Evaluasi Kebijakan Ujian Nasional Berbasis Komputer di Kota Malang Tahun Ajaran 2014-2016 (Studi di SMA Negeri 4 Malang, SMK Negeri 4 Malang, dan SMA Brawijaya Smart School),

Kristy, Anggraini Dana (2017) Evaluasi Kebijakan Ujian Nasional Berbasis Komputer di Kota Malang Tahun Ajaran 2014-2016 (Studi di SMA Negeri 4 Malang, SMK Negeri 4 Malang, dan SMA Brawijaya Smart School),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada tahun pelajaran 2014/2015 terdapat kebijakan baru yang muncul terkait penyelenggaraan Ujian Nasional, yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pada Tahun pelajaran 2015/2016 di Kota Malang terdapat 25 SMA/MA/SMTK/SMAK dan 40 SMK yang terdaftar mengikuti UNBK. Beberapa sekolah SMA/SMK yang mengikuti UNBK adalah SMA Negeri 4 Malang, SMK Negeri 4 Malang, dan SMA Brawijaya Smart School. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan menganalisis input, process, output, outcome kebijakan UNBK pada Tahun Ajaran 2014-2016 di SMA Negeri 4 Malang, SMK Negeri 4 Malang dan SMA Brawijaya Smart School Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Creswell (2015) yang terdiri dari pengorganisasian data; membaca seluruh teks, dan membentuk kode awal; mendeskripsikan pengalaman; mengklasifikasikan data; menafsirkan data; menyajikan data. Hasil dari penelitian ini adalah dilihat dari segi input sekolah swasta kesulitan untuk pengadaan sarana prasarana UNBK karena tidak mendapat dana bantuan dari Kementrian Pendidikan. Dari segi process pada tahap persiapan terdapat kendala pada Bio UN online serta terdapat kendala saat sinkronisasi. Pada tahap pelaksanaan UNBK masih terdapat kendala teknis terkait log in selain permasalahan teknis ada beberapa siswa yang menerima soal yang tidak sesuai komposisi SKL yang telah ditentukan. Dan dilihat dari output tingkat kelulusan menggunakan UNBK di Kota Malang menurun dari 99,98% menjadi 99,91% untuk tingkat SMK swasta/negeri, dan 99,84% menjadi 99,82% untuk tingkat SMA swasta/negeri. Namun dilihat dari outcome adanya UNBK di kota Malang dapat meningkatkan kejujuran anak didik, penghematan anggaran untuk jangka panjang, serta melek teknologi. Saran yang diberikan antara lain, yaitu Kementrian Pendidikan sebaiknya memberikan bantuan dana sarana prasarana untuk sekolah swasta serta membuat variasi soal yang sesuai dengan SKL sesuai yang sudah ditentukan. TIM dari PUSPENDIK diharapkan untuk memperbaiki aplikasi pada Bio UN online supaya dalam pendataan siswa secara online tidak mengalami kesulitan. Pihak sekolah penyelengara UNBK sebaiknya untuk permasalahan log in tidak dilakukan secara bersama-sama, melainkan dilakukan secacara bertahap untuk meminimalisir erornya sistem

English Abstract

In the 2014/2015 there is a new policy that appears related to the implementation of the National Exam, the Computer-Based National Examination (UNBK). In the school year 2015/2016 in Malang, there are 25 high school / MA / SMTK / SMAK and 40 vocational UNBK enrolled. Some high school / vocational follow UNBK is Senior high school 4 Malang, Vocational school 4 Malang and Brawijaya Smart School. The purpose of this study was to evaluate and analyze the input, procces, output, outcome UNBK policy in 2014-2016 Academic Year in Senior high school 4 Malang, Vocational school 4 Malang and Brawijaya Smart School. This research uses descriptive method with qualitative approach. Data collected through interviews, observation, and documentation. Data were analyzed using an interactive model Creswell (2015, 264-265), which consists of organizing data; read the whole text, and forms the initial code; describe the experience; classifying the data; interpret data; presenting data. The results of this research are input in terms of private schools for the procurement of infrastructure difficulties UNBK for lack of funds from the Ministry of Education. In terms of process at the preparation stage there are constraints on UN Bio online and there are problems when syncing. During the implementation phase, there are still technical obstacles UNBK associated logs in addition to technical issues there are some students who receive improper about SKL predetermined composition. And judging from the output level using UNBK graduation in Malang decreased from 99.98% to 99.91% to the level of private vocational / country, and 99.84% to 99.82% for the high school level private / country. But seen from the outcome of their UNBK in Malang city can improve students' honesty, the budget savings for the long term, as well as technological literacy. There are some advives to overcome those issues above. First, the Ministry of Education should provide infrastructure funding for private schools as well as create variations of matter in accordance with the corresponding predetermined SKL. Second, TIM from Puspendik expected to improve online application on Bio UN so that the student data collection online no trouble. Third, the school organizers UNBK should log in to the problem is not done together, but done gradually to minimize erornya secacara system

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/426/051705810
Uncontrolled Keywords: Evaluasi kebijakan, Ujian Nasional Berbasis Komputer.
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.8 Public administration of agencies supporting and controlling education > 353.84 Adult education
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 27 Jul 2017 08:53
Last Modified: 06 Dec 2020 15:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/743
[thumbnail of ANGGRAINI DANA KRISTY.pdf]
Preview
Text
ANGGRAINI DANA KRISTY.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item