Analisis Pemanfaatan Jurnal Ilmiah Elektronik Dalam Proses Belajar Mengajar: Model Penerimaan Teknologi Dan Keberhasilan Sistem Informasi

Naufal, Muhammad (2017) Analisis Pemanfaatan Jurnal Ilmiah Elektronik Dalam Proses Belajar Mengajar: Model Penerimaan Teknologi Dan Keberhasilan Sistem Informasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengamati perilaku pemanfaatan jurnal ilmiah elektronik di kalangan mahasiswa program S1 Universitas Brawijaya (UB) dengan menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dan Information Success System (ISS). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif S1 UB yang pernah menggunakan jurnal ilmiah elektronik dalam proses belajar mengajar. Metode survei dengan teknik convenience sampling merupakan metode pengambilan data yang digunakan peneliti untuk mendapatkan responden. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan program SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pengguna dan minat pemanfaatan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemanfaatan jurnal ilmiah elektronik di kalangan mahasiswa S1 UB. Berpengaruhnya kedua variabel tersebut merupakan hasil pembentukan variabel lain seperti kualitas informasi, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, dan sikap terhadap perilaku. Kualitas informasi memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Persepsi kemudahan penggunaan dan kegunaan tidak memiliki pengaruh signifikan secara langsung terhadap minat pemanfaatan. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi para tenaga pendidik untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa untuk memanfaatkan jurnal ilmiah elektronik dalam proses belajar mengajar.

English Abstract

This study aims to observe the behavior of using electronic journal (ejournal) among undergraduate students of the University of Brawijaya using Technology Acceptance Model (TAM) and Information System Success (ISS) as its scientific approach. The research samples are all undergraduate students of the University who have used e-journal in their learning process. The respondents are selected by convenience sampling method. The data are collected through survey and analyzed by Partial Least Square (PLS) with SmartPLS 3. The result of the study reveals that user satisfaction and intention to use have significant effect on actual use of e-journal among undergraduate students at the University of Brawijaya. Those two variables affect the actual use because they have been formed by other variables like information quality, perceived ease of use, perceived usefulness, and attitude towards behavior. Furthermore, information quality has significant influence on user satisfaction, while perceived ease of use and perceived usefulness do not have direct effect on the intention to use. The implication of this study is relevant for educators to recognize the factors that affect students to use e-journal in the learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/534/051710509
Uncontrolled Keywords: jurnal ilmiah elektronik, kualitas informasi, proses belajar mengajar, kepuasan pengguna, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, sikap, minat, pemanfaatan,Electronic journal, Information quality, Learning process, User satisfaction, Perceived ease of use, Perceived usefulness, Intention to use, Attitude, Actual use.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.071 1 Accounting--Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 12 Dec 2017 01:59
Last Modified: 06 Oct 2020 03:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6816
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item