Komunikasi Politik Anggota DPRD Dalam Rangka Penyerapan Aspirasi Masyarakat (Studi Komunikasi Politik Pada DPRD Jawa Timur Dapil I)

Noviyati, Kurnia (2016) Komunikasi Politik Anggota DPRD Dalam Rangka Penyerapan Aspirasi Masyarakat (Studi Komunikasi Politik Pada DPRD Jawa Timur Dapil I). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anggota legislatif mempunyai kewajiban untuk bertemu dengan konstituennya untuk berkomunikasi, kaitannya dengan komunikasi politik termasuk juga tentang bagaimana bentuk dan hambatan komunikasi politik yang terdapat di Parlemen dalam menjalankan tugasnya seorang wakil rakyat harus berkomunikasi dengan mengerti apa yang diinginkan, apa yang diperlukan oleh konstituen yang diwakilinya sebagai salah satu upaya penyerapan aspirasi masyarakat dengan pemerintahannyayang nantinya sebagai solusi bagi permasalahan publik yang ada dalam rangka pemenuhan tujuan daerah tersebut.Berdasarkan hal tersebut, maka permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu komunikasi politik anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dalam rangka penyerapan aspirasi masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian yang berbasis pada penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini mengambil kesimpulan, yakni Komunikasi Politik Anggota DPRD Jatim secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik. Meskipun dalam kenyataannya belum tentu semua kegiatan di masa reses berhasil atau setidaknya mengatasi beberapa masalah di daerah itu. Itu dikarenakan kualitas proses komunikasi DPRD Jatim dengan masyarakat dirasakan masih kurang berfungsi dengan baik masih terdapat banyak hambatan diantaranya Waktu Dalam Melakukan Pertemuan Dengan Masyarakat, Kesalahan persepsi di Masyarakat tentang kunjungan anggota DPRD, Program yang tidak tepat sasaran bagi masyarakat, dana yang dimiliki Pemerintah melakukan pembangunan masih kurang, serta kurangnya tingkat partisipasi masyarakat. Solusi yang diambil diantaranya anggota DPRD dapat melakukan sistem rolling dengan anggota yang lain dalam 1 dapil, dengan memberikan 1 hari waktu mereka dalam satu minggu untuk dapil masingmasing; Lalu strategi dan interaksi komunikasi anggota DPRD harus benar menyuarakan keinginan dan harapan masyarakat yang diwakilinya; Anggota DPRD membuat program tidak difokuskan pada satu permasalahan namun apa yang menjadi masalah kompleks di daerah; potensi ekonomi masyarakat juga harus dapat ditingkatkan, sehingga masyarakat nantinya akan jadi BERDIKARI tidak bergantung pada Pemerintah; untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk langkah awal, dapat dilakukan dengan cara penyaluran raskin atau blt, yang merupakan program dari pemerintah pusat. Hal tersebut merupakan langkah awal untuk membentuk citra DPRD kepada masyarakat.

English Abstract

Legislators have an obligation to meet with constituents to communicate, to do with the political communication as well as on how to shape and barriers of political communication contained in Parliament in carrying out its duties a representative must communicate to understand what is wanted, what is required by the constituents they represent as one of the aspirations of the community effort with government absorption which later as a solution to public problems that exist in order to fulfill the purpose of the area. Based on this, the issues raised in this research is political communication legislators East Java Province in order absorption aspirations of the people. This research is based on qualitative research. with a descriptive approach. Source of data used are primary data and secondary data. The technique of collecting data through observation, interviews, and documentation. The analytical method used is by means of data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. This study came to the conclusion, Political Communication legislators East Java Province as a whole has been going well. Despite the fact that not all activities in the recess succeed or at least overcome some of the problems in that area. That is because the quality of the communication process East Java Pa with the community felt still not functioning properly there are still many obstacles including Time In Doing Meeting With the Community, False perception in society about the visit legislators, programs that are not targeted for the community, the fund owned by the Government do the construction still less, as well as the lack of public participation levels. The solution is taken among legislators can perform a rolling system with other members in one electoral district, by giving one day of their time in one week for each electoral district; Then the strategy of communication and interaction legislators should be properly voiced wishes and expectations of the people they represent; Council members made the program is not focused on a single issue, but what is becoming a complex problem in the area; the economic potential of people should also be improved, so that the public will be BERDIKARI not rely on the Government; to promote public participation for the first step, can be done by channeling “raskin” or “blt”, which is a program of the central government. It is the first step to forming the image of Parliament to the public.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1300/051712373
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Politik, DPRD Jatim, Penyerapan, Aspirasi Masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 320.014 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 27 Dec 2017 03:23
Last Modified: 02 Dec 2021 04:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7530
[thumbnail of 105030101111139_BAB 1.pdf]
Preview
Text
105030101111139_BAB 1.pdf

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 105030101111139_BAB 2.pdf]
Preview
Text
105030101111139_BAB 2.pdf

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 105030101111139_BAB 3.pdf]
Preview
Text
105030101111139_BAB 3.pdf

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 105030101111139_BAB 4.pdf]
Preview
Text
105030101111139_BAB 4.pdf

Download (666kB) | Preview
[thumbnail of 105030101111139_BAB 5.pdf]
Preview
Text
105030101111139_BAB 5.pdf

Download (30kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item