Pengaruh Citra Toko Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Loka Supermarket Malang

Lucky, Octhavian Sukmartha (2017) Pengaruh Citra Toko Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Loka Supermarket Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan dunia bisnis eceran dalam memenuhi berbagai preferensi terhadap barang dan jasa, telah memunculkan bermacam-macam bentuk bisnis eceran/bisnis ritel. Salah satu bentuk bisnis ritel berskala besar yang dikelola secara modern adalah department store. Strategi yang dapat diterapkan dalam membentuk persepsi konsumen terhadap suatu department store adalah melalui strategi citra toko. Citra yang baik akan menarik minat konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Citra Toko terhadap keputusan pembelian pada Loka Supermarket Malang. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research. Penelitian ini dilakukan di Loka Supermarket Malang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden konsumen Loka Supermarket Malang. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dan dibantu oleh software SPSS 20 untuk memudahkan penelitian. Hasil pengujian terhadap hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa variabel citra toko berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen Loka Supermarket Malang dengan indikator barang dagangan, promosi, kenyamanan ,fasilitas toko dan pelayanan toko. Dengan demikian dibutuhkan perhatian khusus terhadap pembentukan citra toko dalam menciptakan kesan atau image yang baik agar konsumen mempunyai berani melakukan keputusan pembelian pada ritel tersebut. Dari pengujian hipotesis, didapatkan bahwa fasilitas toko yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian.

English Abstract

The development of the retail business in meeting various preferences of goods and services has led to the establishment of various retail business. One of the forms of large-scale retail business managed in a modern way is department stores. A strategy that can be applied in shaping customer’s perceptions is store image strategy. A good image will attract more customers to make purchasing decisions. The purpose of this study is to determine the effect of store image on purchasing decisions toward Loka Supermarket Malang. This explanatory research was conducted at Loka Supermarket Malang. The sample of this study is 100 customers of Loka Supermarket Malang. The hypothesis was assessed using t test. The data of this study were analyzed through Multiple Linear Regression Analysis using SPSS 20. The result of the hypothesis testing indicates that store image with the indicators of merchandise, promotion, convenience, shop facility, and shop service has a positive effect on purchasing decision toward Loka Supermarket Malang, in which shop facility is the most influential indicator. Therefore, special attention should be addressed to the formation of store image to encourage customers to make purchasing decisions in this retail store.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/680/051711603
Uncontrolled Keywords: Citra Toko, Fasilitas Toko, Keputusan Pembelian, store image, store facilities, purchase decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Dec 2017 06:19
Last Modified: 24 Sep 2020 14:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7019
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item