Pemberdayaan Anak Pelaku Utama Kelautan Dan Perikanan Dalam Meningkatkan Kompetensi Di Bidang Kelautan Dan Perikanan (Studi Pada Kementerian Kelautan Dan Perikanan Replublik Indonesia)

Faozan, Muhammad Rijal (2017) Pemberdayaan Anak Pelaku Utama Kelautan Dan Perikanan Dalam Meningkatkan Kompetensi Di Bidang Kelautan Dan Perikanan (Studi Pada Kementerian Kelautan Dan Perikanan Replublik Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kementerian Kelautan dan Perikanan adalah lembaga pemerintahan yang menaungi masalah-masalah di bidang kelautan dan perikanana dimana salah satunya adalah masalah pengembangan sumberdaya manusia kelautan dan perikanan dalam halnya penyelenggraan pemberdayaan bagi keluarga pelaku utama di bidang kelautan dan perikanan. Maka dalam hal ini perlu pengamatan apakah pemberdayaan keluarga pelaku utama khususnya anak pelaku utama ini sudah erhasil dijalankan atau tidak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemberdayaan anak pelaku utama kelautan dan perikanan dalam peningkatan kompetensi di bidang kelautan dan perikanan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh dua fokus penelitian yaitu (1) Kebijakan yang mendukung pemberdayaan anak pelaku utama dalam peningkatan kompetensi di bidang kelautan dan perikanan (2) Ruang Lingkup Pemberdayaan pemberdayaan anak pelaku utama dalam peningkatan kompetensi kelautan dan perikanan meliputi :aspek masukan atau input yang menjelaskan sumber daya manusia, dana peralatan, atau sarana, dalam pembangunan kompetensi anak pelaku utama. Aspek proses yang mana berkaitan dengan pelaksanaan, monitoring dan aspek keluaran dan output yang mana berkaitan dengan pencapaian sasaran Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, sebaran lulusan dan jumlah taruna/i STP menyatakan bahwa dalam pemberdayaan taruna/i terutama anak pelaku utama masih belum bisa untuk menghasilkan lulusan yang benar-benar menjadi lulusan yang secara continue melanjutkan karir mereka dalam bidang kelautan dan perikanan serta mendapat jaminan ikatan dinas dari kementerian kelautan lalu sarana dan prasarana. yang terdapat di Sekolah Tinggi sudah memenuhi untuk Peningkatan Kompetensi taruna STP terutama anak pelaku utama di bidang kelautan dan perikanan yang mana sarana dan prasarana tersebut cukup menunjang dalam kegiatan belajar mengajar maupun praktek, meskipun di dalam nya tidak semua alat berfungsi prima dikarenakan umur sarana dan prasaran yang sudah melebihi batas pemakaian, akan tetapi dalam proses pemberdayaan anak pelaku utama pihak STP sudah memenuhi standar kurikulum yang tepat dan jurusan yang tepat dalam penyelenggaraan pemberdayaan di bidang kelautan. Saran yang dapat diberikan adalah. Pihak STP sebagai penyelenggara program pemberdayaan seharusnya lebih memperhatikan para lulusanya terutama anak pelaku utama dalam melanjutkan karir di bidang kelautan dan perikanan. Perlu adanya ikatan dinas terhadap lulusan STP khusunya anak pelaku utama. Agar kedepanya mereka bisa secara massive dapat meneruskan karir mereka dalam bidang kelautan dan perikanan yang mana bisa ditempatkan oleh Kementerian sesuai kebutuhan pegawai atau spesifikasi yang dibutuhkan.lalu pihak STP harus melakukan peremajaan secara berkelanjutan sarana dan prasarana yang sudah habis masa pakai agar sarana tersebut menunjang kegiatan belajar mengajar dalam rangka program pemberdayaan

English Abstract

Ministry of Maritime Affairs and Fisheries is a government institution that overshadowed the problems in the field of marine and fisheries, one of which is the problem of marine and fishery human resources development in the case of conducting empowerment for the families of the main actors in the field of marine and fisheries. So in this case it is necessary to observe whether family empowerment of the main actors, especially the main actors, has been successfully or not. The purpose of this study is to identify and describe the empowerment of the main actors of marine and fishery in improving competence in the field of marine and fisheries. This research is descriptive research with qualitative approach and limited by two focus of research that are (1) Policies that support child empowerment main actors in increasing competence in marine and fishery sector (2) Scope of empowerment empowerment of child principal actors in improvement of marine and fishery competence include : Input or input aspects describing human resources, equipment funds, or facilities, in the construction of the competence of the principal actor. Aspects of the process which relates to the implementation, monitoring and output and output aspects which are related to the achievement of targets Based on the results of research conducted, the distribution of graduates and the number of cadets / STP states that in the empowerment of cadets / i especially the main offspring is still not able to produce graduates who actually become graduates who continue their career in the field of marine and fisheries and got Guarantee of official ties from the ministry of maritime and facilities and infrastructure. That exist in High School has been fulfilled for the Increased Competence cadets STP primarily the main actors in the field of marine and fisheries in which the facilities and infrastructure is quite supportive in teaching and learning activities and practices, although in it not all tools function primarily due to the age of facilities and infrastructure Which has exceeded the usage limit, but in the process of empowering the main actors STP has met the appropriate curriculum standards and appropriate majors in the implementation of empowerment in the field of marine. The suggestion that can be given is. The STP as the organizer of the empowerment program should pay more attention to the passengers, especially the main actors in continuing their career in the field of marine and fisheries. There is a need for official ties to STP graduates, especially the main offenders. In order that they can massively continue their careers in the field of marine and fisheries which can be placed by the Ministry according to the needs of employees or specifications required. Then the STP should rejuvenate continuously infrastructure and facilities that have been used up so that the tool supports the activities Learning to teach in the framework of empowerment program

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1172/051712483
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.5 Public administration of agriculture > 354.57 Fishing and fisheries
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 27 Dec 2017 02:06
Last Modified: 30 Nov 2020 19:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7512
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item