Gambaran Regulasi Emosi Pada Guru Sekolah Inklusi Yang Menangani Siswa ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) Studi Kasus Di SDN Sumbersari 1 Kota Malang

Krishadianto, Agustrian (2017) Gambaran Regulasi Emosi Pada Guru Sekolah Inklusi Yang Menangani Siswa ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) Studi Kasus Di SDN Sumbersari 1 Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran regulasi emosi pada guru sekolah inklusi yang menangani siswa ADHD di SDN Sumbersari 1 Kota Malang. Subjek dalam penelitian ini yaitu 2 guru pendamping khusus (GPK) yang masing-masing pernah atau sedang menangani siswa ADHD. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis data yang dikemukakan oleh Huberman dan Miles (1992). Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa kedua subjek GPK memiliki kesamaan gambaran regulasi emosi pada dimensi Awereness and Understanding of emotions, Acceptance of emotions, dan Access to emotions regulation strategies (strategies). Namun kedua subjek memiliki perbedaan gambaran regulasi emosi pada dimensi acceptance of emotions, dimana subjek ID menerima emosinya dengan memilih untuk meninggalkan siswa ADHD tersebut dan FR lebih memilih untuk mengalah dan menahan emosinya jika siswa ADHD yang ditanganinya menangis dan dalam kondisi tantrum

English Abstract

This study aims to see a picture of emotional regulation in inclusive school teachers who handle ADHD students in SDN Sumbersari 1 Malang. Subjects in this study were 2 Shadow Teacher (GPK) who each had or were dealing with ADHD students. This research is qualitative with data collection method using interview technique, observation, and documentation. The data analysis used in this research is using data analysis proposed by Huberman and Miles (1992). The results of this study show that both GPK subjects share the same emotional regulation in the dimensions of Awereness and Understanding of emotions, Acceptance of emotions, and Access to emotions regulation strategies (strategies). Both subjects, however, have different emotional regulatory features on the dimensions of acceptance of emotions, in which the subject ID receives their emotions by choosing to leave the ADHD student and the FR prefer to succumb and withhold emotion if the ADHD student handles cry and in tantrum condition.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/1088/051712509
Uncontrolled Keywords: Sekolah Inklusi, Guru Pendamping Khusus, ADHD, Regulasi Emosi
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 152 Sensory perception, movement, emotions, physiological drives > 152.4 Emotions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 28 Dec 2017 04:11
Last Modified: 10 Nov 2020 12:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7573
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item