peneliti yang kini dapat diakses penonton dimana saja melalui telepon selular.

English Abstract

In the middle of competitive mass media industries, television still remains in society. With all features that a television offers, every layer of society can accept television easily. However, this does not mean that mass media industry especially local television to just remain still and not improve. The increasing number of local television nowadays has made behind the camera employers work harder to maintain their existence. JTV Surabaya is one of them and is infamous to Surabaya citizen. It is known for its signature cultural content. However, their journey in the last three years did not go easy, they had to apply the efficiency to hundreds of their employees caused by the reduction of their employees, which would affect the utilization of finance that has been long planned by JPMC (Jawa Pos Media Corporatiion) as the parent company of JTV Surabaya. During the process, the change is definitely complex for the JTV Surabaya management and their members. A range of unconfirmed issues about JTV Surabaya are considered against the employment policy. Starting here, researcher would like to know what strategies JTV Surabaya would take in organizing an industry that is proving that they are able to maintain their existence until now. Researcher is using organization management approach and mass media management. The focus in this research is in the change management for their JTV Surabaya employee efficiency in 2014. Methods used in this research is case studies because this research started according to a news about huge employee efficiency that has been applied in JTV Surabaya using in-depth interview as the data collecting technique. According analysis that has been done, JTV Surabaya has applied a systematical step. Before the change was applied, JTV Surabaya used the approach of issue spreading about change, holding a periodic evaluation even training and change evaluation, determining agent of change, even dealing with rejection of change. Results received by the researcher are the existence of a more effective performance than before, no more slacking employee, also the ability to improve their product quality that they are working on. Innovation such as streaming has also been founded by the researcher that can now be accessed by viewers from anywhere via cellphone.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/1083/051712346
Uncontrolled Keywords: Televisi Lokal, Karyawan, Efisiensi, Mengelola Perubahan
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.234 Motion pictures, radio, television > 302.234 5 Television
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 29 Dec 2017 01:36
Last Modified: 12 Dec 2020 07:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7597
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item