Strategi Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas Pada Usaha Pengolahan Kerupuk Ikan Gabus UD Al-Barokah Desa Kedung Peluk Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo

Nurhayati, Sayena Rohma (2017) Strategi Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas Pada Usaha Pengolahan Kerupuk Ikan Gabus UD Al-Barokah Desa Kedung Peluk Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan perikanan di Kabupaten Sidoarjo meliputi kegiatan budidaya, penangkapan dan pengolahan produk perikanan. Kegiatan yang paling banyak berkontribusi adalah kegiatan budidaya tambak. Desa Kedung Peluk merupakan salah satu desa di Kabupaten Sidoarjo yang memiliki wilayah tambak yang luasnya mencapai 1.031,65 Ha. Di desa Kedung Peluk,banyak terdapat ikan gabus pada perairan di sekitar tambak budidaya udang yang dianggap sebagai predator karena sifatnya yaitu karnivora yang memakan bibit udang. Ikan gabus kemudian ditangkap oleh petambak dengan dipancing dan dijual kembali. Ikan gabus ini memiliki kandungan protein dan albumin yang tinggi. Ikan gabus sering dimanfaatkan sebagai obat untuk perkembangan sel maupun pembentukan sel baru seperti akibat luka dan penyembuhan luka akibat operasi. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha dengan melakukan pengolahan ikan gabus menjadi produk seperti kerupuk. UD Al-Barokah merupakan usaha yang mengolah kerupuk ikan gabus menjadi UD Al-Barokah dalam pengembangan usahanya membutuhkan strategi yang tepat. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan melalui pendekatan business model canvas. Business Model Canvas ini merupakan model bisnis yang digunakan untuk mengevaluasi dan menentukan strategi bisnis. Business Model Canvas ini terdiri 9 blok bangunan yaitu customers segments, value proporsotions, channels,customer relationships, revenue streams, key resources, key activities, key partnership dan cost structure. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan usaha UD Al- Barokah yang ditinjau dari aspek teknis, aspek manajemen, aspek pemasaran dan aspek keuangan; menganalisis perancangan strategi operasional bisnis pada UD Al-Barokah saat ini dengan pendekatan Business Model Canvas; menganalisis strategi yang dapat dilakukan dengan SWOT terkait usaha kerupuk ikan gabus dari UD Al-Barokah. Penelitian ini dilaksanakan pada UD Al-Barokah yang berlokasi di Desa Kedung Peluk Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juni hingga Juli 2017. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari analisis deskriptif kualitatif yang dgunakan untuk menganalisis aspek teknis, aspek manajemen, aspek pemasaran dan strategi dengan pendekatan Bisnis Model Canvas. Selanjutnya adalah analisis kuantitatif yang digunakan untuk menganalisis aspek keuangan. Kemudian dilakukan juga analisis SWOT untuk menentukan strategi terbaik yang dapat dilakukan. Berdasarkan hasil analisis dari 4 aspek usaha yaitu aspek teknis, aspek manajemen, aspek pemasaran dan aspek keuangan didapatkan hasil untuk aspek teknis, pada proses produksi sudah menggunakan mesin dalam produksinya, sarana dan prasarana yang digunakan masih tergolong sederhana sebagian besar tetapi sudah mulai ditunjang dengan peralatan modern seperti mesin-mesin dan lemari pendingin. Sampai saat ini UD Al-Barokah selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas proses produksi agar senantiasa menjadi lebih baik. Aspek Manajemen yang dianalisis berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, pergerakan dan pengawasan. Keempat fungsi manajemen tersebut sudah diterapkan dan dilakukan secara sederhana oleh pemilik usaha maupun karyawan yang berkaitan. Namun masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti pengawasan terhadap peralatan yang masih kurang,sehingga disarankan untuk melakukan perawatan terhadap mesin-mesin secara berkala, mengingat proses produksi bergantung pada mesin. Aspek Pemasaran yang dianalisis berkaitan dengan teknik pemasaran yang dilakukan baik secara aktif maupun pasif, daerah pemasaran yang dicapai oleh UD Al-Barokah, saluran pemasaran baik yang secara langsung maupun tidak langsung, serta bauran pemasaran yang terdiri dari 4p yaitu product, place, price dan promotion. Pada aspek ini, UD Al-Barokah telah mengupayakan pemasaran dengan baik, tetapi masih kurang optimal pada promosi. Promosi yang dilakukan oleh UD Al-Barokah hanya melalui mulut ke mulut saja. Maka disarankan untuk melakukan promosi dengan bantuan media sosial untuk memperluas jaringan pemasarannya. Pada aspek keuangan dianalisis jangka pendek meliputi meliputi permodalan baik modal tetap yaitu sebesar Rp.350.900.500 maupun modal lancar yaitu Rp.83,947364, penerimaan sebesar Rp.126.000.000, RC Ratio sebesar 1,5, Keuntungan meliputi EBZ yaitu Rp. 42.052.636 dan EAZ sebesar Rp. 31.539.477, Rentabilitas sebesar 50%, BEP yaitu BEP Unit sebesar 2.626 dan BEP sales Rp.63.849650. Berdasarkan analisisnya didapatkan hasil bahwa secara aspek keuangan, UD Al-Barokah dapat dinyatakan layak secara aspek keuangan jangka pendek. Pada analisis eksternal Pada lingkungan eksternal analisis yang dilakukan adalah analisis lingkungan makro yang terdiri dari ekonomi seperti kenaikan bahan bakar minyak, sosial seperti banyaknya kegiatan pamera dan seminar yang dilaksanakan untuk mengembangkan ukm, politik yaitu kebijakan pemerintah terhadap penguatan ukm , teknologi dan ekologi dan faktor industri yang meliputi posisi kompetitif, pelanggan dan pemasok. Hasil dari analisis ini adalah bahwa UD Al-Barokah dapat memanfaatkan setiap peluang yang ada seperti kegiatan pameran yang diharapkan dapat meningkatkan usaha terutama pada pemasarannya yang semakin luas. Berdasarkan analisis baik internal maupun eksternal usaha kemudian dilakukan pengembangan model bisnis dengan current business model canvas memanfaatkan 9 blok yaitu customer segments, value proporsitions, channels, customer relationships, revenue streams, key resourcess, key activities dan cost structure untuk mengetahui gambaran strategi yang dilakukan UD Al-Barokah saat ini. Pada analisis faktor internal menggunakan analisis IFAS dan eksternal dengan analisis EFAS didapatkan hasil bahwa faktor internal nilai kekuatan lebih besar daripada kelemahan. Pada faktor eksternal peluang bernilai lebih besar daripada ancaman. Kemudian dilakukan analisis dengan SWOT mendapatkan hasil skoring yang telah dilakukan terhadap faktor-faktor internal dan eksternal diperoleh nilai pada titik koordinat terletak pada kuadran I. Sehingga yang harus dilakukan oleh UD Al-Barokah adalah mendukung strategi agresif dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang dimiliki dengan strategi SO (strength-opportunity) yang akan digunakan dalam pengembangan usaha.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/933/051712354
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Dec 2017 03:58
Last Modified: 28 Aug 2023 03:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7537
[thumbnail of Sayena Rohma Nurhayati.pdf] Text
Sayena Rohma Nurhayati.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item